Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Cantengan Jika Tidak Diobati




Sudut kuku yang Tumbuh menjorok ke dalam, Menjadi penyebab utama Terjadinya Proses pembengkakan pada salah satu jari jemari, orang indonesia menyebutnya cantengan di mana kondisi sudut kuku akan terlihat merah dan bernanah serta menimbulkan rasa sakit yang luar biasa akibat pembengkakan yang terjadi di sekitar sudut kuku yang cantengan tersebut. Apakah cantengan itu Berbahaya ? tentu saja semua hal yang menimbulkan rasa sakit itu berbahaya ! namun seberapa besar bahaya dan resikonya bagi kesehatan tubuh anda, hal ini yang perlu kita ketahui. Pada umumnya pembengkakan pada kuku yang cantengan itu terjadi karena adanya luka dan infeksi karena bakteri dan jamur. Bagaimana Mengatasi atau mengobatinya ? untuk menyembuhkan cantengan sampai tuntas diperlukan obat cantengan, mulai dari obat cantengan tradisional, antibiotik, sampai tindakan operasi kecil oleh dokter. Mari Kita simak lebih jelasnya di bawah ini.

Ternyata Banyak sekali faktor penyebab sisi kuku kita tumbuh ke dalam kulit, beberaoa di antaranya akibat sering mengenakan kaos kaki atau sepatu yang sempit, memotong kuku terlalu pendek atau tidak rapi memotong sisi kuku, secara alami memang kita memiliki kuku yang melengkung ke dalam, dan karena cedera.

Bahaya -nya Jika Kuku Cantengan Tidak Di Obati !

Jika ternyata kuku anda yang sudah terlanjur tumbuh ke dalam dibiarkan, maka akan mudah untuk tempat hinggap bakteri maupun jamur, seperti staphylococcus, pseudomonas dan candida yang menyebabkan infeksi. Kulit di sekitar kuku akan membengkak, jari berwarna kemerahan dan terasa nyeri sekali, tak jarang keluar nanah atau cairan bening dan bau busuk. Jika anda biarkan dan tidak segera diobati, infeksi ini akan menjalar ke kulit yang lebih dalam bahkan sampai tulang, hal ini akan memicu terjadinya infeksi kulit yang lebih dalam (cellulitis), infeksi pada kuku itu sendiri (paronychia), perubahan bentuk kuku dan ibu jari karena jaringan parut (scarring) bahkan kuku bisa habis (terutama pada jamur).

Kuku Cantengan Istilah ilmiahnya onychocryptosis atau unguis incarnatus memang sering terjadi dan dianggap remeh. Cantengan adalah kejadian dimana kuku jari ( bisa jari apa saja, tapi paling sering ibu jari ) tumbuh masuk ke dalam, menembus kulit. Yang kebanyakan orang tidak menyadarinya, kuku ini pada beberapa orang dapat terus tumbuh bahkan menembus sampai ke tulang, anda bisa banyangkan betapa sakit dan menderitanya anda jika hal ini terjadi. Untuk mengatasinya segeralah anda ke dokter !

Apa Saja Gejala Munculnya Cantengan Pada Kuku Kita ?

Selain bengkak, rasa nyeri, dan kemerahan pada sudut ujung jari, gejala cantengan lainnya adalah penumpukan cairan (edema) dan keluar nanah. Luka ini dapat terinfeksi. Kulit di sekitar area yang tertusuk dapat mengalami peradangan dan tumbuh secara tidak normal.Biasanya rasa sakit akan menjadi-jadi apabila jari yang cantengan tersentuh atau tertekan sesuatu. 

Untuk mencegah terjadinya infeksi pada jari yang mengalami cantengan atau mencegahnya menjadi lebih parah, ada langkah-langkah perawatan yang tepat, seperti menjaga kebersihan kulit dengan rutin mencucinya dengan air hangat dan sabun. Lakukan hal ini empat kali sehari, masing-masing selama sekitar 20 menit.

Cobalah untuk menjauhkan sisi kulit dari tancapan kuku dengan bantuan cotton bud. Atau jika perlu, ganjal celah di antara kulit dan kuku dengan kapas agar membantu kuku tumbuh di atas kulit. Metode ini bisa terasa menyakitkan, maka dari itu, Anda harus melakukannya secara perlahan dan dibantu dengan minyak zaitun.

Cara lain untuk menghentikan tekanan kuku pada kulit adalah dengan memotong kuku yang menancap secara lurus. Selain itu, kenakan sepatu dan kaos kaki yang nyaman dan pas sehingga tidak menekan kulit, dan begitu pula dengan mengganti kaos kaki secara rutin.

Anda bisa mengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit, seperti ibuprofen dan acetaminophen, sesuai dengan usia, dosis, dan petunjuk yang tertera pada kemasan.

Anda juga bisa mengoleskan krim antibiotik pada jari yang cantengan untuk mencegah infeksi. Setelah diolesi antibiotik, Anda bisa menutupi jari yang sakit menggunakan perban kasa. 

Sebaiknya Penanganan Cantengan oleh Dokter

Temuilah dokter jika cantengan yang Anda alami menunjukkan tanda-tanda infeksi, seperti keluar nanah, pendarahan, atau inflamasi parah. Terlebih lagi jika Anda seorang penderita diabetes, kunjungan ke dokter sangat diperlukan mengingat kondisi diabetes Anda dapat berdampak kepada proses penyembuhan luka.

Pada kasus cantengan yang parah, biasanya dokter akan menempuh jalan operasi pencabutan kuku. Operasi ini terbagi menjadi dua, yaitu operasi pencabutan sebagian kuku dan operasi pencabutan seluruh kuku.

Pemilihan operasi pencabutan kuku akan didasarkan kepada tingkat keparahan cantengan, misalnya apabila kuku sudah sangat tebal dan menekan kulit di sekitarnya. Kondisi semacam ini membutuhkan operasi pencabutan seluruh kuku. 

Siapa Saja Yang Sering Mengalami Kuku Cantengan ?
  • Bisa anak-anak atau juga dewasa aktif 
  • Orang-orang yang memakai sepatu terlalu sempit atau wanita yang senang memakai sepatu berujung sempit atau high heels. 
  • Trauma berulang pada kaki
  • Kelainan Kuku kaki bawaan
  • Higienitas kaki yang kurang
  • Malformasi kuku bawaan
  • Adanya pertumbuhan jamur kuku yang subur di kaki anda
  • Pertumbuhan kuku abnormal
  • Kaki yang sering berkeringat atau lembab.

Pencegahan Cantengan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah cantengan, di antaranya: 
  1. Jangan memotong kuku secara melengkung mengikuti lengkungan ujung jari. Potonglah kuku secara lurus.
  2. Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  3. Singkirkan kulit-kulit keras atau kulit mati di sekitar kuku dengan menggunakan kikir khusus kuku atau batu apung.
  4. Gunakan kaos kaki atau sepatu yang nyaman dan tidak menekan jari kaki.
  5. Jagalah selalu kebersihan kaki dan gunakan pelembap.
  6. Jika perlu, kunjungilah dokter secara rutin untuk memeriksakan kesehatan kaki Anda.

Apa Saja Obat Dokter Yang Bisa Mengobati Kuku Cantengan ? Sebaiknya anda Datang Berobat kedokter, nanti anda akan di beri Obat Anti nyeri, Antibiotik dan Salep Khusus Untuk penyembuhan bengkak pada kuku anda. Jika Kondisinya Para Kemungkinan sudut kuku anda akan di bedah dan di cabut kuku yang menusuknya. 

Untuk menyembuhkan cantengan dengan tuntas diperlukan obat cantengan, mulai dari obat cantengan tradisional, antibiotik, sampai tindakan operasi kecil.

Post a Comment for "Bahaya Cantengan Jika Tidak Diobati"