Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Gusi Bengkak Serta Cara Mengobatinya


Pembengkakan pada gusi sering kali terjadi akibat menumpuknya plak (karang) di gigi, plak tersebut umumnya terbentuk saat proses makan dan minum. sehingga plak yang mengandung banyak bakteri itu menganggu kesehatan gusi anda. 

Gusi bengkak memang sangat menyiksa. Banyak orang yang mengeluh tidak nyaman karena gusi bengkak. sebelum kita mencari solusi untuk meredakan pembengkakan pada gusi anda ada baiknya kita mencari tahu apa saja penyebab terjadinya pembengkakan pada gusi, berikut ini ringkasannya :

Kenapa gusi bernanah dan bengkak? Dalam istilah medis nanah disebut dengan “pus” sedangkan nanah yang tersimpan atau tersembunyi dalam ruangan (pembengkakan) disebut dengan “Abcess” dibaca = abses. 

Nanah terbentuk melalui proses tubuh dalam melawan infeksi. Sistem kekebalan tubuh mengirimkan sel darah putih ke daerah yang terinfeksi untuk mencoba melawan bakteri dan akhir dari proses ini terbentuklah nanah. Nanah mengandung sel hidup dan mati serta enzim. Nanah yang tak kunjung keluar dan tersimpan di dalam rongga jaringan (abses) akan menimbulkan masalah, diantaranya terlihat bengkak dari luar dan gejala lainnya. Abses dapat terbentuk di hampir setiap bagian tubuh. 

Terkhusus pada mulut, abses dapat terbentuk di gusi (gusi bernanah), gigi atau akar gigi. Jadi dapat kita simpulkan bahwa kalau ada nanah berarti ada infeksi bakteri di sana. Bakteri dapat masuk dan menyebabkan gusi bengkak bernanah melalui beberapa cara: Melalui trauma (makanan atau sisa yang tertanam jauh di dalam gusi) Melalui pembusukan (gigi berlubang) yang menjalar sampai ke saraf gigi dan pembuluh darah (pulpa gigi) Melalui celah antara gigi dan gusi, contohnya melalui penumpukan plak dan karang gigi. Gejala Gusi Bengkak Bernanah Gejala utama adalah nyeri berdenyut yang tidak kunjung mereda. 

Pada awalnya, gigi akan sensitif terhadap panas dan tekanan pada saatmengunyah. Kemudian, bisa timbul demam. Kelenjar getah bening di bawah rahang atau di leher mungkin membengkak dan sakit. Anda juga mungkin merasa nyeri di daerah sinus (sekitar pipi depan dekat hidung). Terlihat bahwa gusi mengalami pembengkakan dan memerah, selang beberapa hari ketika kita raba gusi yang bengkak akan terasa lunak yang menandakan adanya cairan nanah dibalik gusi. Jika gelembung gusi (abses) terbuka atau pecah, maka keluarlah cairan berbau busuk berwarna kekuningan, jelas sudah inilah gusi bernanah.

jika abses tidak pecah dan mengeluarkan isinya, maka infeksi dapat menyebar ke area lain di sekitar gusi yang berdekatan atau bahkan daerah kepala dan leher. Jika kondisinya demikian, maka bisa berbahaya dan mengancam nyawa. Pengobatan Gusi Bernanah Untuk dapat mengobati gusi bengkak bernanah dengan efektif, maka pertama kali yang dilakukan adalah membersihkan nanah dan mengusir infeksi. Apabila nanah sudah keluar seluruhnya, maka kebanyakan gejala akan hilang dengan cepat atau dalam beberapa hari. 

Namun, gusi bengkak bernanah dapat kambuh lagi apabila akar masalah atau penyebabnya tidak dihilangkan. Yang dokter gigi lakukan… Perawatan Gusi Bengkak Bernanah Jika jaringan gusi yang bengkak begitu lunak dan lembut, maka akan mudah bagi dokter untuk mengeluarkan nanah itu melalui sayatan ringan (drainase). Namun, jika nanah meluas dan terletak lebih dalam, maka dokter gigi akan membersihkan jaringan yang terkena infeksi bahkan sampai ke akar gigi. 

Jika infeksi dimulai dari gigi yang berlubang, maka dokter juga akan mebersihkannya dan melakukan perawatan saluran akar sampai akhirnya ketika sudah bersih dan tidak sakit lagi dapat dilakukan penambalan. Hal ini tidak berlaku pada gigi yang sudah begitu rusaknya (membusuk) sehingga tidak bisa diperbaiki lagi, dalam kondisi ini maka dilakukan pencabutan gigi. Pengobatan untuk meredakan rasa sakit, bengkak, dan antibiotik akan diberikan sesuai indikasi. Mungkin Dokter gigi juga akan menganjurkan Anda untuk berkumur air garam hangat, dengan cara 1 sendok teh garam dapur dicampur dengan air hangat satu gelas, dipakai berkumur selama 1 menit 3 kali sehari.

jika abses tidak pecah dan mengeluarkan isinya, maka infeksi dapat menyebar ke area lain di sekitar gusi yang berdekatan atau bahkan daerah kepala dan leher. Jika kondisinya demikian, maka bisa berbahaya dan mengancam nyawa. Pengobatan Gusi Bernanah Untuk dapat mengobati gusi bengkak bernanah dengan efektif, maka pertama kali yang dilakukan adalah membersihkan nanah dan mengusir infeksi. Apabila nanah sudah keluar seluruhnya, maka kebanyakan gejala akan hilang dengan cepat atau dalam beberapa hari. Namun, gusi bengkak bernanah dapat kambuh lagi apabila akar masalah atau penyebabnya tidak dihilangkan. 

Yang dokter gigi lakukan… Perawatan Gusi Bengkak Bernanah Jika jaringan gusi yang bengkak begitu lunak dan lembut, maka akan mudah bagi dokter untuk mengeluarkan nanah itu melalui sayatan ringan (drainase). Namun, jika nanah meluas dan terletak lebih dalam, maka dokter gigi akan membersihkan jaringan yang terkena infeksi bahkan sampai ke akar gigi. Jika infeksi dimulai dari gigi yang berlubang, maka dokter juga akan mebersihkannya dan melakukan perawatan saluran akar sampai akhirnya ketika sudah bersih dan tidak sakit lagi dapat dilakukan penambalan. Hal ini tidak berlaku pada gigi yang sudah begitu rusaknya (membusuk) sehingga tidak bisa diperbaiki lagi, dalam kondisi ini maka dilakukan pencabutan gigi. 

Pengobatan untuk meredakan rasa sakit, bengkak, dan antibiotik akan diberikan sesuai indikasi. Mungkin Dokter gigi juga akan menganjurkan Anda untuk berkumur air garam hangat, dengan cara 1 sendok teh garam dapur dicampur dengan air hangat satu gelas, dipakai berkumur selama 1 menit 3 kali sehari.

Faktor - faktor penyebab Gusi Bengkak adalah : 

1 Kebersihan Mulut

Kebersihan mulut menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan mulut dan juga mengatasi gusi yang bengkak. Saat anda makan maka sisa makanan akan melengket pada sela-sela gigi dan gusi yang bisa memberikan resiko adanya bakteri yang menjadi salah satu penyebab dari gusi bengkak. Banyak sekali orang yang menganggap dengan rajin menyikat gigi maka akan menjamin kebersihan mulut juga. Namun anda harusnya tetap memperhatikan hal-hal seperti kebersihan lidah dan wilayah sekitar mulut.

2 Kawat Gigi atau Behel

Pemakaian behel atau kawat gigi juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya gusi bengkak. Sebab jika memasang behel atau kawat gigi dengan sangat rapat dengan gusi maka akan memberikan tekanan yang membuat gusi bengkak dan bahkan bisa menyebabkan iritasi.

3 Makanan yang Tidak Sehat

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga mempengaruhi kesehatan dan pembengkakan gusi. Oleh karena itu makanan yang mengandung banyak gula adalah hal yang utamanya harus anda hindari.

4 Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin utamanya vitamin C merupakan hal yang bisa mengakibatkan sariawan dan juga gusi bengkak. 

5 Masa Kehamilan

Masa kehamilan merupakan masa yang sangat berpotensi bisa merusak gigi dan juga terjadinya pembengkakan gusi. Hal tersebut terjadinya karena ibu hamil mengalami kekurangan kandungan gizi tubuh sebab harus dibagi dengan janin yang sedang dikandungnya.

Obat Tradisional untuk mengobati Gusi yang Bengkak

Bagi anda yang takut dengan efek samping dari obat kimia anda bisa menggunakan bahan-bahan yang telah disediakan oleh alam untuk mengatasi gusi bengkak yang anda alami. Selama ini alam telah menyediakan berbagai macam tumbuhan yang berguna bagi kehidupan manusia, hanya manusia saja yang tidak tahu dan memiliki pengetahuan yang terbatas tentang semua tumbuhan yang ada di muka bumi ini. Berikut ini adalah obat tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak yang anda alami :

Bawang Putih

Siapa yang tidak kenal bawang putih ini, selama ini bawang putih dipercaya bisa digunakan untuk menjaga kesehatan manusia. Bawang putih dipercaya bisa digunakan sebagai obat sakit gigi paling ampuh dikarenakan kandungan antiseptik yang ada di dalam bawang putih itu. Kandungan antiseptik di bawang putih itulah yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan terutama yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri.

Kandungan antiseptik yang ada di bawang putih itu juga yang dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Sebelum anda menggunakan bawang putih sebagai obat untuk gusi bengkak anda sebaiknya anda tahu efek samping bawang putih sehingga anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Cara membuat ramuan bawang putih untuk mengobati gusi bengkak sangat mudah yaitu sebagai berikut ini :
  • Ambil satu siung bawang putih yang sudah dikupas.
  • Haluskanlah bawang putih sampai benar-benar halus, anda bisa memarutnya atau menguleknya. Setelah dihaluskan, anda bisa menambahkan garam ke dalam bawang putih yang telah dihaluskan itu.
  • Oleskanlah bawang putih yang sudah dihaluskan dan sudah dicampurkan dengan garam tersebut ke dalam gusi yang bengkak.
  • Diamkanlah selama 5 menit agar bawang putih itu bisa meresap secara sempurna ke dalam gusi yang bengkak itu.

Garam

Garam selama ini tidak hanya digunakan sebagai penambah citarasa makanan namun juga dipercaya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah bisa digunakan sebagai obat gatal-gatal dan bisa digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung yang efektif . Cara mengobati gusi bengkak menggunakan garam sama dengan cara mengobati sariawan dan mengobati sakit gigi yaitu mencampurkan satu sendok teh garam bersama dengan air yang hangat. Aduklah kedua bahan tersebut secara merata dan gunakanlah air garam yang masih dalam keadaan hangat itu untuk berkumur. Lakukanlah cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari sehingga gusi bengkak anda akan menyusut dan menghilang. Garam ini bersifat antibakterial sehingga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi diare. Tidak hanya itu saja, kandungan antibakterial pada garam dipercaya bisa digunakan sebagai penghilang bakteri dan juga kuman yang menjadi penyebab gusi menjadi bengkak.

Minyak Cengkeh

Pernahkah anda melihat minyak cengkeh ini?, minyak cengkeh merupakan minyak yang terbuat dari esktrasi cengkeh. Minyak ini bermanfaat sebagai obat radang tenggorokan yang ampuh dan efektif. Minyak cengkeh pun dipercaya bisa digunakan sebagai obat untuk gusi bengkak. Anda harus pandai-pandai memilih minyak cengkeh ini dikarenakan saat ini banyak beredar minyak cengkeh yang palsu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda tentunya harus menggunakan minyak cengkeh yang asli. Cara mengobati gusi bengkak menggunakan minyak cengkeh ini adalah sebagai berikut ini :
  • Teteskan minyak cengkeh tersebut ke sendok teh.
  • Oleskanlah secara perlahan minyak cengkeh itu ke bagian gusi anda yang terasa sakit.
  • Sebelum mengoleskan minyak cengkeh itu anda harus benar-benar memastikan bahwa jari tangan anda bersih dari kuman.
  • Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Dalam waktu singkat anda bisa mengempeskan gusi yang bengkak menggunakan minyak cengkeh tersebut asalkan anda rajin dan teratur dalam melakukan cara tersebut.
Jeruk Nipis

Jeruk nipis untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Jeruk nipis dalam kesehatan selama ini dipercaya sebagai cara mengecilkan perut buncit dalam waktu 7 hari yang efektif. Tidak hanya itu saja jeruk nipis termasuk dalam buah yang mengandung vitamin C sehingga bisa digunakan sebagai buah yang bisa menstabilkan sistem imun. Cara mengobati gusi bengkak menggunakan jeruk nipis adalah sebagai berikut ini :
Siapkan segelas air hangat.
  • Siapkan satu buah jeruk nips segar, belah menjadi dua bagian jeruk nipis tersebut.
  • Aduklah kedua bahan tersebut agar tercampur secara sempurna. Setelah tercampur dengan sempurna anda bisa menggunakan air hangat yang telah dicampurkan dengan jeruk nipis itu untuk berkumur.
  • Bahan ini akan lebih efektif untuk mengobati gusi bengkak jika anda melakukan cara ini sebelum tidur dan juga saat bangun pagi. Alasannya adalah saat malam hari dan saat pagi hari mulut dan gigi belum memakan apapun sehingga proses penyembuhan akan semakin cepat sebab tidak ada sisa makanan yang nyelip ke gusi tersebut.
Madu

Selama ini madu banyak digunakan untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Untuk kecantikan madu dipercaya bisa digunakan sebagai pelembab kulit dan juga penghalus kulit. Sedangkan untuk kesehatan madu bisa digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering yang efektif dikarenakan madu memiliki vitamin E yang bisa digunakan untuk melembabkan kulit bibir. 

Namun anda harus hati-hati dengan madu yang beredar di pasaran saat ini, hal itu dikarenakan banyak madu yang dicampurkan dengan berbagai macam bahan seperti gula jawa sehingga warna dan rasa dari madu oplosan itu mirip dengan madu asli. Yang efektif untuk meredakan gusi bengkak dan menghilangkannya hanyalah madu asli sehingga anda harus tahu bagaimana cara membedakan madu asli dan madu palsu agar pengobatan yang anda lakukan berjalan dengan maksimal.

Cara mengobati gusi bengkak menggunakan madu adalah sebagai berikut ini :
  • Tuangkan madu ke sendok teh.
  • Oleskanlah madu tersebut ke gusi anda yang bengkak.
  • Lakukanlah sebanyak tiga kali dalam sehari agar gusi yang bengkak tersebut segera kempes.
  • Akan lebih baik jika waktu pengolesan itu dilakukan ketika mulut dalam keadaan bersih misalnya saja ketika akan tidur, bangun tidur atau sehabis anda menggosok gigi.
Bawang Merah

Tidak hanya bawang putih saja yang bisa digunakan sebagai obat gusi bengkak. Namun bawang merah pun bisa digunakan sebagai obat untuk gusi bengkak. Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah selama ini dipercaya sebagai bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit dan menghilangkan berbagai macam masalah kesehatan. Bawang merah selama ini dipercaya bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutil yang efektif. Bawang merah pun bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak. Berikut ini adalah cara mengobati gusi bengkak menggunakan bawang merah yang bisa anda lakukan di rumah :
  • Kupas satu siung bawang merah.
  • Haluskanlah satu siung bawang merah yang kondisinya masih bagus. Anda bisa menggunakan blender atau bisa menguleknya.
  • Saat bawang merah sudah dihaluskan anda bisa mengoleskan bawang merah itu di bagian gusi anda yang bengkak. Lakukanlah cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari. Bagi anda yang tidak suka dengan aroma bawang merah anda bisa menggantinya dengan bawang putih yang aromanya lebih lembut dibandingkan dengan bawang merah.
Lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C sehingga tidak mengherankan jika lemon ini bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan vitamin C yang ada pada lemon berguna untuk melembabkan kulit dan juga mencerahkan kulit. Saat ini anda bisa menemukan berbagai macam produk kecantikan yang bahan dasarnya menggunakan lemon. Ada pembersih wajah dan juga cream wajah yang menggunakan sari lemon untuk produk mereka. Lemon bisa digunakan sebagai buah yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan, tidak hanya itu saja lemon pun bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Cara mengatasi gusi bengkak menggunakan lemon adalah sebagai berikut ini:
  • Ambil seperempat bagian lemon segar.
  • Peras buah lemon tersebut agar sari lemon keluar. Buang bijinya.
  • Campurkanlah air perasan lemon tersebut ke segelas air hangat.
  • Aduk agar air hangat dengan air perasan lemon itu menyatu.
  • Setelah menyatu, gunakanlah air hangat yang sudah dicampurkan dengan perasan air jeruk lemon untuk berkumur.
  • Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.
  • Kandungan acid pada lemon dan sifat antibakterial pada lemon bisa digunakan untuk membunuh bakteri dan menghilangkan bakteri yang ada di gusi dan mulut.
Air Putih

Anda bisa mengkonsumsi banyak air putih untuk mengobati gusi bengkak. Alasannya adalah air liur yang ada di dalam mulut manusia bisa digunakan sebagai obat alami untuk penyakit gusi dan mulut. Untuk memperbanyak air liur anda bisa mengkonsumsi banyak air putih. Minum banyak air putih ini selain bisa digunakan sebagai obat gusi bengkak juga bisa digunakan untuk menghindarkan diri anda dari berbagai macam bahaya dehidrasi. Anda cukup mengkonsumsi air putih sebanyak dua liter per hari, jangan berlebihan sebab ada berbagai macam bahaya akibat terlalu banyak minum air putih. Semua yang berlebihan itu tidak bagus sehingga anda harus cukup dalam mengkonsumsi makanan ataupun minuman.

Baking Soda

Selama ini baking soda sudah dilirik oleh masyarakat luas untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Untuk kesehatan, baking soda bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu di wajah, tidak hanya itu saja baking soda pun bisa digunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Cara mengatasi gusi bengkak menggunakan baking soda ini sama dengan cara mengobati sariawan menggunakan baking soda. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh baking soda di segelas air hangat. Kemudian gunakanlah air tersebut untuk berkumur agar gusi bengkak segera bisa diatasi. Agar berhasil secara maksimal anda bisa melakukan cara tersebut sebanyak dua kali dalam sehari.

Kulit Andong

Pernahkah anda melihat kulit andong?, kulit andong merupakan kulit dari tanaman andong. Untuk menghilangkan gusi bengkak menggunakan kulit andong sangat efektif sekali caranya adalah dengan menyiapkan garam dapur secukupnya setelah itu dicampurkan dengan kulit andong yang sudah benar-benar bersih. Anda bisa mengunyah kulit andong itu bersamaan dengan garam di dalam mulut anda. Setelah lembut anda bisa menempelkan kulit andong yang telah dicampur dengan garam ke bagian gusi anda yang bengkak. Mengunyah kulit andong dengan mulut anda akan mempercepat proses penyembuhan gusi anda yang bengkak. Hal itu dikarenakan air liur yang ada di dalam mulut manusia bersifat antibakteri sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang ada di dalam diri manusia.

Bayam

Cara mengatasi gusi bengkak secara alami dan tradisional bisa menggunakan bayam. Selain kaya akan kandungan zat besi, bayam juga bermanfaat untuk mengatasi gusi bengkak. Cara mengatasi gusi bengkak menggunakan bayam ini adalah sebagai berikut ini :
  • Ambil beberapa lembar daun bayam yang masih segar.
  • Bakarlah daun bayam itu di atas genteng.
  • Setelah daun bayam sedikit terbakar dan berwarna kecoklatan anda harus menumbuk daun bayam itu sampai lembut dengan menumbuknya atau memblendernya.
  • Setelah ditumbuk, oleskanlah daun bayam yang telah ditumbuk itu ke bagian gusi yang bengkak.
Daun Krokot

Daun krokot selama ini hanya digunakan sebagai sayur saja, namun siapa sangka jika daun krokot bisa digunakan sebagai obat untuk gusi bengkak. Tahukah anda bagaimana membuat obat herbal dari daun krokot untuk mengobati gusi bengkak?, berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk membuat obat herbal dari daun krokot:
  • Ambil tanaman krokot, kemudian cuci bersih.
  • Setelah itu rebuslah daun krokot menggunakan 3 gelas air.
  • Biarkan mendidih kemudian biarkanlah air rebusan itu menjadi satu gelas.
  • Saat dingin minum air rebusan tersebut, lakukanlah cara ini sebanyak satu kali dalam sehari.
Asam Jawa

Kandungan vitamin C yabng tinggi pada asam jawa bermanfaat untuk mengobati gusi bengkak yang anda miliki. Vitamin C yang ada pada asam jawa itu bisa digunakan sebagai peningkat sistem imun. Jika sistem imun meningkat maka tubuh bisa menghilangkan kuman atau bakteri yang menjadi penyebab gusi bengkak tersebut. Cara menghilangkan gusi bengkak menggunakan asam jawa adalah sebagai berikut ini :
  • Ambil biji asam jawa secukupnya.
  • Sangrai biji asam jawa tersebut, setelah itu tumbuklah biji asam yang telah disangrai sampai benar-benar halus dan juga lembut.
  • Gosokkan biji asam yang telah di sangrai itu ke bagian gusi anda yang bengkak. Anda bisa menggunakan bantuan sikat gigi untuk menggosokan biji asam jawa tersebut.
Buah Gambir

Pernahkah anda melihat buah gambir?, jika iya maka anda telah menemukan salah satu bahan herbal yang bisa digunakan sebagai obat untuk gusi bengkak. Cara menghilangkan gusi bengkak menggunakan buah gambir ini adalah sebagai berikut ini :
  • Ambil 3 buah gambir dan dipotong-potong.
  • Siapkan 2 gelas air.
  • Siapkan kunyit sebanyak setengah jari.
  • Semua bahan dicuci bersih, setelah dicuci bersih rebus semua bahan itu menggunakan panci.
  • Setelah itu biarkanlah air rebusan menyusut dan tinggal satu gelas air saja.
  • Pakailah air rebusan itu untuk berkumur ketika kondisi air rebusan berubah hangat.
  • Lakukanlah sebanyak satu kali dalam sehari.
Kompres Hangat atau Dingin

Selama ini penyakit yang identik dengan kompres adalah demam. Namun siapa sangka jika penyakit gusi bengkak bisa diatasi menggunakan kompres. Tujuan dilakukan kompres itu adalah meredakan rasa nyeri yang berdenyut-denyut di gusi yang membengkak. Hal ini merupakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk penderita yang mengalami gusi bengkak. Untuk menghilangkan rasa sakit gusi bengkak anda bisa menempelkan kompres itu ke wajah anda tepatnya bagian bawah wajah. Anda tidak bisa mengompresnya di gusinya langsung sebab mengompres gusi secara langsung bisa membuat gusi semakin teriritasi akibat perubahan suhu yang mendadak menjadi dingin atau hangat. Berikut ini adalah cara membuat kompres yang bisa digunakan untuk mengobati gusi bengkak:

Kompres hangat. 

Rendam handuk kecil atau waslap yang bersih ke air yang hangat, kemudian peraslah handuk atau waslap itu sampai kondisinya menjadi lembab bukan basah. Tempelkanlah di bagian bawah wajah anda ( hidung sampai dagu ) agar rasa nyeri yang anda rasakan mulai berkurang.

Kompres dingin. 

Selain kompres hangat, anda bisa membuat kompres dingin. Cara membuat kompres dingin pun sangat mudah sekali yaitu ambil beberapa pecahan es batu dalam ukuran sedang. Bungkus es batu itu menggunakan kain yang bersih. Setelah itu ikat bagian ujung kain agar es batu tidak keluar dari dalam kain tersebut. Kompreslah bagian wajah anda yang ada bagian gusi bengkaknya. Misalnya saja adalah gusi bengkak ada di bagian wajah kiri maka anda bisa menempelkan kompres itu di bagian wajah kiri anda. Kompres dingin itu bermanfaat untuk membuat mati rasa sehingga rasa sakit akibat gusi yang bengkak bisa dihilangkan atau diatasi.

Tips Agar Gusi Bengkak Cepat Sembuh

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat gusi bengkak yang anda alami cepat sembuh. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa anda lakukan agar gusi bengkak menjadi cepat sembuh :

Hindari alkohol dan rokok. 

Alkohol dan rokok merupakan hal-hal yang bisa membuat gusi menjadi bengkak. Alasannya adalah bahan-bahan yang ada di dalam alkohol atau roko bisa berakibat fatal untuk kesehatan gusi dan juga mulut. Tidak hanya berakibat pada kesehatan gusi dan mulut saja namun ada banyak bahaya alkohol bagi kesehatan yang harus anda waspadai. Untuk rokok ada berbagai macam bahaya menelan asap rokok yang masyarakat luas harus ketahui salah satunya adalah menyebabkan kanker paru-paru dan juga sesak nafas akut.

Memijat gusi. 

Memijat gusi dipercaya bisa digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan gigi. Proses pemijatan yang bisa anda lakukan adalah menggunakan jari telunjuk kemudian memijat gusi yang mengalami bengkak dengan gerakan melingkar dan juga berulang-ulang.

Hindari stres. 

Stres dipercaya sebagai sumber dari berbagi macam penyakit mulai yang ringan seperti sariawan sampai dengan yang terberat seperti kanker. Oleh sebab itu agar gusi bengkak anda segera sembuh atau segera dapat diatasi anda bisa mengelola stres yang anda miliki. Dengan mengelola stres yang anda miliki, hidup anda akan lebih indah tentunya juga lebih sehat.

Selain Obat - obatan Tradisional, ada juga obat - obatan kimia yang bisanya di gunakan oleh para dokter untuk mengobati Gusi yang bengkak, di antaranya yaitu : 

Asam Mafenamat

Obat medis pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak adalah anda bisa menggunakan asam mafenamat. Dosis yang dianjurkan adalah sebanyak 500 mg setiap mengkonsumsinya. Anda bisa mengkonsumsi obat itu sebanyak tiga kali dalam sehari. Fungsi obat ini adalah sebagai penghilang rasa sakit pada gusi maupun pada gigi.

Clindamycin

Obat medis lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak adalah clindamycin. Anda bisa meminum obat ini sebanyak tiga kali dalam sehari dan dosisnya sekali minum sekitar 150 mg. Fungsi obat ini sebagai antibiotik yang mampu menangkal bakteri dan kuman penyebab gusi bengkak.

Dexamethasone

Anda bisa mengkonsumsi obat dexamethasone sebanyak tiga kali dalam sehari. Batas pengkonsumsiannya adalah 0,5 mg sekali minum. Fungsi obat ini adalah mencegah terlepasnya sel-sel tubuh yang menjadi penyebab dari bengkaknya gusi.

Ibuprofen

Obat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gusi bengkak adalah dengan mengkonsumsi ibuprofen. Ibuprofen ini merupakan obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit ketika gusi menjadi bengkak. Obat ini juga berfungsi sebagai obat anti peradangan. Kadang ketika gusi menjadi bengkak timbul radang di gusi tersebut sehingga menyebabkan rasa sakit semakin menjadi-jadi. Anda bisa mengkonsumsi ibuprofen ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

Metampiron

Mungkin anda sedikit asing dengan obat yang satu ini, hal tersebut adalah wajar karena jenis obat ini jarang disebut oleh ahli kesehatan. Obat metampiron merupakan obat yang digunakan sebagai penghilang rasa sakit sehingga rasa sakit anda ketika gusi anda bengkak bisa dihilangkan atau diringankan menggunakan obat ini.

Post a Comment for "Bahaya Gusi Bengkak Serta Cara Mengobatinya"