Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari



Membiasakan diri agar dapat minum air putih setiap pagi hari, dimana sesaat setelah bangun tidur dan belum melakukan apa-apa memang membutuhkan pembiasaan. Salah satu waktu yang paling baik untuk minum air putih adalah pagi hari setelah kita bangun tidur. Mengapa? Pada saat itu, tubuh kita terbangun dari istirahat dan proses pemulihan semalaman. Namun selama itu pula kita kehilangan banyak cairan. 

Jadi, sangat dianjurkan untuk Mengonsumsi air putih begitu bangun tidur, Banyak orang mengabaikan konsumsi air putih, termasuk saat bangun tidur. Padahal konsumsi air putih setelah bangun tidur di pagi hari sangat dianjurkan. Apa manfaatnya? saat tidur, tubuh mengeluarkan banyak air dengan kata lain terjadi penguapan. Apalagi saat tidur aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja. Metabolisme sel-sel terus berjalan dan air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel akan ada air yang terbuang.

Banyak orang tua yang menyarankan untuk segera meminum air putih setelah tubuh kita terbangun. Saran dan kebiasaan tersebut ternyata memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh manusia. seperti apakah manfaat minum air putih ketika baru bangun tidur?

Memberikan cairan yang diperlukan segera setelah bangun akan langsung memulai fungsi tubuh seperti – sirkulasi, respirasi, fungsi otak dan pencernaan – yang semuanya membutuhkan air sebagai daya untuk menopangnya. 

Pentingnya membiasakan Minum Air putih secara rutin di Pagi Hari Yaitu :

1. Kesehatan Pencernaan:

Minum air dipagi hari sesaat setelah bangun tidur laksana menyiram racun dari perut Anda, hati, usus dan ginjal, dan menggelontornya keluar. Dengan air minum di pagi hari akan menurunkan akumulasi asam lambung dalam perut yang dapat menyebabkan asam lambung (terutama bagi seorang peminum kopi).

Air juga meminimalkan kadar asam urat dalam ginjal, dan mempromosikan produksi empedu didalam hati . Hal ini akan mencegah batu ginjal dan batu empedu sebelum mulai terbentuk. Terlalu banyak asam urat dalam darah adalah penyebab dari keluhan penyakit asam urat. Minum air putih rutin dipagi hari juga dapat menghindarkan kita dari sembelit, yaitu terjadinya pengerasan pada feses akibat kurangnya asupan air, maka semua materi beracun dalam pencernaan anda akan segera dikeluarkan.

2. Kesehatan Jantung:

Efek samping lain dari asam urat adalah menyebabkan terganggunya fungsi trombosit dalam darah, dan juga akan mengakibatkan penumpukan plak di dinding arteri. Aterosklerosis adalah salah satu penyebab utama serangan jantung karena penumpukan plak yang menghambat aliran darah ke jantung.

Air tidak hanya mencegah kelebihan asam urat, juga menurunkan natrium (kontent lain penanda bio penyakit jantung), keluar dari darah melalui urin dan keringat yang juga akan membantu untuk menurunkan tekanan darah.

3. Mengontrol Berat badan:

Mara Z. Vitolins, ahli gizi dan asisten profesor ilmu kesehatan masyarakat di Wake Forest University Baptist Medical Center, mengatakan bahwa tubuh tidak selalu bisa membedakan antara rasa lapar dan haus. Jadi, jika Anda minum air ketika Anda merasa lapar, maka Anda akan merasat adanya penurunan nafsu makan. Ini akan membantu anda agar lebih mudah mencapai tujuan penurunan berat badan. Jika Anda minum air putih pada pagi hari, maka Anda akan sulit tergoda untuk minum minuman lain yang tinggi kadar gula, kalori, dan kafein.

4. Peningkatan Energi dan Metabolisme tubuh

Dengan tetap terhidrasi, tubuh Anda berjalan lebih efisien. Produksi dan aliran darah yang lebih baik, proses pemecahan nutrisi lebih efektif dan oksigen akan sampai ke sel-sel lebih cepat.

Ginjal yang cukup air akan memungkinkan hati untuk melakukan tugasnya (mengubah makanan menjadi bahan bakar) dengan lebih baik. Kerja ginjal juga semakin baik, sehingga mengurangi resiko penyakit ginjal atau batu ginjal.Kesehatan hati sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh yang aktif dan teratur.

5. Pencegahan Penyakit

Menurut Journal of American College of Nutrition, dehidrasi adalah salah satu penyebab penyakit seperti asma, penyakit jantung, penyakit gigi, diabetes dan glaukoma . Bahkan ini dianggap sebagai faktor yang berkontribusi terhadap masalah saluran kemih. Dehidrasi berat dapat menyebabkan kegagalan organ di otak, jantung atau ginjal dan juga dapat menyebabkan kulit terlihat lebih tua dan lebih cekung.

Setelah Anda merasa ‘haus’, maka itu tandanya tubuh Anda sudah mengalami dehidrasi. Dan ini artinya permintaan air putih oleh tubuh harus segera dipenuhi.

Aturan air putih yang harus diminum mungkin berbeda-beda bagi setiap orang. Mayo Clinic menyarankan untuk laki-laki harus minum tidak kurang dari 100 ons setiap hari, sementara perempuan harus minum tak kurang dari 72 ons setiap hari. Namun, jika Anda tinggal di daerah iklim kering atau panas, atau bekerja di luar atau berolahraga secara teratur, tubuh Anda mungkin membutuhkan air yang lebih. Berlaku jika Anda sedang hamil, menyusui atau sakit dengan muntah dan / atau diare.

Air putih manfaatnya sangat penting bagi tubuh untuk mengeluarkan zat racun dari tubuh, dan memurnikan sistem internal tubuh Anda. Ini akan memberikan Anda energi yang dibutuhkan untuk fokus pada siang hari, sekaligus memberikan nutrisi yang paling penting bagi setiap pembentukan sel.

1. Menyeimbangkan Sistem Limpa

Air di pagi hari bisa membantu menyeimbangkan sistem limpa. Dengan menghidrasi tubuh, bisa memaksimalkan fungsi tubuh Anda dalam seharian, menyeimbangkan cairan tubuh dan mencegah infeksi.

2. Kulit Jadi Berkilau

Karena mengonsumsi air putih bisa membantu kita merontokkan racun di dalam tubuh, maka kulit pun jadi tidak kusam lagi. Bahkan konsumsi air putih setiap pagi setelah bangun tidur bisa membantu membersihkan racun dalam darah sehingga wajah kita bersemu cantik dan berkilau.

3. Melangsingkan Tubuh

Ingin tubuh Anda mudah langsing? Cobalah minum dua gelas air setiap bangun tidur. Rajin minum air di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 24% saat itu juga.

4. Menambah Darah

Saat Anda merasa lemas, pusing dan anemia, ada baiknya minum air dalam jumlah yang cukup. Dengan begitu, kita bisa membantu tubuh membentuk sel darah yang baru dan membantu pembentukan sel otot.

5. Membersihkan Usus

Dengan meminum air dalam keadaan perut kosong, kita membantu memurnikan usus kembali dan membuatnya lebih mudah menyerap nutrisi makanan yang masuk berikutnya

Menghidrasi sel

Ketika beristirahat panjang pada malam hari,tentu sangat wajar jika kita mengalami rasa haus ketika bangun tidur. Karena itu hidrasi menjadi hal yang penting dilakukan pada pagi hari sehingga mampu meningkatkan laju produksi otot dan darah.

Kendati demikian, ia menyarankan untuk tidak minum terlalu banyak begitu bangun tidur, yaitu hanya sekitar 1-2 gelas saja. Menurutnya, jika terlalu banyak, volume darah akan meningkat dengan tajam dan membuat kerja jantung menjadi berat.

Detoks tubuh

Air perasaan lemon memiliki fungsi sebagai detoks alami. Begitu juga dengan mengkonsumsi air putih di pagi hari dapat membuang racun dan memurnikan tubuh. Bukan saja membuat tubuh sehat,minum air juga membuat kulit lebih bersih dan segar. Selain itu, air juga berfungsi untuk membersihkan usus besar sehingga memperbaiki penyerapan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Air putih sudah memiliki fungsi detoksifikasi tetapi manfaatnya akan optimal jika diberi perasan lemon. Menurutnya segelas air hangat dengan perasan lemon di pagi hari setelah bangun tidur membersihkan berbagai lendir tidak berguna dalam tubuh sehari sebelumnya. Sebaiknya, lakukan juga malam hari sebelum tidur.

Membantu mengurangi berat badan

Minum air begitu bangun tidur baik untuk sistem pencernaan. Inilah yang membuat cara ini efektif untuk mengurangi berat badan. Penelitian menunjukkan, minum air saat perut kosong di pagi hari dapat meningkatkan laju metabolisme sepanjang hari. Air juga membuat rasa kenyang sehingga dapat menunda lapar.

Mencegah sakit

Jika kamu sering mengalami sakit, mungkin itu sebagai pertanda dari tubuh kali tubuh sedang kekurangan cairan. Air merupakan hal penting dalam menjaga keseimbangan sistem tubuh melawan infeksi.

Terapi air putih untuk perawatan kecantikan

Dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih sehari dan tentunya tetap menjaga kebersihan untuk dapat menambah kecantikan kulit dan wajah. Tindakan ini akan membuat kulit tetap lembab tidak kering.

Terapi air putih untuk terapi diet

Air putih turut membantu menurunkan berat badan. Setelah bangun sebelum makan minum air putih hangat. akan mudah merasa kenyang. karena air tidak mengandung kalori, gula, maupun lemak.

Terapi air putih untuk kesehatan

Dengan mengkonsumsi 8-10 gelas air dalam sehari akan membantu tubuh dalam memproduksi darah dan merangsang produksi imun tubuh. Air minum yang dikonsumsi dapat memurnikan tubuh dan membuat usus besar bekerja lebih efektif. Jika usus bersih, gizi makanan yang biasa konsumsi setiap hari akan diserap dan diubah menjadi darah baru.

“Itulah sebabnya, kita dianjurkan untuk konsumsi air setelah bangun tidur di pagi hari untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, Dibutuhkan komitmen yang kuat untuk selalu sehat, agar dapat secara teratur minum air dengan imbalan beberapa manfaat kesehatan sebagai hasilnya. Air putih manfaatnya sangat penting bagi tubuh untuk mengeluarkan zat racun dari tubuh, dan memurnikan sistem internal tubuh Anda. Ini akan memberikan Anda energi yang dibutuhkan untuk fokus pada siang hari, sekaligus memberikan nutrisi yang paling penting bagi setiap pembentukan sel.

Dua gelas air putih di pagi hari akan membuat tubuh anda tetap terhidrasi sepanjang hari untuk kesehatan yang lebih optimal.

Post a Comment for "Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari "