Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Olah Raga Di Pagi Hari



Mungkin tidak begitu tertarik dengan bangun di pagi untuk hal-hal yang dirasa kurang menyenangkan, apalagi hanya untuk berolahraga. Berolahraga di pagi hari memiliki banyak sekali manfaatnya. Misalnya, jika Anda bangun setiap pagi dan berolahraga secara teratur, tubuh Anda menyesuaikan dengan jadwal tersebut sehingga akan menjadi sebuah rutinitas. Namun Angggapan “kurang menyenangkan” sepertinya kurang tepat untuk alasan ini, karena sebenarnya olahraga dipagi hari itu sangat menyenangkan jika sudah terbiasa. Olahraga pada pagi hari tidak harus mahal, cukup bermodal sepatu olahraga atau sepeda kayuh, Anda sudah bisa mendapatkan kebahagiaan sambil menghirup udara pagi yang menyegarkan. Seperti apakah manfaat yang akan kita peroleh dari berolahraga pagi.

Tubuh Anda mulai mempersiapkan untuk bangun dan Anda tidak merasa malas atau lesu untuk berolahraga. Olahraga pagi ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Diantaranya, berolahraga akan meningkatkan metabolisme. Anda merasa aktif dan energik sepanjang hari. Olahraga pagi juga membantu membakar kalori dalam tubuh Anda. Jadi, jika Anda cepat merasa lelah dan sering mengalami stres, ada baiknya Anda harus berolahraga di pagi hari. Di samping itu, berolahraga di pagi hari bisa mengurangi stres dan menyegarkan pikiran Anda. Mau tahu apa saja manfaatnya? Dilansir situs boldsky, berikut 7 manfaat olahraga pagi bagi kesehatan.

Ini merupakan salah satu manfaat olahraga pagi bagi kesehatan. Setelah berolahraga, Anda tentu akan merasa lapar. Selain itu, berolahraga sangat baik untuk sistem pencernaan dan membuat siklus buang air besar secara teratur. Olahraga akan selalu membuat Anda energik. Selain itu, olahraga di pagi hari membantu Anda tetap sehat dan aktif sepanjang hari. Olahraga pagi juga memingkatkan fungsi kognitif otak Anda sehingga akan membantu Anda untuk lebih fokus dan menjaga pikiran tajam. Jalan-jalan pagi atau jogging dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mampu membantu melawan stres dan depresi. Jika Anda merasa drop, lakukan jogging setiap pagi. Udara segar pasti akan membuat Anda merasa lebih baik.

Berolahraga di pagi hari juga akan menurunkan berat badan Anda. Saat berolahrga, metabolism tubuh akan meningkat sehingga membantu pembakaran kalori. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berolahraga di pagi hari mempunyai siklus tidur lebih baik dibandingkan dengan mereka yang berolahraga di sore hari. Hal ini karena otot-otot Anda membutuhkan waktu untuk relaks dan kembali normal setelah berolahraga, sehingga beolahraga di sore hari dapat mengganggu tidur Anda.

Selain meningkatkan metabolisme tubuh, olahraga pagi juga mampu mengatur tekanan darah, detak jantung, dan meningkatkan aliran darah ke otot-otot. Terkait erat dengan rasa peningkatan kebahagiaan adalah kewaspadaan tinggi sepanjang hari. Meskipun pada awalnya Anda harus berjuang untuk dapat keluar dari tempat tidur untuk memulai olahraga, namun seiring dengan kebiasaan hal ini akan membuat Anda bisa bangun pagi hari lebih cepat dengan penuh semangat. Tidak hanya akan membuat latihan Anda maksimal, saat Anda mulai bekerjapun akan merasa lebih siap. Ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi bangun pagi hari untuk berada di luar dapat membantu Anda tidur lebih baik. Kualitas tidur malam sebagian besar tergantung pada keteraturan. Kita perlu untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Penjadwalan olahraga Anda di pagi hari dapat menjadi langkah berharga dalam menciptakan pola tidur yang teratur.

Faktor kunci yang perlu dipertimbangkan tentang rutin olahraga pada pagi hari adalah efek pada metabolisme tubuh Anda. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidak hanya tubuh kita akan membakar kalori selama melakukan olahraga, akan tetapi pembakaran kalori akan terjadi terus menerus selama beberapa jam setelah melakukannya. Satu studi menemukan bahwa pria yang bersepeda dengan intensitas tinggi selama 45 menit, tubuh mereka membakar 190 kelebihan kalori selama 14 jam setelah latihan. Studi-studi lain juga telah mendukung temuan ini, akan tetapi latihan intensitas rendah atau sedang tidak menunjukkan hasil substansial yang sama.

Sistem Kardiovaskular lebih sehat

Salah satu alasan kesehatan meluangkan waktu di atas treadmill atau ditrotoar pada pagi hari adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Mengapa?, Salah satu cara alami tubuh terbangun adalah dengan meningkatkan kadar hormon adrenalin, yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Ini berarti bahwa Anda dapat menambah beberapa manfaat tambahan kardiovaskular ketika Anda berolahraga di pagi hari. Kardiovaskular yang sehat, adalah salah satu kunci yang mendukung panjang umur.

Bagi Anda yang merasa malas untuk melakukan olahraga di pagi hari, maka Anda perlu sebuah motivasi yang ampuh supaya Anda mau berolahraga.

Set alarm : Salah satu hal yang menjadi kendala bagi Anda kenapa tidak mau melakukan olahraga pagi adalah Anda tidak men-setting alarm di pagi hari. Sudah di setting kok, tapi tetap saja malas. Kalau Anda sudah mencobanya, berarti cara meletakkan alarm-nya yang salah. Ketika alarm sudah Anda setting cobalah untuk meletakkannya di tempat yang agak jauh yang tidak terjangkau oleh tangan ketika Anda dalam posisi tidur. Sehingga, ketika alarm berbunyi maka Anda harus bangun untuk mematikannya bahkan lebih baik lagi harus sampai berdiri untuk mematikan bunyi alarm tersebut. Karena kalau di letakkannya terlalu dekat, nantinya tangan Anda akan meraihnya dan mematikannya.

Buat janji dengan seseorang : Supaya Anda lebih termotivasi untuk memulai olahraga pagi, cobalah untuk membuat janji dengan seorang teman Anda pada jam 5 atau 6 pagi. Dengan begitu, mau tidak mau Anda harus berusaha bangun pagi dan bertemu dengan seseorang yang telah janjian dengan Anda.

Apabila Anda seorang muslim, Anda sebetulnya tidak perlu repot-repot harus membuat janji dengan seseorang supaya bisa bangun pagi. Karena, setiap muslim sudah di wajibkan untuk selalu bangun pagi guna menuaikan kewajibannya yaitu sholat subuh.

Tentukan target : Untuk memulai rutinitas olahraga pagi, maka cobalah untuk menentukan target yang ingin Anda capai. Tentukanlah target dari yang kecil-kecil, misalnya membiasakan diri untuk bisa bangun pagi dan berlatih selama kurang lebih 20 menit sebelum Anda pergi mandi. Apabila sudah mulai terbiasa, Anda sudah bisa menambahkan waktu latihannya menjadi 30-40 menit dengan melakukan aktivitas seperti bersepeda keliling kompleks atau jogging di taman di dekat rumah Anda.

Siapkan daftar lagu : Tips yang terakhir ini hanya berlaku bagi Anda yang suka sekali mendengarkan musik. Jadi, sebelum Anda memulai aktivitas olahraga di pagi hari, cobalah untuk menyusun beberapa daftar lagu yang dapat membuat Anda bersemangat dalam melakukan olahraga pagi. Perlu Anda ketahui ya, musik itu merupakan salah satu motivator yang baik di pagi hari karena dapat meningkatkan mood Anda. 

Peringatan: jika Anda memiliki masalah jantung, konsultasikan dengan dokter tentang latihan di pagi hari, karena penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas jantung ekstra ini dapat menyebabkan nyeri dada, dan bahkan serangan jantung bagi orang yang memiliki masalah kesehatan ini.

Meningkatkan Daya Ingat

Olahraga telah terbukti meningkatkan fokus dan ketajaman mental hingga sepuluh jam pasca latihan. Namun Jika Anda berolahraga setelah bekerja, maka Anda tidak mendapatkan keuntungan ini, karena setelah itu Anda tentu akan tidur. Hal ini bahwa olahraga pagi hari akan membawa otak dan tubuh Anda berada dalam kondisi yang baik sepanjang hari.

Lebih ber Energi

Latihan atau olahraga akan merilis hormon “feel good”, yaitu senyawa seperti endorfin yang meningkatkan mood dan tingkat energi. Dan bahkan efek ini bisa bertahan hingga sore hari jika Anda melakukan olahraga dipagi harinya.

Terhindar dari hipertensi

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga pagi hari klhususnya dapat meningkatkan rasa kebahagiaan dan suasana hati secara keseluruhan. Dengan demikian pada akhirnya Anda tidak akan mudah menderita darah tinggi, terutama yang di akibatkan oleh stres. Efek olahraga juga akan memperlancar aliran darah dan memperkuat jantung, sehingga hipertensi kronis akan jauh jauh dari kehidupan Anda.

Cobalah untuk mengalokasikan 20 menit atau setengah jam waktu Anda setiap hari untuk melakukan kegiatan fisik. Lakukan olahraga sederhana seperti jalan cepat, latihan pemanasan, bersepeda, dan latihan lain seperti aerobik dll.

Perhatian: Latihan aerobik dapat meningkatkan laju detak jantung, sehingga pasien dengan penyakit jantung harus berkonsultasi dengan dokter untuk latihan yang cocok.

Jangan melakukan olahraga secara berlebihan jika Anda baru saja mulai. Latihan membutuhkan beberapa waktu sebelum tubuh Anda bisa terbiasa. Jantung Anda juga perlu membiasakan diri sebelum melakukan latihan yang lebih berat. Oleh karena itu, sebaiknya olahraga dimulai dari yang paling ringan dan ditingkatkan secara bertahap.

Berolahraga tidak hanya untuk menjaga kebugaran fisik, tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan kesehatan mental kita. Udara pagi tidak hanya dapat meremajakan pikiran, tetapi juga mengisi paru-paru anda dengan udara bersih. Mengapa anda harus berolahraga di pagi hari dibandingkan dengan waktu yang lain sepanjang hari? Berolahraga di waktu pagi adalah yang paling efektif karena membantu mengatur sistem alami tubuh. 

Manfaat olahraga teratur di pagi hari untuk kesehatan dapat mencegah beberapa penyakit, meremajakan pikiran dan jiwa. Salah satu manfaat utama adalah ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah siklus 24 jam dalam perubahan mental, fisik dan perilaku, yang merespon terhadap cahaya dan kegelapan. Ritme ini membantu untuk tubuh agar rileks dan menjaga fungsi detak jantung teratur. Kegiatan fisik yang kita lakukan memberi tekanan pada sendi tubuh, meski olahraga tidak dapat mencegah atau menyembuhkan osteoporosis. Berjalan, lari, jogging dan senam adalah olahraga yang dapat dilakukan sebagai pemula. 

Penelitian menunjukkan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, berenang dan jogging membantu menjaga kadar kolesterol. Kadar kolesterol memainkan peran penting sehubungan dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, stroke dan lainnya. Selain itu juga mengatur kadar gula darah sehingga mengurangi risiko terkena diabetes. Ini adalah fakta yang terbukti secara medis bahwa orang-orang yang tidak begitu aktif akan lebih mudah terkena risiko penyakit jantung. 

Post a Comment for "Manfaat Olah Raga Di Pagi Hari"