Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Kuliah Secara Seimbang dan Menyenangkan



Musim tahun baru telah tiba dimana banyak sekali mahasiswa baru pada perguruan tinggi berdatangan. Bagi saya sendiri masa kuliah merupakan masa yang menyenangkan dan tidak akan terlupakan. Masa kuliah tidak hanya soal belajar agar mendapatkan nilai atau IP yang bagus saja namun bagi saya kuliah juga berarti bergaul dengan banyak sekali teman dari berbagai latar belakang, dan juga kuliah merupakan masa untuk mengembangkan diri kemampuan diluar belajar atau kuliah salah satunya adalah dengan bergabung dengan berbagai organisasi atau komunitas yang banyak sekali berdiri di perguruan tinggi.

Buat saya sendiri belajar dan kuliah merupakan kegiatan nomer satu namun hal itu tidak cukup karena butuh pengembangan kemampuan yang lain agar nantinya saya dapat bekerja di perusahaan dengan posisi yang bagus. Dan tidak hanya itu dengan memiliki banyak teman saya juga bisa bersenang-senang sebagai hiburan. Dengan demikian kuliah yang dijalani berjalan lebih berimbang nilai didapat, kemampuan lain juga dapat dan tidak kalah penting kesenangan masa kuliah juga dapat.

Berikut ini beberapa tips dari saya bagaimana caranya agar kuliah berimbang.

Prioritas belajar

Belajar tetap menjadi prioritas utama saya, karena bagaimanapun juga orang tua saya mengirim dan membiayai kuliah saya untuk belajar dan mendapatkan gelar sarjana. Setiap jadwal kuliah saya selalu menghindari titip absen karena buat saya udah bayar mahal-mahal tapi absen kuliah, percuma dong. Saya juga tidak pernah melewatkan setiap tugas yang dibebankan oleh dosen terhadap saya karena buat saya itu sangat penting untuk menunjang nilai saya sendiri.

Dalam hal nilain sendir saya juga mengusahakan paling tidak memiliki IP 3.0 minimal, karena saya baca di berbagai surat kabar bagian lowongan kerja banyak sekali atau hampir rata-rata perusahaan yang membukan lowongan selalu mematok IP minimal 3.0. untuk tugas selalu saya kerjakan karena saya sendiri dibilangi sama dosen saya bahwa tuga memiliki porsi nilai yang sangat penting sekali bagi nilai. Bagaimana kalau tugas menumpuk? Sulit mengerjakan? Gampang sekali, kan kita punya banyak teman yang senasib. Tinggal bagi-bagi tugas saja dan untuk laporan tinggal contek dan dimodif saja, mudah sekali bukan.

Ekstrakurikulier

Kegiatan ekstrakulikuler sangat penting untuk diikuti karena dalam organisasi ekstrakurikuler yang kita ikuti tersebut kita akan banyak sekali belajar tentang organisasi, kepemimpinan dll. Saya sendiri juga mengikuti organisasi ekstrakurikuler ada banyak hal yang saya dapatkan dari kepemimpinan sampai negosiasi satu hal yang tidak saya dapatkan dari kuliah saya. Dari organisasi saya juga memiliki banyak teman dan jaringan saya sehingga sangat memudahkan saya nantinya. 

Satu hal yang sangat penting dari organisasi yang saya ikuti saya juga belajar bagaimana mengatur waktu atau manajemen waktu dengan baik karena saya ingin kegiatan organisasi yang saya ikuti tidak mengganggu kegiatan kuliah saya sendiri.

Bersenang-senang

Bersenang senang maksudnya main-main dengan teman saya atau dengan pacar saya sendiri, penting sekali untuk bersenang senang karena merupakan salah satu sarana bagi saya untuk menghilangkan stres atau depresi karena tugas kuliah. Biasanya kegiatan bersenang senang yang saya lakukan adalah ngopi atau pergi ke pantai dan gunung.

Bersenang senang atau berkumpul dengan teman-teman juga menghindarkan saya dari kuper atau pergaulan dan sekaligus membangun jaringan karena teman-teman saya tersebut nantinya juga bekerjar diperusahaan atau mungkin membangun perusahaan atau usah sendiri.

Post a Comment for "Tips Kuliah Secara Seimbang dan Menyenangkan"