Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya dan Dampaknya Jika Anda Tidak Sarapan Pagi


Banyak Orang yang mengabaikan waktu sarapan pagi dan menganggap sarapan sebagai hal yang tidak penting. Apakah anda termasuk salah satu orang yang malas untuk sarapan? Jika iya, mulailah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut, karena hal ini karena tubuh kita memerlukan asupan energi yang cukup dengan makan secara teratur yakni sebanyak 3 kali sehari, termasuk juga di pagi hari. Jika Anda suka melewatkan makan pagi atau sarapan pagi perlu waspada. Sarapan pagi merupakan makanan yang sangat penting sebelum kita beraktivitas. Banyak orang yang biasa melewatkan makan pagi karena beberapa alasan seperti kesiangan sekolah/kuliah, tidak sempat dan lain sebagainya. 

Berikut ini Beberapa bahaya yang disebabkan karena tidak sarapan pagi adalah sebagai berikut:

Menurunkan konsentrasi

Pagi hari merupakan waktu dimana kita akan memulai aktivitas. Jika kita melewatkan sarapan pagi, saat kita akan beraktifitas perut akan kosong dan lapar, perut kosong dan kondisi lapar inilah biasanya membuat konsentrasi seseorang menjadi turun sehingga bisa menurunkan kinerja otak Anda. Tak hanya itu, biasanya orang yang teratur melakukan sarapan pagi akan mendapatkan prestasi lebih baik.

Resiko Sindrom Metabolik

Ternyata Tak hanya menurunkan konsentrasi, bahaya melewatkan sarapan pagi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, anak remaja yang sering melewatkan sarapan paginya cenderung mengalami sindrom metabolik saat dewasa nanti. Sindrom metabolik adalah gangguan kesehatan yang dapat memicu resiko berbagai macam penyakit kardiovaskuler, seperti jantung dan diabetes.

Tubuh Lebih Lemas

Inilah Efek negatif melewatkan sarapan pagi lainnya adalah membuat tubuh menjadi lebih lemas. Setelah malamnya berpuasa karena kita beristirahat di malam hari, tentunya pagi hari merupakan waktu yang paling penting untuk mendapatkan energi melalui sarapan.

Mudah Lelah

Seandainya kalau kamu Tidak sarapan pagi, maka faktanya tubuh belum mendapatkan asupan makanan apapun apalagi ditambah dengan aktivitas yang dilakukan setelahnya. Maka dari itu, orang yang melewatkan makan pagi ini tubuh cenderung menjadi lebih lemas karena belum mendapatkan energi untuk beraktivitas.

Berat Badan Meningkat

Ini yang paling Bahaya, jika kamu melewatkan sarapan pagi berikutnya akbibatnya adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Jika Anda berpikir dengan melewatkan sarapan maka berat badan akan turun, pikiran tersebut salah total. Justru dengan melewatkan sarapan, maka tubuh akan mengalami peningkatan berat badan, hal ini disebabkan, orang yang tidak sarapan pagi cenderung metabolisme tubuhnya akan mengalami perlambatan. Sarapan pagi sangat dibutuhkan saat proses metabolisme tubuh. Dengan sarapan, makanan bisa diproses lebih cepat sehingga tubuh mendapatkan banyak energi karena metabolisme berjalan dengan baik, sedangkan tanpa sarapan, metabolisme tubuh akan terhambat sehingga semua makanan yang dikonsumsi tidak bisa diproses dengan baik dan maksimal

Emosi Tidak Stabil

Saat sarapan, selain metabolisme tubuh menjadi terhambat, maka Anda kekurangan energi dan kurang berkonsentrasi saat belajar ataupun bekerja. Penurunan kinerja yang Anda alami membuat emosi menjadi labil yang akhirnya membuat Anda mudah bad mood. Untuk itu, jangan pernah melewatkan sarapan pagi!

Inilah sedikitnya 5 bahaya jika kamu melewatkan sarapan pagi untuk Anda. Dengan melihat penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sarapan pagi sangat penting untuk membantu tubuh bekerja lebih optimal.

Sedang dari sumber lain mengungkapkan setidaknya 7 alasan penting kenapa kita tidak boleh melewatkan waktu sarapan di pagi hari.

1. Sarapan pagi menurunkan resiko obesitas

Mau punya tubuh yang langsing? Jangan pernah melewatkan sarapan pagi. Yup, sarapan teratur memang sudah terbukti dapat menjauhkan kamu dari yang namanya kegemukan atau obesitas. Fakta ini telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki resiko 4 kali lebih tinggi untuk terkena obesitas dibandingkan dengan mereka yang selalu sarapan pagi.

Hal tersebut karena orang yang seringkali melewatkan sarapan juga cenderung akan makan lebih banyak saat makan siang karena rasa lapar yang berlebih. Akibatnya, mereka akan mengonsumsi lebih banyak lemak dan kalori, bahkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh mereka bisa mencapai 100 kalori lebih banyak daripada orang yang rajin sarapan. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk selalu sarapan pagi yah Toppers, terutama bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Hal ini bertujuan untuk mencegah rasa lapar berlebih di siang hari yang membuat kamu sulit untuk menahan diri untuk tidak makan dalam jumlah yang banyak.

2. Menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya

Rajin sarapan di pagi hari juga dapat menjauhkan kamu dari penyakit yang berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung. Sebuah jurnal tahunan dari American Heart Association menunjukkan bahwa orang yang malas untuk sarapan cenderung memiliki kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi dibandingkan mereka yang rajin sarapan. Seperti yang kita ketahui, kolesterol yang tinggi merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung.

3. Sarapan membuat kamu jadi lebih bersemangat dan berenergi

Makan pagi atau sarapan menjadi waktu makan yang paling penting dan sama sekali tidak boleh kita lewatkan. Hal ini karena tubuh membutuhkan sumber energi untuk dapat beraktivitas sepanjang hari. Kamu bisa membandingkan sendiri bagaimana semangat kerja kamu saat tidak sarapan dengan saat sarapan. Pastinya kamu akan merasa lebih bersemangat dan memiliki lebih banyak energi untuk menyelesaikan semua pekerjaan saat kamu tidak melewatkan sarapan.

Namun sebaiknya kamu memilih makanan yang dengan karbohidrat komplek dan kaya akan serat seperti oatmeal dan roti gandum, yang akan menjauhkan kamu dari rasa lelah dan malas saat beraktivitas. Jangan lupa pula untuk menambahkan menu makanan yang mengandung protein dan kalsium tinggi seperti susu dan telur. (Baca juga: 10 Makanan Ini Bisa Membuat Kamu Lebih Cepat Lelah)

4. Meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi

Sarapan ternyata tidak hanya mendukung aktivitas fisik, namun juga aktivitas otak. Pada dasarnya otak juga membutuhkan pasokan nutrisi terutama glukosa untuk bisa bekerja secara optimal. Kurangnya pasokan nutrisi ke otak akan menurunkan kinerja otak dan membuat kita sulit untuk berkonsentrasi. Namun makanan dengan kalori yang tinggi sebaiknya tidak kamu konsumsi saat sarapan pagi, karena penelitian menunjukkan bahwa sarapan berkalori tinggi juga dapat menurunkan kinerja otak. Pilihlah makanan bernutrisi tinggi seperti sayur dan biji-bijian utuh.

5. Menyehatkan kulit

Fakta lainnya adalah sarapan dapat baik untuk kesehatan kulit. Salah satu menu sarapan yang menyehatkan kulit adalah telur. Kandungan nutrisi yang terdapat pada telur akan menjaga elastisitas kulit dan melindungi sel-sel kulit dari bahaya radikal bebas. Telur juga dapat membantu dalam melancarkan proses regenerasi kulit loh, Toppers.

Di samping itu, mengkonsumsi telur di pagi hari juga mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menurunkan nafsu makan. Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena konsumsi telur yang berlebihan terutama bagian kuningnya, akan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cukup konsumsi satu butir telur saja di pagi hari.

6. Meningkatkan sistem imun

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin sarapan pagi dapat mengingkiatkan imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga akan menghindari kita dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Hal ini karena sarapan teratur dapat meningkatkan hormon dalam tubuh yang berperan untuk mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh.

Sistem imun yang rendah tentunya membuat kita rentan terkena penyakit yang diakibatkan oleh virus seperti flu dan batuk. Oleh karena itu, mulailah untuk sarapan teratur agar tubuh kamu tidak mudah kalah dengan serangan virus dan bakteri.

7. Memperpanjang umur

Dari poin-poin di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sarapan teratur dapat membuat kita lebih sehat dan aktif, yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan umur kita. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang mampu bertahan hidup hingga umur 100 tahun adalah mereka yang selalu sarapan pagi dengan teratur. Orang yang rajin sarapan juga cenderung tidak suka melakukan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan tubuh seperti merokok dan mengonsumsi alkohol.

Bagaimana ? setelah mengetahui segudang manfaat dari sarapan, pastinya kamu tidak akan mau untuk melewatkan sarapan pagi bukan ?

Selain Itu Tidak Sarapan Pagi Dapat Memicu Penyakit Jantung

Jika secara teratur Anda melewatkan sarapan, kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatan. Salah satunya, bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Menghindari sarapan dan memilih beraktivitas dengan perut kosong justru bisa menyebabkan obesitas. Rasa lapar berlebihan menjelang siang membuat Anda mengonsumsi makanan berlemak tinggi lebih banyak. Hal ini bisa menyebabkan lemak menumpuk di sekitar perut, dan meningkatkan kadar kolesterol, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Selain itu, tidak ada asupan makanan di pagi hari juga bisa memicu kadar insulin lebih tinggi dalam darah. Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus dapat menjadi cikal bakal penyakit diabetes, studi menunjukkan, mereka yang berisiko mengalami masalah kesehatan akibat mengabaikan sarapan adalah orang dewasa yang secara teratur beraktivitas tanpa sarapan sejak usia mereka masih anak-anak, dan kebiasaan berlanjut hingga mereka dewasa.

Hasilnya, saat mereka berada di akhir usia dua puluhan, sudah bisa terdeteksi bahwa mereka memiliki gejala mengembangkan penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan di University of Tasmania ini merupakan studi lanjutan dan sebagai pelacak bahaya kesehatan jangka panjang.

Dari 2184 responden yang dilacak tanpa mengonsumsi sarapan selama 20 tahun, kebanyakan dari responden mengaku lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi dan kadar gula tinggi sebelum makan siang.

Selain itu, ada bukti yang mengungkapan, melewatkan sarapan pagi dapat mengubah cara menyimpan lemak tubuh. Lemak akan lebih banyak menumpuk di bagian perut, yang bisa menjadi gelaja penyakit jantung. - Jadi Makanlah yang cukup terutama sarapan pagi. Berikut ini adalah tabel Kebutuhan Gizi seimbang Makanan anda dalam satu hari berdasarkan jumlah kalori yang anda butuhkan.


Kebutuhan Bahan Makanan Dalam Sehari
Diet (kalori)
Energi (kalori)
Nasi 100 g atau penukarnya
Lauk 40 g
Sayur 100g
1 mangkok (matang)
Buah
1 penukar
Susu 1 gelas atau penukar
Ikan 40g
atau penukarnya
Tempe 50 g
Kalori
Ikan
40g
Tempe
50g
1300
kalori
Pagi
300
1 x porsi
Selingan
50
Siang
500
1 x porsi
Selingan
50
Malam
425
1 x porsi
1500
kalori
Pagi
337
1 x porsi
½ porsi
Selingan
50
Siang
675
2 x porsi
Selingan
50
Malam
425
1 x porsi
1700
kalori
Pagi
337
1 x porsi
½ porsi
Selingan
50
Siang
675
2 x porsi
Selingan
50
Malam
600
2 x porsi
1900
kalori
Pagi
475
1½ x porsi
½ porsi
Selingan
50
Siang
675
2 x porsi
Selingan
50
Malam
650
2 x porsi
2100
kalori
Pagi
512
1½ x porsi
½ porsi
Selingan
50
Siang
812
2½ x porsi
Selingan
50
Malam
737
2½ x porsi
2300
kalori
Pagi
587
1½ x porsi
1 gelas
Selingan
50
Siang
900
3 x porsi
Selingan
50
Malam
737
2½ x porsi
Diet Diabetes
Energi (kalori)
Menu dengan Pengganti Makanan
Susu 1 gelas
Roti / biskuit (penukar)
Keju (Lembar)
Buah (Penukar)
1300 Kalori
Sarapan
300
1 gelas
1 porsi
Makan Siang
500
1 gelas
½ porsi
1 porsi
1 porsi
Makan Malam
425
1 gelas
½ porsi
1 porsi
1500 Kalori
Sarapan
337
1 gelas
2 porsi
Makan Siang
675
1 gelas
1 porsi
2 porsi
Makan Malam
425
1 gelas
1 porsi
1700 Kalori
Sarapan
337
1 gelas
2 porsi
Makan Siang
675
1 gelas
1 porsi
2 porsi
Makan Malam
600
1 gelas
1 porsi
1 porsi
1 porsi
1900 Kalori
Sarapan
475
1 gelas
1 porsi
1 porsi
Makan Siang
675
1 gelas
1 porsi
2 porsi
Makan Malam
650
1 gelas
1 porsi
1 porsi
2 porsi
2100 Kalori
Sarapan
512
1 gelas
1 porsi
2 porsi
Makan Siang
812
1 gelas
1½ porsi
2 porsi
1 porsi
Makan Malam
737
1 gelas
1 porsi
2 porsi
1 porsi
2300 Kalori
Sarapan
587
1 gelas
1 porsi
1 porsi
1 porsi
Makan Siang
900
1 gelas
2 porsi
2 porsi
1 porsi
Makan Malam
737
1 gelas
1 porsi
2 porsi
1 porsi
Keterangan:
1 Penukar Roti / Biskuit : 2 iris roti (70 g) atau 5 buah biskuit (50) g
Keju (rendah lemak) : 1 lembar (35 g) atau telur 1 butir (tidak lebih 3 butir seminggu)
1 Penukar buah : 1 buah pisang (50g) atau 1 buah jeruk (110g) atau 1 potong pepaya (110 gr)
1 gelas susu: 250 cc = 5 sendok takar susu pengganti
Apa Itu Berat Badan Sehat
Berat badan sehat ialah berat badan tubuh yang memiliki proporsi seimbang dengan tinggi badan. Tubuh sehat ideal secara fisik dapat terlihat dan ternilai dari penampilan luar.
Berat tubuh yang sehat dan ideal dapat dikalkulasikan dengan menggunakan rumus:
Body Mass Index /
Indeks Massa Tubuh
=
Berat Badan
Tinggi Badan x Tinggi Badan
Atau anda dapat menggunakan fitur aplikasi web penghitungan Body Mass Index / Indeks Massa Tubuh pada sebelah kanan tampilan website Klikdokter.com.
Setelah mengetahui status berat badan, penting pula untuk mengetahui pembatasan kebutuhan kalori yang dapat diperkirakan sesuai dengan status hasil akhir penghitungan Body Mass Index , yakni sebagai berikut :
Very obese
:
1000 kalori/hari
Obese
:
1500 kalori/hari
Overweight
:
1700 kalori/hari
Normal
:
2000 kalori/hari

Post a Comment for "Bahaya dan Dampaknya Jika Anda Tidak Sarapan Pagi"