Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencegah Bahaya Penyakit Gagal Ginjal Kronis



Bagi penderita Penyakit Gagal Ginjal Kronis, cuci darah adalah bagian dari hidupnya, karena ginjal adalah organ tubuh yang menyaring zat yang tidak berguna di dalam tubuh kita, jika ginjal kita rusak maka darah anda akan tercemar dengan zat - zat yang tidak berguna didalam tubuh anda, sehingga anda harus menjalani proses cuci darah dengan mesin, dan biaya untuk cuci darah ini sangat mahal ! jadi jika seseorang mengalami gagal ginjal, maka hanya akan ada 2 pilihan; tergantung dengan alat cuci darah seumur hidup, atau dilakukan transplantasi ginjal. oleh sebab itu sebelum anda terserang oleh penyakit gagal ginjal kronis karena pola hidup anda yang buruk, maka anda wajib mengetahui bagaimana cara Mencegah Bahaya Penyakit Gagal Ginjal Kronis yang sewaktu - waktu dapat mendekati anda. silahkan anda baca artikel ini sampai tuntas dan bagikan kepada orang - orang yang anda kasihi.

Salah satu pemicu terjadinya gagal ginjal adalah penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi, namun tidak menutup kemungkinan dengan pola hidup anda yang buruk Bahaya terjadinya penyakit gagal ginjal pun bisa mengacam nyawa anda, karena Secara alami ginjal anda juga akan menurun kapasitas penyaringannya setelah anda berusia 30-40 tahun hingga sebesar 10%, ingatlah ! ketika Anda meningkatkan beban kerja ginjal semenjak awal, maka resiko penyakit ginjal dikemudian hari pasti akan lebih tinggi. 

Masih ingat dengan motto Mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati ? ketika Anda bisa merawat ginjal Anda sejak dari awal, maka resiko gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya bisa ditekan. 

Berikut ini kami bagikan 10 cara Mencegah Bahaya Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Jagalah Tubuh anda dengan baik, dengan pola hidup sehat agar anda tidak menderita diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung 

Penyakit ginjal adalah penyakit sekunder sebagai akibat dari penyakit primer. Kondisi seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung adalah penyebab utama disebagian besar kasus penyakit ginjal. Oleh karena itu, selalu kendalikan kadar gula, kadar kolesterol dan, tekanan darah dengan jalan mengikuti diet sehat, olahraga. Pedoman pengobatan yang benar sangat penting untuk mencegah penyakit ginjal.

Kurangilah asupan kadar garam yang berlebihan ke dalam tubuh anda !

Garam adalah sumber yang meningkatkan kadar natrium dari diet Anda. Natrium tinggi tidak hanya meningkatkan tekanan darah, tetapi juga memicu pembentukan batu ginjal.

Inilah alasannya mangapa anda harus Minum banyak air setiap hari, Karena Air sangat penting untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi, serta membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh Anda. Air juga membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah. Hal ini juga membantu pencernaan dan mengontrol suhu tubuh. Jadi pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan mendapatkan jumlah cairan yang cukup setiap hari.

Jika anda kebelet pipis, janganlah menahan buang air kecil, Penyaringan darah adalah fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal Anda. Ketika proses penyaringan dilakukan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan didalam kandung kemih perlu segera dibuang. Meskipun kandung kemih bisa menampung lebih banyak urin, namun rasa ingin BAK dirasakan saat kandung kemih sudah terisi dengan 120-150 ml urin.

Jadi, jika Anda mulai mengabaikan dorongan untuk pergi ke kamar kecil, kandung kemih membentang lebih dari kapasitasnya. Hal ini mempengaruhi proses filtrasi ginjal. Baca juga Mengetahui kondisi kesehatan berdasarkan warna urin

Pola Makan yang benar akan mempengaruhi kerja organ ginjal anda, hampir semua proses yang terjadi di dalam tubuh Anda dipengaruhi oleh apa yang Anda makan dan bagaimana cara Anda makan. Jika Anda makan makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan makanan cepat saji, maka organ-organ tubuh Anda harus bekerja ekstra keras, termasuk ginjal.Anda harus menyertakan mengkonsumsi makanan yang tepat dalam diet Anda, terutama makanan yang bisamemperkuat ginjal seperti ikan, asparagus, sereal, bawang putih dan peterseli. Buah-buahan seperti semangka, jeruk dan lemon juga baik untuk kesehatan ginjal.

Minumlah minuman yang sehat, termasuk jus segar atau jus blender adalah cara lain supaya Anda bisa memasukkan lebih banyak cairan dan menjaga ginjal Anda selalu sehat. Jus membantu sistem pencernaan untuk mengekstrak lebih banyak air dan mengeluarkan limbah dari dalam tubuh.Hindari berlebihan minum minuman bersoda, kopi atau teh, karena minuman ini mengandung kafein yang berpotensi mengurangi jumlah cairan dalam tubuh. Jadi dengan demikian, ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuangnya.

Jika Anda sudah menderita masalah dengan ginjal, maka Anda harus menghindari jus yang terbuat dari sayuran seperti bayam dan bit. Hal ini karena kedua sayuran tersebut kaya akan asam oksalat, yang menyebabkan pembentukan batu ginjal. Tapi Anda pasti bisa minum air kelapa.

Hindari minuman beralkohol dan kebiasaan merokok, karena kelebihan asupan alkohol di dalam tubuh bisa mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan pengendali hormonal yang mempengaruhi fungsi ginjal. Bahaya Merokok memang tidak terkait langsung dengan masalah ginjal, tetapi bisa mengurangi fungsi ginjal secara signifikan serta memiliki efek buruk pada kesehatan jantung, yang selanjutnya bisa memperburuk organ ginjal anda.

Lakukan aktifitas olahraga secara rutin para ahli dan peneliti meyakini bahwa obesitas sangat terkait dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal terkait. Kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat. Berolahraga, diet sehat, serta mengatur porsi makan seimbang pasti bisa membantu menurunkan kelebihan berat badan dan meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, Anda akan selalu merasa segar dan aktif. Berikut lebih lanjut tentang bagaimana obesitas dan penyakit ginjal terkait .

Mengkonsumsi obat - obatan yang tidak sesuai saran medis bisa berakibat fatal terhadap ginjal anda, oleh seba Hindari mengkonsumsi obat tanpa saran dari medis, hal ini di sebabkan apapun jenis obat-obatan yang Anda konsumsi harus melewati ginjal untuk dilakukan penyaringan. Penambahan dosis atau minum obat-obatan tanpa Anda sadari bisa meningkatkan beban racun pada ginjal. Itulah mengapa Anda harus selalu mengikuti resep dan dosis yang diberikan ahli kesehatan, dan menghindari mengobati diri sendiri.

Saat ini banyak beredar obat-obatan herbal sebagai alternatif pengobatan, mengkonsumsi suplemen dan obat-obatan herbal atau jamu yang tidak tepat dapat memperbesar resiko gagal ginjal. Jika anda mengkonsumsi suplemen vitamin atau beberapa suplemen herbal, Anda harus mempertimbangkan dengan kebutuhan Anda, jika tubuh berlebihan mendapatkan asupan vitamin dan herbal tertentu atau jamu maka akan terkait dengan kerusakan ginjal. Anda harus berkonsultasi dengan dokter mengenai risiko penyakit ginjal sebelum mengkonsumsi suplemen dan jamu tersebut.

Sayangilah Ginjal Anda !

Ciri Ciri Penyakit Ginjal 

Pada dasarnya ciri ciri penyakit ginjal sebenarnya cukup susah untuk diketahui sejak dini dan biasanya banyak kasus di mana penyakit ginjal baru diketahui setelah penyakit sudah semakin parah tentunya anda tidak mau hal ini menimpa pada anda.

Perlu anda ketahui bahwa penyakit ginjal sendiri ada beberapa macam, dan nantinya akan saya ulas pada subjudul yang ketiga, mari kita simak saja gejala ginjal dibawah ini yang saya sarikan dari wikipedia.

  • Nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul
  • Nyeri yang menyebar ke bagian bawah tubuh dan pangkal paha
  • Nyeri pada saat buang air kecil
  • Urin berwarna pink, merah atau coklat
  • Mual dan muntah dan sering buang air kecil
  • Demam dan menggigil saat infeksi terjadi

Jenis - jenis Penyakit Ginjal

1. Gagal Ginjal

Suatu kondisi dimana ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya secara dan penyebab gagal ginjal adalah volume darah yang kurang, dehidrasi, obat obatan gangguan aliran darah, sistem imun berlebihan, kerusakan otot dan perandangan akut pada glomerulus. Gejalanya adalah mudah lelah, keperingan, dan lain lain.

2. Kanker Ginjal

Kanker ginjal yaitu jenis penyakit ginjal yang terdapat pada ginjal atau Tubulus Renal Proksimal, kanker terjadi akibat adanya kerusakan sel. Kerusakan sel itu sendiri disebabkan obanyak hal, dari obat obatan sampai dengan virus. Gejalanya adalah rasa nyeri pada bagian pinggang.

3. Diabetes Melitus

penyakit yang ditandai adanya glukosa dalam urine terjadi karena kekurangan hormon insulin. Nefron tidak dapat menyerap kelebihan glukosa.

4. Hematuria

Penyakit yang ditandai sel darah merah pada urine. Disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria atau karena iri akibat gesekan batu ginjal. Gejalanya adalah berubahnya warna urin pada penderita.

5. Polyuria

Polyuria adalah penyakit ginjal dimana eksresi urine yang besar dalam periode tertentu. Penyebabnya adalah pada medula ginjal. Gejala penyakit ini adalah banyaknya melakukan eksresi.

6. Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kantung kemih. Penyebabnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam mineral dan terlalu sedikit mengkonsumsi air. gejala penyakit ini adalah sulitnya eksresi pada penderitanya.

Post a Comment for "Mencegah Bahaya Penyakit Gagal Ginjal Kronis"