Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KEPRIBADIAN ANAK


Pada artikel sebelumnya telah di jelaskan  tentang anak bayi maupun balita dan artikel selanjutnya akan membahas tentang kepribadian anak. Paada umumnya anak mungkin sulit di mengerti karena anak belum mengerti dan memahami tentang sikap apa yang seharusnya di lakukan. Kebanyakan orang tua selalu memaksakan kehendaknya tanpa memikirkan dampak apa yang akan terjadi kedepannya jikalou anak di paksakan dengan keinginan orang tua.

Kepribadian adalah karakter atau sipat yang di perlihatkan oleh dirinya sendiri. Kepribadian anak hal yang sangat penting untuk di bina karena di masa inilah peran penting baik orang tua ataupun guru yang mengajarkannya di sekolah. Akan tetapi peran orangtualah yang sangat penting sekali untuk memberikan pengarahan ataupun pendidikan di dalam keluarga.

Beberapa macam yang tampak dalam kepribadian Anak.
 
1.    Pemalu atau penakut
 
Tak mudah bagi anak yang mmempunyai kepribadian yang pemalu ataupun penakut untuk bergabung dengan individu yang lainnya, nah disini peran penting bagi seorang ibu untuk mengenalkan secara perlahan dan mengajak anak terus untuk bisa bermaik berkelompok. Kemungkinan besar anak akan perlahan terbiasa dengan kehadiran orang lain.

2.    Rewel 
 
Anak yang memiliki karakter yang sedikit sedikit rewel kemungkinan anak merasa tidak nyaman di daerah sekitarnya sehingga anak rewel disini juga peran sebagai ibu harus sabar dalam mengatasi anak yang demikian.

3.    Aktif
 
Kebanyakan orangtua bangga ketika melihat anaknya aktif karena anak yang aktif cenderung cerdas apa yang di lihat oleh nya akan langsung ditirunya. Keaktifan anak jangan  sampai di biarkan begitu saja arahkan anak ke hal yang positif jangan biarkan anak untuk bermain sendiri, mendampingi sekaligus mengawasi apa apa saja yang dilakukan oleh anak.

4.    Penurut 
 
Bagi anak yang mempunyai karakter penurut akan sangat mudah bagi para orang tua untuk mengarahkannya akan tetapi orang tua harus tetap mendampingi dan mengarahkan ke hal yang positif .
Kepribadian anak menurut perkembangannya memiliki 2 faktor diantanya yaitu:

•    Faktor Intern adalah faktor bawaan yang berasal dari dalam diri atau jiwa anak itu sendiri ataupun faktor keturunan.

•    Faktor exstern adalah faktor dari lingkungan atau hasil dari interaksi dengan yang lain.


Orangtua haruslah selalu mengontrol dan mendampingi anak dan haruslah mengetahui setiap harinya perubahan apa yang terlihat apa bila anak terlihat perkembangan bahasa nya terlihat kasar ataupun tidak baik, haruslah orang tua mendekati anak dan memberi tahukan bahwa berbicara kasar itu tidak baik. untuk membentuk kepribadian anak lebih baik lagi baik tingkah laku ataupun berbahasa haruslah di tanamkan di dalam pendidikan keluarga untuk di latih baik dari sikap ataupun dari segi bahasanya, dan orang tua pun harus memberi cotoh yang baik biar anak mencontoh yang baik dari orangtuannya.

Post a Comment for "KEPRIBADIAN ANAK"