Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MASA BALITA


Dari usia 24 sampai 60 bulan bukan lagi bayi tetapi sebutannya adalah Balita dimana masaa usia ini adalah masa periode tahap berkembangnya pembentukan keaktifan, masa meniru, masa rasa keingin tahuannya di mulai. Pada perkembangan di masa balita banyak terlihat perubahan yang unik dan menarik perkembangan bahasanya pun di mulai. Dalam masa masa balit ini para orang tua terutama bagi ibu harus lebih aktif dan lebih extra lagi dalam pengawasan karena di masa ini keaktifan anak menigkat pada masa ini anak biasanya sudah mulai berjalan dan ingin terus bermain oleh sebab itu bagi ibu harus lebih memperhatikan apa saja yang di lakukan balita.

Ciri tumbuh kembang di masa- masa balita
 
•    Terlihat sekali dalam perkembangan fisik pada masa ini berat badan bertambah dengan di barengi pertumbuhan energinyapun meningkat.
•    Motorik kasar dan motorik halusnya mulai berkembang. Dalam perkembangan motorik kasarnya seperti berguling guling, berjinjit, berlari, menggenggam sesuatu atau benda dan melempar. Perkembangan motorik halusnya yaitu seperti menggerakan pencil sambil menulis walaupun tidak jelas, mencubit, memasukan makanan sendiri.
•    Perkembangan kognitif dalam perkembangan ini balita dalam pengucapan bahasanya sangat pesat sekali, masa ini balita di latih ketika di beri tahu bahwa benda yang dilihatnya ada dan ketika benda itu di sembunyikan baita akan mencarinya.
•    Bersosialisasi pada periode masa ini balita akan sering berinteraksi menanya dan menjawab ketika sang ibu atau individu lain bertanya.
•    Bermain dalam memberikan permainan terhadap balita harus di lihat permainan apa yang cocok untuk masa masa usia balita ini.

Hal hal yang harus di perhatikan bagi sang ibu terhadap masa balita ini
 
1.    Pola makan balita atau asupan makanannya harus seimbang dengan usianya
2.    Melatih perkembangan bahasa oleh ibu dan anak akan menirunya
3.    Mengawasi apa saja yang di lakukannya
4.    Memberi perhatian lebih
5.    Mengenalkan benda benda di sekitar ruangan rumah
6.    Jangan biarkan anak bermain sendiri
7.    Jauhkan benda atau alat yang akan membahayakan

Usia balita merupakan masa dimana para ibu akan merasa bahagia dan bangga karena keatifan yang terlihat pada masa ini sangat pesat dan semua ibu pasti tidak ingin melewati perkembangan di masa ini karena tidak akan pernah terulang lagi masa masa balita yang unik dan menarik. Di dalam masa balita ini kesabaran sang ibu sangat di uji jangan terlalu memaksakan hal hal baru kepada masa balita ini karena akan menyebabkan balita menjadi tumbuh kembangnya berpengaruh, tidak setiap balita memiliki keaktifan yang sama atau kecerdasan yang sama oleh karena itu sebagai ibu harus tau dan mengerti dalam mengurus ataupun mendidiknya.kebersamaan dengan penuh kasih sayang dalam mengasuhnya akan sangat berpengaruh kepada perkembangan baliita.

Post a Comment for "MASA BALITA"