Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pencegahan Pelecehan Seksual Terhadap Anak

Waspada pelecehan seksual terhadap anak



Dewasa ini sudah sangat marak berita dan kasus tentang pelecehan dalam bentuk seksual kepada anak, kini telah terlihat nyata dan jelas bahwa negara ini sudah tidak aman lagi khususnya bagi anak di bawah umur. Kejahatan dalam bentuk seksual sekarang telah menjadi topik pemicaraan negara ini di mulai dari anak sd yang mendapatkan pelecehan dari salah satu guru nya di sekolah sampai yang paling miris adalah pelecehan itu sendiri dilakukan oleh anak remaja pada anak yang masih sangat kecil hingga berujung pada kematian. Naudzubillah..

salah satu yang paling urgen untuk menghadapi kasus seperti sekarang ini ialah adanya peran penting orang tua baik ayah ataupun ibu yang harus senantiasa menjaga buah hatinya alangkah lebih baik jikalau itu dilakukan sampai 24 jam tanpa adanya kelengahan. Memang pada real nya saat ini lembaga pendidikan justru kurang dalam menangani peristiwa ini, di sinilah pihak keluarga yang sangat intim di butuhkan oleh anak khususnya anak usia dini.

Tak jarang kita mendengar baik di televisi, majalah, dan koran pelecehan seksual kerap sekali di beritakan. Hal ini tentu dan pasti akan berpengaruh pada psikis dan kondisi jiwa sang anak jika tidak di cegah dari sekarang. Akan lebih banyak lagi kasus kasus seperti ini  apabila peran orang tua, peran lembaga dan peran pemerintah tidak turun tangan langsung ke lapangan untuk menyelidiki modus utama dari terjadinya pelecehan seksual ini.

Berikut ini akan di paparkan bagaimana peran dan cara mencegah dari kejahatan pada anak khususnya pelecehan seksual baru baru ini, yaitu :

Yang harus di lakukan oleh orang tua :
1.    Berikan perhatian penuh terhadap anak agar anak tidak merasa sendiri dan di kucilkan
2.    Selalu pantau kegiatan anak muai dari berangkat sekolah sampai pulang sekolah
3.    Telusuri siapa saja teman yang sering bergaul dengan anak
4.    Berikan pendidikan dasar tentang apa saja yang tidak boleh orang lain sentuh pada anggota tubuhnya dan mana yang boleh
5.    Berikan pengertian bahwa bermain dengan lawan jenis ada bahayanya jika terlalu lama dan berlebihan

Yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan :
1.    Jangan biarkan anak terlalu bercampur dengan lawan jenis ketika di sekolah
2.    Berikan pembelajaran tentang apa perbedaan antara laki-laki dan perempuan
3.    Pastikan anak di jemput oleh orang tua atau sanak sodaranya bukan oeh orang lain
4.    Berikan pendidikan tentang seksual yang mendasar agar anak tau mana yang harus di hindari
5.    Jangan memberikan contoh tidak benar pada anak anak muridnya

Yang harus dilakukan oleh lembaga pemerintah :
1.    Pemerintah harus bertindak cepat bila ada kasus pelecehan seksual yang terjadi jngan terlalu di diamkan begitu lama
2.    Pemerintah harus memberikan hukuman pada pelaku pelecehan tanpa memandang siapa dia baik public figure ataupun rakyat biasa
3.    Berikan peraturan atau undang undang yang menegaskan bahwa bagi pelecehan seksual harus di hokum denngan seberat beratnya bahkan sampai jatuhan hukuman mati.


Post a Comment for "Pencegahan Pelecehan Seksual Terhadap Anak"