Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Ampuh Merawat Bayi Yang Baru Lahir

Merawat Bayi Yang Baru Lahir



Anugerah yang paling sempurna bagi seorang ibu ialah mendapatkan momongan dan yang di tunggu tunggu dan menegangkan adalah proses lahirnya sang buah hati. Setelah sang bayi lahir banyak pertanyaan yang timbul dalam benak seorang ibu khususnya bagi ibu yang baru pertama kali mengalami persalinan tentang bagaimana dan apa yang harus di lakukan pertama kali dalam mengurus sang buah hatii. Seperti tanda tanda bayi yang sedang menangis, waktu memandikan dan memberi makan bayi serta gejala gejala lain yang timbul dari bayi yang baru lahir.

Jika di tanya apakah mengurus bayi itu mudah? Tentu tidak, pasalnya banyak sekali yang harus di perhatikan dalam tubuh bayi. Termasuk merawat kesehatan sang buah hati.
Berikut adalah rangkaian yang harus di lakukan seorang ibu dalam mengurus dan merawat sang buah hati yang baru saja di lahirkan yakni :

1.    Melakukan perawatan pada tali pusar sang bayi yang di lahirkan. Caranya yaitu dengan air yang matang dan biarkan terbuka agar tali pusar cepat mengering

2.    Melakukan perawatan pada mata sang bayi. Caranya yaitu dengan memberikan pijitan lembut di sekitar sudut bayi dan untuk membersihkan tahi mata gunakan cotton buds atau kapas lembut agar tidak melukai mata sang bayi

3.    Melakukan perawatan kulit sang buah hati. Dengan cara memandikannya sehari satu kali karena bayi tidak tahan denngan udara dingin. Pakaikan sabun mandi bayi dan minnyak kulit bayi agar kulit bayi tetap dalam keadaan lembab dan sehat. Untuk mengobati biang keringat pada bayi cukup saja gunakan bedak atau talek khusus bayi.

4.    Melakukan perawatan pada kulit kepala sang bayi. Caranya yaitu dengan mengoleskan babby oil pada bagian kepala yang kering selama 10-15 menit dengan pijatan yang lembut agar tidak melukai kulit kepala sang bayi.

5.    Melakukan perrawatan pada rambut sang buah hati. Bisa dengan memakaikan shampoo khusus bayi ketika sedang mandi. Tidak hanya dengan shampoo ibu juga bisa menggunakan daun seledri untuk merangsang tumbuhnya rambut.

6.    Melakukan perawatan pada hidung bayi. Yaitu dengan menggunakan kain lembut untuk menghilangkan kotoran ataupun cairan hidung yang keluar.

7.    Melakukan perawatan pada telinga sang bayi. Cukup dengan menggunakan cotton buds untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam telinga

8.    Melakukkan perawatan pada bokong bayi. Jangan terlalu sering memakaikan popok pada bayi cukup saja ketika saat sedang bepergian dan tidur malam. Gunakan produk popok yang cocok dengan kondisi kulit bayi agar tidak terjadi iritasi kulit

9.    Memberikan asupan ASI pada bayi setiap waktu yang di butuhkan

10.    Memperhatikan saat bayi buang air kecil dan buang air besar untuk membersihkannya dengan segera agar bayi selalu nyaman

11.    Perhatikan dan memahami aktivitas yang paling tidak disukai oleh bayi, seperti ketika bayi di mandikan, mengganti pakaian dan di beri obat untuk mata dan telinga nya.

12.    Berikan suasana yang nyaman dan aman bagi bayi yaitu pelukan hangat dari sang ibu.

Post a Comment for "Tips Ampuh Merawat Bayi Yang Baru Lahir"