Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips merawat kulit bayi agar tetap lembut,Halus dan sehat

Merawat kulit bayi agar tetap lembut,Halus dan sehat


    Kulit bayi adalah salah satu anggota badan yang harus diperhatikan. Karena selain mudah terserang penyakit dan rentan sekali bersentuhan dengan benda lain juga menjadi perhatian akan keadaan kulitnya baik tetap selalu lembut, halus dan sehat. Semua ini menandakan kulit bayi adalah hal yang sangat Nampak diluar anggota tubuh. Maka apabila kita merawat nya dengan baik hasil nya pun akan baik.

    Diantara tips dalam merawat kulit bayi yaitu:
1.    Kulit bayi di mandikan dengan air hangat
2.    Pakailah sabun yang khusus untuk bayi, kira-kira pH-nya 4,5 – 5.
3.    Janganlah menggosok kulit pada bayi apabila keadaan tubuhnya masih sensitive. Biasa nya ditandai dengan lapisan vermix caseosa.
4.    Basuhlah badan atau tubuh bayi, jangan sampai meninggalkan sisa sabun atau busa karena akan mengakibatkan anak tidak bersih yang ada mengundang kuman menempel pada tubuhnya.
5.    Keringkan air yang ada ditubuhnya dengan mengusap atau meng lap nya dengan handuk yang lembut sekali.
6.    Jauhi penggosokan dengan handuk atau kain yang lainnya saat mengeringkan badan. Karena sangat berbahaya pada kulit yang sensitive dan nantinya akan menimbulkan iritasi.
7.    Setelah kering, kemudian berilah bedak dan minyak telon untuk menghangatkan tubuh bayi, dan hindari tubuh yang sangat rentan mengeluarkan keringat seperti ketiak, kelamin dan leher. Hal ini akan menimbulkan penyakit kulit yang berasal dari keringat yang bercampur dengan zat lain seperti bedak.
8.     Kenakan pakaian pada bayi apabila langkah-langkah diatas, seharusnya bahan nya dari katun agar anak terasa nyaman dan kehangatan. Kemudian ukuran nya jangan terlalu ketat dan longgar. Kalau bisa sedang saja agar anak dapat bergerak dengan bebas.




Disamping tips di atas apabila anda memiliki bayi yang senstif dan perlu perawatan khusus ada tips sederhana dibawah ini:

1.    Kulit yang lembut pada bayi diberi Body lotion yang tidak mengandung zat kimia atau minyak nabati, juga tidak terdapat bahan yang mengandung pewangi.  Usahakan atas sepengetahuan dokter atau resep dari apotik.
2.    Agar kulit anak tidak terserang iritasi maka jangan memberikan sabun yang anti bakteri. Karena selain bahan nya dari jenis-jenis yang keras dalam sifat nya pun membuat kulit anak kasar.
3.    Memandikan bayi setiap hari minimal 2 x sehari, apabila kondisi cuaca sedang memburuk kalau bisa jangan di mandiin secara sempurna bahkan walaupun cuacanya bagus jangan terlalu sering juga dalam memandikannya. Karena kulit anak akan sulit merespon akan hal yang terjadi diluar tubuhnya. ( belum bisa adaptasi baik terhadap cuaca, sentuhan seseorang atau lainnya).
4.    Apabila ingin selalu terjaga dengan baik maka lakukan sesuai dengan situasi dan kondisi anak juga lingkungan. 
   

Post a Comment for "Tips merawat kulit bayi agar tetap lembut,Halus dan sehat"