Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sederhana agar Bayi Cepat Berjalan





Ada beberapa  fase tumbuh dan kembang seorang anak mulai dari fase menjadi bayi, batita,  balita, remaja dan dewasa. Dari fase itu tentu dari setiap anak memiliki tempo yang berbeda  ada anak yang tumbuh dengan cepat ada pula anak yang tumbuh dengan lambat. Berbagai fase yang di alami seorang anak bisa kita  lihat dari awal merangkak sampai  lancar untuk berjalan. Hal demikian tentu masa yang paling di tunggu tunggu oleh seorang ibu dan ayah untuk melihat perkembangan  fisik sang buah  hatinya. Tak jarang kita melihat ada anak yang lebih utama pandai berbicara namun  ada pula anak yang lebih utama pandai berjalan ini tentu hal yang tidak lumrah lagi bagi anak anak di seluruh penjuru dunia.

Berdasarkan beberapa penelitian para ahli pada rentang usia 9 sampai 12 bulan anak sudah mampu dan lancar untuk berdiri, berjalan dan melangkahkan kakinya pada umur 14 sampai 15 bulan. Sebagai seorang ibu dan ayah kekhawatiran pasti muncul ketika pada usia yang seharusnya  anak sudah  mampu berjalan justru tidak berkembang. Selagi anak tersebut tidak memiliki kelainan pada kakinya ini masih bisa di atasi dengan baik. motivasi, dorongan dan dukungan yang di butuhkan anak harus terpenuhi dengan baik serta stimulasi atau rangsangan pun perlu anak dapatkan supaya anak berani untuk melangkahkan kakinya.

Bagi ibu yang resah akan tumbuh kembang anaknya ingin mengetahui bagaimana  cara atau tips sederhana agar anak mampu berjalan dalam tempo yang cepat, berikut ini paparannya :

1.    Pada usia 9 sampai 10 bulan Latihlah  anak untuk belajar berdiri sendiri dengan tegak.
Bantu sang buah hati dengan mengajaknya untuk berdiri tanpa pegangan selama kurang lebih setengah menit, jika anak jatuh maka berikan dukungan untuk dia berdiri dengan sendirinya

2.    Ketika anak belajar berdiri maka yang dilakukan ibu atau ayah  adalah memegang tangannya. Bantu anak untuk melangkahkan kaki kecilnya secara perlahan dan biarkan anak memegang satu tangan ayah atau ibunya.

3.    Ketika anak sedang dalam box tempat tidur maka latih dia untuk berdiri di dalam box itu kemudian bimbing untuk berjalan menyusuri bagian sisi box dengan pantauan dari orang tua sebagai pengawas agar terjaga keamanan anak.

4.    Berikan rangsangan atau stimulasi anak dengan membiarkan anak mengambil mainan yang di simpan di depan nya dengan berjalan agar anak terlatih kelenturan kakinya

5.    Biarkan anak mendorong sesuatu yang aman karena biasanya  anak senang berjalan sambil mendorong mainannya, tentu harus di dampingi  oleh orang tua agar anak tidak celaka.

Adapun beberapa cara sederhana yang harus di penuhi agar anak cepat berjalan yakni :

1.    Melengkapi nutrisi dan gizi sang buah hati karena secara global anak pada usia ini adalah masa masanya untuk tumbuh
2.    Berikan anak susuu formula yang kaya dengan kalsium dan zat besi agar tulang anak kuat
3.    Jangan terlalu sering memakaikan popok kepada anak, kurangi menggendong anak.
4.    Berikan pijatan lembut pada kaki anak
5.    Gunakan box agar bayi leluasa untuk melakukan aktivitas termasuk berjalan

Post a Comment for "Tips Sederhana agar Bayi Cepat Berjalan"