Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahayanya Jika Ketombe Dibiarkan Terus Berada Di Kepala Anda



Mungkin Hampir Separuh dari penduduk di Dunia pernah mengalami yang namanya ketombean di kepalanya, entah karena orang tersebut jorok dan jarang keramas atau karena terinfeksinya kulit kepala mereka oleh semacam jamur yang memicu berkembangnya ketombe di kulit kepalanya, atau mungkin juga karena bahan kimia yang tidak cocok di kulit kepalanya, akibat ketidakcocokan dengan beberapa produk shampo juga bisa berakibat tumbuhnya ketombe, namun di luar itu semua pastinya hingga kini belum ada satu kepastian yang menjadi tersangka penyebab ketombean di kepala anda, bahkan beberapa ahli pernah mengatakan bahwa jamur adalah sumbernya, pernyataan ini dilandasi pengertian bahwa jamur dapat berkembang biak dengan pesat pada bagian folikel rambut yang memproduksi kelenjar sebum di kepala anda. Secara ilmiah Ketombe atau dalam istilah medis disebut juga pytiriasis sicca disebabkan oleh jamur Mallasezia. Seperti halnya infeksi jamur lainnya, kondisi ini bisa diatasi dengan pengobatan. Tapi berbahayakah jika tidak diobati ?

Hmmm dalam kesempatan ini kita tidak perlu membahas lebih serius tentang asal muasal ketombe di kepala anda, yang jelas jika anda tidak ingin ketombean anda harus rajin merawat kesehatan dan kebersihan kuli kepala anda, tapi yang terpenting anda harus tahu bahwa ternyata ketombe itu cukup berbahaya jika di biarkan terus berada di kepala anda, walaupun "Berbahayanya dalam tanda kutip ya, karena tidak sampai mematikan atau membuat anda meninggal dunia. karena Ilmu kedokteran telah menganggap bahwa ketombe itu sebagai salah satu infeksi yang bisa sangat berbahaya bagi kulit, rambut, dan akhirnya ke seluruh tubuh. Mengapa demikian ? silahkan simak penjelasannya tentang efeksamping jika anda ketombean di bawah ini :

1. Menyebabkan Gangguan Pola Hidup Yang Buruk

Ketombe bisa sangat menjengkelkan, jika anda tidak bisa menahan diri untuk tidak menggaruk rambut anda saat sedang di tempat keramaian atau tempat - tempat resmi, kadang, hal ini bisa terkesan memalukan dan menganggu. Apalagi kalau sifat kulit kepala anda kering, bisa menimbulkan rasa gatal dan kulit kepala dapat mengelupas dan terjadi infeksi, selain itu anda akan sulit tidur karena rasa gatal yang mengganggu di kulit kepala anda, oleh sebab itu jagalah kulit agar tidak berminyak, terutama pada hari-hari di musim panas. Caranya, anda bisa menggunakan pelembab shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda.

2. Menyebakan Rambut Rontok

Infeksi Ketombe akan menghancurkan bahan-bahan alami dari kulit kepala, sehingga rambut jadi rontok, Jika anda ketombeean, maka anda harus siap menghadapi risiko rambut rambut rontok saat terjebak dalam serangan ketombe di rambut. Meskipun produsen minyak rambut mengklaim berhasil mengatasi ketombe, tapi tetap saja ketombe tidak bisa tersingkir dari rambutmu selamanya.

3. Menyebabkan Timbulnya Jerawat

Ketombe dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit kamu dengan tumbuhnya jerawat, yang sebagian besar menjadi infeksi kulit. Kalau kamu membiarkan ketombe tak diobati atau tanpa pengawasan untuk jangka waktu lama, maka ketombe bisa memperluas wilayah. Dalam hal ini jelas akan mengorbankan kulit sehingga jadi makin buruk. Menurut pendapat ahli dermatologis, ketombe memiliki kemampuan yang kuat untuk mengembangkan resistensi terhadap berbagai obat-obatan dan hal-hal lain yang anda gunakan untuk melawannya.

4. Menyebabkan Asma

Memang bukan secara langsung efeknya, tapi saat ketombe anda berjatuhan di bahu, anda mungkin akan mengalami infeksi paru-paru, dalam kasus ini anda tidak dapat melihat butiran ketombe yang sangat halus tapi anda sedang menghirupnya. Ini adalah efek samping yang mengerikan dan bisa sangat berbahaya bagi paru - paru anda. Intinya Butiran Ketombe itu mengandung bakteri dan juga jamur berbahaya, dan sebagian besar efek samping dari ketombe memang sangat berbahaya serta selalu menyebabkan masalah yang mengerikan. 

Sebenarnya Banyak Cara Mengatasi dan menghambat Tumbuhnya ketombe di kepala anda dengan berbagai bahan alami, Bahan alami tersebut yakni garam, lidah buaya, minyak almon, jeruk nipis, dan minyak zaitun. Langsung saja kita simak cara penggunaanya di bawah ini : 

1. Minyak zaitun

Bahan alami ini dapat anda beli di bagian bahan-bahan dapur di supermarket. Cara penggunaanya yakni balurkan minyak zaitun secukupnya pada kulit kepala, lakukan pula pemijatan secara perlahan. Setelah itu diamkan selama 30 menit, barulah keramas seperti biasa untuk membersihkan rambut anda.

2. Daging lidah buaya

Lidah buaya atau aloevera ini bersifat mendinginkan serta menyehatkan kulit kepala anda. Cara penggunaanya yakni dengan menghaluskan daging lidah buaya secukupnya, setelah itu oleskan pada kulit kepala anda. Diamkan selama 15 menit dan langkah terakhir yakni membersihkan rambut dengan keramas seperti biasa.

3. Jeruk nipis dan santan

Kedua campuran bahan alami ini ternyata cukup efektif untuk menghilangkan ketombe. Cara penggunaanya yakni dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dan santan segar, masing-masing dengan takaran 100 ml. Setelah tercampur rata kemudian oleskan pada kulit kepala anda secara merata sambil lakukan pemijatan secara perlahan. Setelah itu diamkan dulu selama 30 menit barulah bersihkan dengan keramas seperti biasa.

4. Garam

Cara menghilangkan ketombe dengan garam yakni dengan membasahi rambut serta kulit kepala terlebih dahulu kemudian taburkan garam secukupnya keseluruh kulit kepala anda. Setelah itu, anda bisa meggosok-gosokan garam tersebut dengan perlahan. Langkah trakhir yakni bilas menggunakan shampo sampai bersih.

5. Minyak almon

Untuk menggunakan minyak almon, anda bisa mengoleskan minyak alon pada kulit kepala sampai merata. Setelah itu lakukan pemijatan dengan lembut dan perlahan. Gunakanlah handuk untuk membungkus kepala, namun terlebih dahulu handuk dicelupkan ke air hangat. Setelah itu bersihkan rambut anda menggunakan shampo

Tidak ada jaminan bahan - bahan di atas apakah ampuh atau tidak, yang jelas bahan - bahan itu sudah di gunakan oleh nenek moyang kita sejak ribuan Tahun yang lalu untuk mencegah timbulnya ketombe di kulit kepala mereka.


Post a Comment for "Bahayanya Jika Ketombe Dibiarkan Terus Berada Di Kepala Anda"