Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

beberapa hal yang membuat anak semangat bersekolah setelah liburan


hal-hal yang bisa membuat anak semangat bersekolah kembali setelah pergi liburan
        kemalasan seorang anak belajar biasanya diakibatkan anak terlalu lama menikmati liburan baik sebentar maupun lama. Karena dengan tidak terkontrolnya anak saat liburan akan mengakibatkan beberapa factor bagi kecerdasan dan kesehatan fisik dan skis anak. Diantaranya:

1.  Anak akan berpikir agak lambat dan terjadi kurangnya konsentrasi pada otak anak.

2.  Tangan dan anggota tubuh anak akan terasa kaku apabila tidak dibiasakan belajar baik menulis atau membaca.

3.  Anak akan menjadi manja dan terbebas karena tidak adanya tata tertib disekolah.

4.  Anak akan merasa keenakan dalam bermain sehingga tidak mau belajar atau sekolah apabila hari libur sudah habis.

Disamping factor diatas dan akibatnya. Bagi para orang tua seharusnya memperhatikan hal-hal yang dapat mengupayakan anak bersemangat kembali sekolah walaupun setelah menikmati hari libur yang panjang. Diantaranya:


1.  Terbiasa tidur lebih awal seperti halnya sekolah. Karena sebagian anak akan berpikir merasa santai untuk tidur karena besoknya tidak akan pergi sekolah.

2.  Anak tidak bangun siang. Harus selalu dijadwalkan rutin anak bangun jam berapa kalau bisa subuh atau dini hari.

3.  Orang tua hendaknya menyiapkan alat-alat sekolah dengan menyimpannya dengan rapid an tidak disimpan dimana saja. Hal ini bertujuan agar anak tidak bermalasa-malasan dan berpikir bersekolah itu menyenangkan karena kerapiannya.

4.  Pada saat libur usahakan tetap belajar walaupun tidak seformal saat disekolah. Biasakan anak untuk membaca buku atau orang tua membahas pelajaran yang sudah dipelajari oleh anak.

5.  Agar anak tidak bosan sudah seharusnya orang tua memberi sesuatu yang baru pada anak, baik buku baru, pensil baru, tas baru bahkan seragam baru. Tetapi hal ini seuaikan dengan kondisi ekonomi keluarga juga.

6.  Mengisi hari libur dengan acara kegiatan yang bermanfaat baik karya wisata ataupun bermain di lingkungan keluarga.

7.  Mengadakan pendekatan dari pihak orang tua kepada anak guna mengganti pengajaran disekolah baik mendidik, melatih, mengajar ataupun membimbing.

8.  Jadikan suasana rumah seperti disekolah. Hal ini mengacu anak mebayangkan dan menarik perhatian anak untuk belajar dan apabila ada imajinasi yang kurang. Akan membuat anak ingin pergi lagi bersekolah untuk belajar berimajinasi dan berkarya lebih kreatif lagi bersama gurunya disekolah. Yang selanjutnya anak akan ingin menerapkannya di rumah.

9.  Membiarkan anak bermain dengan teman sekolahnya guna agar anak dapat mengeksplorasikan hari liburnya kepada sebayanya. Dan membuat anak memiliki prinsip untuk menjadi peserta didik yang lebih baik disbanding teman-temannya.

Dari upaya diatas akan membuahkan seorang anak yang mandiri apabila bersekolah. Tidak akan merasa manja bahkan merasa terpaksa saat mau berangkat belajar ke sekolahnya.

      


Post a Comment for "beberapa hal yang membuat anak semangat bersekolah setelah liburan"