Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri anak sehat


Info Anak dan Balita | Kesehatan untuk setiap manusia sangat lah penting untuk di perhatikan apalagi anak usia dini, kondisi yang tidak stabil pada ketahanan tubuh nya menjadi pendukung timbulnya jenis penyakit yang tidak bisa di prediksi sebelumnya. Maka kita harus mengetahui ciri-ciri yang sehat dan sebalik nya, hal ini betujuan agar kita bisa mengantisipasi dalam menjaga kesehatan tubuh pada anak dan orang tua nya.

Di bawah ini adalah ciri-ciri anak yang sehat yaitu :

  1. anak memiliki postur tubuh yang sangat ideal baik berat badan maupun tinggi badan nya. Karena apabila berat badan anak berbeda dengan anak lain seusianya harus segera di periksa apakah hal demikian hanya efek dari kesehatan yang sewajar nya atau tidak.
  2. Pada tumbuh kembang anak dapat seimbang antara fisik dan pemikirannya. Sehingga anak berpotensi sangat semagat dalam melakukan apapun.
  3. Dalam perilaku kesehariannya, anak akan terlatih untuk aktif, gesit, cekatan, bisa berkonsentrasi dan selalu ceria. jika anak seperti kurang konsentrasi, klik tulisan kami tentang tips mengatasi anak yang kurang konsentrasi.
  4. Kondisi mata anak sangat cerah dan tampak bersinar. Bahkan pada wajah nya terasa segar dan bugar sekali.
  5. Dalam pola makan dan minum teratur dan sangat memperhatikan kandungan gizi pada makanan tersebut.
  6. Kondisi tubuh lain pada anak terlihat tidak kering, apalagi pada rambut nya tidak terjadi rontok atau berwarna sangat berbeda dengan biasa nya.
  7. Anak yang sehat biasa nya dapat menyesuaikan diri pada lingkungan sekitar nya baik terhadap diri nya sendiri , keluarga maupun orang lain. Adapun contoh nya yaitu :


  • Dapat mengurus diri sendiri, seperti mandi dengan teratur dan berpakaian rapih dan sopan.
  • Kecerdasan dalam segala kemampuan nya sangatlah berkembang, baik dalam bicara nya, menulis, menggambar, mengungkapkan argument dan bereksplorasi yang lain.
  • Secara psikologi , anak akan berkembang secara wajar tidak terlalu hiper aktif, tapi peka dan tidak pendiam, kecerdasan nya selalu bertambah dan kepekaan pada hati nya untuk meningkatkan kemauan dan minat dalam bereksplorasi.
  • Dalam realita nya anak akan memiliki kelebihan dalam kreatifits yang beragam, seperti dapat mengangkat pundak nya saat tengkurap atau melakukan olahraga yang lain nya.



Selain ciri-ciri di atas sangat banyak sekali ciri yang lain. Maka kita harus mencari tahu ciri anak yang tidak sehat di antara nya yaitu:

  1. Dalam pola makan anak sangat lah tidak teratur, dan tidak bisa di beri makanan dengan jenis tertentu atau bisa di bilang alergi .
  2. Terlihat secara fisik anak lesu, tidak aktip, dan rewel
  3. Pertumbuhannya sangat lamban, daya tangkap anakpun berkurang cenderung murung dalam kesehariannya
  4. Dalam segi sosial anak cenderung tidak mau bermain dengan sebayanya, tidak gembira
  5. Tidak mau lepas di pangkuan ibu



Anak sehat memang menjadi kebanggaan untuk para ibunya dengan ank sehat maka petumbuhan dan perkembangannya tidak akan terganggu dan dengan bertambah usia anak akan terlihat sekali bik secara daya tangkap, Bahasa maupun fisik anak. Akan tetapi sebaliknya  ketik anak tidak sehat itu menjadi ke khawatiran bagi para orangtua khususnya ibu karena kondisi fisik anak dan pertumbuhan anak yang sangat berperan penting adalah ibu. Jadi buat para ibu atau clon ibu haruslah memperhatikan pola asuh yang benar bik itu asupan makanannya ataupun cara pengawasan dalam memperhatikan tumbuh kembangnya anak, jangan sampai lalai kita sebagai orangtua terutama ibu.

Post a Comment for "Ciri-ciri anak sehat"