Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak film kartun pada perkembangan otak anak


Info Anak dan Balita | Film kartun merupakan suatu tayangan animasi gambar yang di buat seperti kehidupan aslinya. 75 % film kartun memuat kehidupan dengan sangat mengesankan dan memiliki imajinatif yang tinggi. Maka sangat tidak heran apabila anak cenderung suka melihat film kartun, dan sebagai orang tua yang baik kita harus mengetahui film kartun yang mana yang dapat berdampak baik dan buruk kepada anak. Kita tahu sendiri sekarang tidak hanya di televisi, film kartun ini ada juga di gadget-gadget kita, dan gadget juga punya pengaruh terhadap anak lho, di artikel sebelmunya kita sudah bahas tentang dampak gadget terhadap anak. nah salah satu konten di gadget ini adalah film kartun, dan orangtua harus tahu dampak film kartun ini. 

Dampak negative melihat film kartun pada otak anak yaitu : 

Kartun yang tidak mengandung pendidikan akan membuat anak tidak mau sekolah dan tidak akan menerima didikan oraang tua nya.
Anak akan kecanduan melihat tayangan film yang sangat menarik dan membuat anak tidak disiplin pada waktu baik untuk belajar, membantu orang tua bahkan waktu untuk beribadah kepada Allah swt.
Film kartun yang mengandung alat-alat untuk bertarung seperti film Naruto, boboboy, avatar atau yang mengandung pertenkaran dan permusuhan akan berdampak pada akhlaq anak yang kemungkinan besar akan menuruti sikap yang di lihat nya. Contoh dampak kartun lain yang berdampak pada anak yaitu :






  • Banyak nya keluhan dari masyarakat akan adanya film kartun sinchan , karena ada beberapa isi yang menampilkan fornografi atau kekonyolan yang tidak senonoh yang di lakukan anak-anak terhadap orang yang dewasa.
  • Untuk film doraemon , mengenai sikap yang di aktorkan oleh nobhita menampilkan karakter yang kurang edukatif , yakni dengan sikap Nobhita yang ingin instan dan pemalas.
  • Pada film Naruto , selain menimbulkan karakter kekerasan pada anak juga akan membuat sikap yang sangat misterius dan menimbulkan anak bergaya sangat berbeda dari sebelum nya karena melihat film Naruto dengan wajah tertutup atau menyembunyikan identitas diri nya membuat anak minder atau lainya.
  • Film kartun tom and Jerry membuat anak melakukan hal-hal yang humoris tetapi merusak keadaan, dan sikap mereka yag saling bertengkar, membuat jebakan dengan berbagai kecurangan akan membuat anak merealisasikan nya di kehidupan sehari-hari.



Dampak Positif dari melihat film kartun pada otak anak

  1. Dari film kartun dengan kecanggihan teknis yang sangat imajinatif dan kreatif seperti ilmu yang di tampilkan merujuk ke masa depan yang sangat hebat, jenius, dramatic dan heroic .dan juga penerapan warna-warna pada gambar nya juga sangat unik dan menarik sekali untuk membuat anak menyukainya.
  2. Flm kartun yang memiliki pesan edukatif sangat bagus sekali membuat anak untuk terus berkarya dalam mengembangkan daya piker dan daya cipta nya. Karena hampir 75 % pembelajaran di TK/RA/PAUD belum memberikan praktik secara sempurna.


Dari fakta-fakta yang di dapat diatas dampak negative dari film kartun sangat banyak dari pada positive nya . tetapi dengan adanya dampak positif tersebut orrangtua harus dapat memilih film kartun yang tepat dan baik untuk perkembangan edukatif anak dan kreatifitas seta imajinasinnya. untuk mengasah kemampuan anak tentunya kita jangan terpaku pada peralatan teknologi yang serba canggih. ada lho cara sederhana, baca tulisan kami tentang cara paling efektif untuk mengasah kemampuan anak. mudah-mudahan artikelnya bermanfaat ya bunda :)

Post a Comment for "Dampak film kartun pada perkembangan otak anak"