Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Gadget terhadap anak

Dampak Gadget terhadap anak usia dini


    Gadget merupakan suatu alat teknologi yang sangat menunjang pada kemajuan modern di  seluruh dunia. Perilaku anak usia dini yang sangat tinggi rasa ingin tau nya membuat alat ini menjadi salah satu pengaruh bagi anak baik positif maupun negative. Maka hal yang terpenting adalah bimbingan dari orang tua atau orang dewasa bukan masalah gadget nya.

    Sikap yang memungkinkan di lakukan anak usia dini terhadap gadget yaitu:

1.    Anak sudah bisa berinteraksi  terhadap computer dengan cara memegang nya , memijit-mijit keyboard yang sudah di ajarkan oleh orang tuanya.
2.    Setelah interaksi pertama dan anak mengenal apa saja yang di ajarkan, selanjut nya nak akan berekplorasi sendiri terhadap fungsi computer atau handphne yang lainnya. Seperti membuka situs web internet.
3.    Selanjut nya anak akan mencari kehidupan social yang lebih luas dengan tujuan menyalurkan apa yang sudah di eksplorai nya dan mencoba ingin mengetahui apa yang ada di luar diri nya serta gadgetnya.
4.    Terakhir akan ada rasa candu dari dalam diri anak tersebut mengenai gadget nya. Apabila orang tua tidak memberi batasan untuk mengoerasikan nya anak akan mendapatkan dua kemungkinan menggunakan alat gadget tersebut dengan positif atau bahkan hanya memperburuk pemikiran anak saja.



Sebenar nya menggunakan alat gadget itu dapat bermanfaat sekali bagi oranng dewasa berbeda hal nya dengan anak usia dini, mereka  tidak akan konsisten dalam menggunakan nya sikap kebebasan yang terjadi akan membuat anak terkendalikan oleh kenyamanan gadget.

Dampak Negatif gadget terhadap anak Usia Dini

•    Anak akan merasa puas atas ilmu yang di eksplor nya, mereka akan terlena dengan hasil yang sangat lengkap dan instan serta menjadikan mereka berpotensi tidak berfikir mandiri dalam bertindak.
•    Teknologi gadget akan membuat generasi yang akan datang sangat sulit mengerjakan hal rumit. Anak akan merasa mudah mencari informasi apa saja tanpa mengahabiskan waktu yang lama.
•    Pemikiran Anak akan terealisasikan secara dangkal dan kurang kreatif dan berinfatif.
•    Turunnya konsentrasi pada pembelajaran secara manual, baik di sekolah , dirumah maupun di  masyarakat.
•    Dalam menyelesaikan permasalahan anak akan kesulitan dalam analisis yang seenar-benar nya karena terobsesi dengan hasil yang sudah di sediakan dalam gadget.
•    Akan membuat anak tidak mau menulis dan kurang minat untuk membaca buku. Karena memainkan gadget akan lebih menyenang kan denan tampilan yang unik dan menarik.
•    Dalam bersosialisasi anak akan sulit merangkai kata dan sulit untuk berteman.


Selain pengaruh negative kita juga harus memberikan gadget dengan mendukung pada kualitas anak kita di zaman modern ini yaitu :
•    Anak akan mudah mengetahui informasi yang pentingg baik tentang pendidikan, ekonomi maupun social dan politik
•    Anak akan mudah membangun kerja sama secara praktis dan berelasi dengan mudah.
•    Anak akan memiliki contoh kreatifitas yang di berikan alat gadget tersebut dengan cara meniru nya tetapi tetap harus di sertai bimbingan orang tua atau guru.

Post a Comment for "Dampak Gadget terhadap anak"