Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Factor-faktor pertumbuhan dan perkembangan anak


info anak dan balita Pertumbuhan dan perkembangan merupakan suatu perubahan sesuatu hal baik fisik maupun skis pada anak. Ke dua aspek biasa nya dapat bekerja secara seimbang secara sistematis demi mencapai ranah menuju progressif.
Secara umum factor yang mempengaruhi tumbuh dan kembang nya anak yaitu terbagi menjadi dua yakni factor internal dan factor eksternal. Disini akan di jelaskan factor-faktor tersebut dengan sangat jelas, yakni:



1.    Factor internal / factor dari dalam

•    Tumbuh dan kembang anak di pengaruhi oleh gen dari kedua orangtua nya. Hal ini merupakan factor yang sangat berpengaruh.
•    Anak terpengaruh dengan hokum rasa atau budaya yang sudah di rasakan dari sejak lahir hingga dewasa. Contoh di suku tertentu apabila ingin memiliki anak yang tinggi harus bagaimana dan bebuat apa.
•    Faktor religious seorang anak ,akan berpengaruh pada perkembangan skis nya . kemungkinan besar juga dalam kegiatan religi tersebut dapat meningktkan pertumbuhan dan penstabilan tubuh seperti melakukan shalat .
•    Factor yang terakhir ini mencakup emosi dan intelegensi , jadi apa yang sudah melekat pada diri masing-masing akan berpengaruh sekali bahkan hasil intelegensi yang Allah anugerahkan dan di operasikan oleh makhluk nya dengan baik akan membuahkan hasil yang sempurna .


2.    Factor eksternal atau factor dari luar
•    Dalam bidang budaya , biasa nya anak akan tumbuh kembang dengan kegiatan-kegiatan yang d selenggarakan di lingkungan nya.
•    Dalam bidang pendidikan, lembaga sekolah yang menjadi tempat belajar, sangatlah membantu para orangtua dalam mendidik , melatih dan membimbing ank-anka nya.
•    Dalam bidang ekonomi, hal ini adalah sesuatu yang berpengaruh menunjang semua factor yang sudah di jelaskan . karena apabila financial keluarga tidak mencukupi akan membuat anak lambat dalam pertumbuhan fisik nya, dan untuk mengembangkan segala kemampun pada diri nya tidak terealisasikan.
•    Dalam hal kesehatan, kandungan zat yang terdapat di dalam makanan . mulai dari kandungan nutrisi, karbohidrat, lemak, protein , vitamin dan mineral. Kondisi tumbuh kembang anak bukan hanya terjadi dengan biasa saja tetapi akan tercapai dengan sangat baik dan cepat.
•    Dalam pengaruh etika atau akhlaq seorang anak seperti penyimpangan yang keluar dari biasanya, baik sebuah penyakit atau pun kecelakaan yang akan menghambat .
•    Dalam bidang olahraga , anak dapat di beri stimulus dengan lebih produktif. Sehingga cederung anak lebih aktif dan sehat tampak segar sekali.
•    Di lihat dri urutan anak , misalnya anak petama selalu menjadi pusat perhatian baik dalam pemberian ekonomi , edukasi maupun kasih sayng nya. Dan dalam pertumbuhan yang sangat normal terjadi bahwa percepatan dan hasil tumbuh nya fisik seorang anak pertama akan lebih rendah dari pada yang kedua nya. Terkecuali perhatian yang di fokuskan terus ke yang pertama saja maka tetap saja sama dalam pertumbuhan nya.

Post a Comment for "Factor-faktor pertumbuhan dan perkembangan anak"