Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-hal yang bisa membuat anak semangat dalam belajar


Info Anak dan Balita |  Sebelumnya Bunda bisa lihat artikel kami tentang  faktor yang menyebabkan anak tidak mau sekolah, agar bunda tahu kenapa anak malas ke sekolah. setelah itu baru baca artikel ini :)

Pada prinsipnya belajar lah yang harus menjadi motivasi utama untuk semangat dan keceriaan dalam hidup. Karena segala kehidupan erawal dari hal yang tidak di ketahui, maka untuk bisa mencapai pengetahuan terhadap yang ada di dunia ini dengan cara belajar, anak dapat berjalan dan tumbuh dengan baik dari sejak lahir karena di latih oleh ibunya untuk bisa beradaptasi, anak bisa makan , minum , mandi dan perbuatan yang lainnya karena dengan belajar terlebih dahulu.

Maka sangat mengherankan apabila anak tidak mau makan, minum, mandi , sekolah dan lainnya. Padahal mereka sudah belajar dan sudah bisa. Penyakit dari masalah ini tidak lain hanyalah malas. Menjadi manusia yang taat kepada Allah dialah yang senantiasa belajar dan terus belajar walaupun sudah tahu.

Terus bagaimana tips agar anak dapat semangat dalam belajar baik masih sejak dini maupun sudah dewasa . diantaraya:


1. Berikan anak perhatian yang sangat penuh untuk belajar baik dari pihak orangtua atau lingkungan nya. Jangan biarkan anak belajar dengan orang-orang yang malas dalam belajar.

2. Jangan berikan anak sesuatu yang dapat membuat anak tidak mau sekolah . seperti :

  • Tidak menyeimbangkan waktu belajar dengan bermain, sehingga anak cepat bosan belajar apabila waktu untuk bermain tersedia hanya sedikit.
  • Anak di ikut campuri dengan masalah keluarga sehingga broken home dan minder untuk pergi belajar.



3. Berikan motivasi yang banyak kepada anak untuk terus belajar, yang di mulai dengan memanjakan nya untuk sekolah dan terus mendorong dengan segala usaha yang sangat kreatif dan menarik untuk anak.

4. Jangan pernah memberikan tekanan yang menambah beban kepada belajar anak.

5. Anak terus di evaluasi dengan cara yang lebih kreatif oleh orangtua nya mengenai pembelajaran di sekolah. Hal ini juga dapat meningkatkan kedekatan dari orangtua kepada anak.

6. Apabila waktu libur tiba, gunakan lah rumah menjadi tempat belajar yang resmi dan di lakukan secara formal bagaimana di sekolah dengan berbagai keunikan dalam megajarnya.

7. Berikan lingkungan masyarakat yang sama-sama menyuaki belajar, dan mnjadikan motivasi untuk berkompetitif terus menerus dalam bersosialisasi.

Kadang juga anak tidak semangat ke sekolah setelah liburan. mengenai hal ini Bunda bisa baca artikel tentang Beberapa hal yang membuat anak semangat sekolah setelah liburan.

Selain hal diatas masih banyak sekali tips yang dapat membuat anak semangat dalam belajar. Yang harus menjadi perhatian adalah sikap orangtua yang mendukung kepada anak.  Karena 99% pendidikan itu berawal dari ibu dan ayah mereka barulah sekolah yang dapat meningkatkan semangat anak tersebut untuk bersekolah dan belajar. Bunda bisa membaca tentang "Cara paling efektif untuk mengasah kemampuan anak"

Hal yang menarik dari cerita seorang guru agar anak semangat belajar yaitu: ketika anak sedang belajar berilah anak permainan atau menyediakan waktu untuk istrahat, jangan biarkan anak tidak di perhatikan sedikitpun ketika belajar, maka seorang guru harus terus memperhatikan anak-anak yang bermasalah dalam belajarnya.

Post a Comment for "Hal-hal yang bisa membuat anak semangat dalam belajar"