Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hubungan antara lembaga sekolah dengan keluarga


Info Anak dan Balita | Hubungan merupakan suatu ikatan atau keterkaitan, yang mana pihak yang satu dapat berfungsi dengan baik dan membantu pihak kedua. Begitupun sekolah dan keluarga sangat memiliki hubungan yang sangat dekat khususnya dalam bidang pendidikan. Sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu peran dari masing-masing pihak terhadap pendidikan anak usia dini.

1.  Pihak keluarga

Keluarga merupakan suatu ranah pendidikan pertama yang di alami oleh anak. Di karenakan kondisi kedekatan mereka yang sangat dekat bahkan adanya hokum herditas dari orangtua kepada anak.
maka apa yang bisa di lakukan pihak keluarga anak bisa saja menuruti nya dan menjadi kan hal yang secara fitrah menempel pada dirinya. Secara umum fungsi dari keluarga selain mendidik yaitu :




  1. Menjadi tempat perlindungan anak-anak nya dari sikap yang tidak di inginkan baik terhadap dirinya maupun psikologinya.
  2. Menjadi tempat untuk melakukan afeksi dan rekreasi
  3. Adanya pegakuan status social kita tinggal di tempat tersebut.
  4. Menunjang ekonomi untuk kebutuhan di lingkungan social.


Menurut pakar psikologi fungsi ynag harus ada di dalam keluarga tesebut 99% di lakukan oleh sang ibu karena dari sejak lahir anak diberikan terus stimulus dari ibu dan perhatian yang sangat lebih dari pada yang lain. Ibu adalah sumber dari segala sumber kecerdasan dan kekreatifitasan anak, ibu senantiasa memberikan kasih dan sayang nya dengan penuh keikhlasan, dan menjadi pembimbing, pemelihara, dan pendidik yang sangat baik .

Ibu yang sukses tidak lain memiliki seorang ayah yang sukses, anak juga sangat butuh sekali pendidikan dari sang ayah. hal ini meningkatkan sikap pecaya diri yang tinggi dan memiliki karakter yang sangat baik dalam bertindak seperti halnya kerja keras ayah dalam mencari nafkah dan biaya hidup anak dan keluarga nya.

2.    Lembaga Sekolah


Sekolah merupakan tempat yang menjadi wadah untuk masyarakat guna mendapatkan pengetahuan dengan fasilitas pembelajaran yang cukup lengkap dan secara resmi pemerintah anggap penting.  di sekolah anak tidak gratis untuk bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik, biasanya ada administrasi yang di sediakan sekolah dan harus di ketahui dan di pemnuhi oleh pihak keluarga.

Adapun Hubungan pihak keluarga dengan lembaga sekolah yaitu :


  1. Keluarga menyekolahkan anak nya ke lembaga sekolah untuk mendapatkan pengajaran, bimbingan dana latihan dari sekolah dengan baik . sehingga anak dapat mengembangkan bakatt dan minatnya ke ranah intansi yang lebih tinggi.
  2. Program pemberdayaan ekonomi masyarakat dapat melalui biaya yang harus di penuhi oleh keluarga.
  3. Sekolah merupakan suatu perwakian intasi dari pemerintahan untuk mencapai cita-cita mencerdaskan bangsa dan masyarakatnya.


Post a Comment for "Hubungan antara lembaga sekolah dengan keluarga"