Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hubungan penyakit yang terjadi pada anak dengan pertumbuhan anak


   Info Anak dan Balita Penyakit yang sering terjadi pada anak biasanya sangat lah sulit di duga sebab dan akibatnya. Banyak anak yang terhambat pertumbuhannya karena sakit yang di derita tak kunjunng sembuh. Penyakit yang terjadi pada anak selalu terjadi secara rutin baik tiap hari, minggu ataupun bulanan.
Adapun penyakit yang di maksud yaitu :

1.    Terlambat nya anak dalam hal berbicara, hal ini di sebabkan karena anak memiliki masalah pada pendengarannya, tidak matangnya organ tubuh untuk bicara dan kurang nya stimulasi dari dalam dirinya dn genetic orangtua nya sehingga anak tidak bisa produktif dalam berinteraksi di lingkungan masyarakat.

Untuk mengatasi hal ini yakni :
•    maka berikan anak sebuah buku cerita yang berisikan gambar-gambar dengan sangat lebih menarik, karena anak sediikit demi sedikit akan mengenali gambar yang ada di depannya.
•    Saat berkomunikasi dengan anak , gunakanlah Bahasa yang sederhana dan selalu mengoreksi ucapan untuk di dengar oleh anak. Karena anak akan menyebutkan kembali apa yang kita ucapkan baik perkataan baik maupun buruk.
•    Berilah suatu reward kepada anak apabila dalam berkomunikasi dan bicaranya sangatlah baik .


2.    anak terhambat pada kemampuan berjalan pada usia 8 bulan- 18 bulan. Pada usia ini anak maih bisa di antisipasi dan mencari cara untuk menanggulanginya karena anak bukan tidak bisa berjalan tetapi sel otot nya belum siap.  Banyak penyebab yang menjadikan kondisi anak tidak sehat pada kakinya , salah satunya yaitu bentuk kaki dan berat badan anak lebih lambat tumbuh, factor keturunan dan kurang nya belajar berjalan pada waktu kecil nya. Adapun cara menanggulanginya yaitu :
•    tanamkan rasa kesabaran saat anak lambat dalam pertumbuhannya, berilah semangat yang tinggi pada anak agar dia tidak down dan menyerah.
•    Carilah bantuan seperti kursi plastic atau meja kecil sebagai alat bantuan . hal ini akan menjadikan anak bereksplorai dengan sendirinya.
•    Berikan semangat terus menerus dan berilah kegembiraan yang sangat penuh pada anak.


3.    Anak memiliki sikap Autisme
Autisme merupakan suatu sifat yang mengganggu pada fungsi otak yang sangat kompleks. Biasanya terjadi pada anak yang berusia tiga tahun. Hal ini di sebabkan anak kurang sosialisai dan imajinasi yang tidak di pakai, ada nya factor keturunan yang kuat dan anak terkena penyakit abnormal yang  berbahaya.  Pada masa abnormal ini anak tidak tertarik dengan hal apapun seperti anak yang lainnya.  Adapun cara untuk menanggulanginya yaitu :
•    Minta bantuan kepada tenaga professional , agar di berikan suatu pendekatan yang khusus agar menguasai karakter dan keterampilan yang di milikinya.
•    Berikan suatu fasilitas , untuk mendukung anak belajar lebih giat lagi, seperti media visual, waktu untuk berolahraga ataupun waktu yang penuh untuk bermain sambal belajar.

Post a Comment for "Hubungan penyakit yang terjadi pada anak dengan pertumbuhan anak"