Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis Permainan anak


Info Anak dan Balita Permainan merupakan suatu wahana untuk anak menerima suasanaa yang sangat berbeda dari sebelumnya, anak di berikan wahana wahana yang sangat menyenangkan dan permainan yang di berikan dapat merangsang perkembangan pada edukatif anak.

    Di Indonesia , khususnya di jawa barat sangat banyak sekali permainan anak yang sangat populer, dimulai permainan yang di lakukan sendiri dan permainan yang di lakukan secara berkelompok. Sebelum kita mengetahui jenis-jenis permainan, kita harus terlebih dulu mengatahui syarat yang baik pada permainan tersebut sehingga sangatlah cocok. Diantaranya :

1.    Berikan permainan yang bisa mengasah otak dan kecerdasan anak untuk mengembangkan imajinasinya.
2.    Jangan berikan permainan dengan benda yang berbahaya seperti besi atau benda tajam lainnya.
3.    Berikan permainan yang membuat anak bereksplorasi sendiri akan bakat nya, jadi berikan anak miniature fasilitas permainan yan mirip dengan kenyataannya, misalnya pisau plastic, piring plastic, boneka kartun yang di sukaiinya dan lain-lain.
4.    Berikan permainan yang sesuai dengan gender mereka, jangan berikan permainan laki-laki kepada perempuan atau pun sebaliknya.


 Permainan yang terkenal di lingkungan anak juga anak dewasa tidak lain adalah :
1.    permainan bola, banyak jenis permainan bola di antaranya: permainan sepak bola, bola basket, tenis meja bahkan permainan Bounce yang di sediakan pada aplikasi game handphone.  Permainan ini dapat melatih anggota tubuh agar terkoordinasi dengan baik dan mudah untuk berinteraksi social. Otak kanan dan kiri anak akan lebih berkembang secara produktif.
2.    Jenis permainan yang di lakukan di tanah secara berkelompok, contoh nya bermain kelereng, bermain petak umpet batu kerikil atau genting, dan permainan buah muncang, dan masih banyak yang lainnya.
3.    Permainan anak yang menyesuaikan dengan profesi pada kenyataan nya, sepeti bermain masak-masakan, berakting menjadi dokter dan membeli peralatan yang plastic nya, dan profesi lainnya dengan di dukung dengan miniature yang sudah di sediakan oleh orang dewasa untuk bahan permainan anak.
4.    Permaianan yang di gunakan untuk memecahkan masalah , jenis permainan ini sangat lah bersifat aktif dan membuat anak mengembangkan kekreatifitasannya dewasa nanti. Permainan ini biasa nya menjadi alat peraga yang edukatif yang di sediakan oleh lembaga sekolah yaitu :


•    Bermain fuzzle atau menyamakan gambar dan bentuk yang di pecahkan dan di susun secara acak. Anak disuruh untuk menyusunnya dengan rapih.
•    Menyamakan gambar, warna , angka dan huruf pada table permainan yang di simpan pada kertas karton .
•    Anak bermain dengan tangan nya atau di sebut juga tactile play . permainan ini akan membangun keterampilam pada jari jemari anak dengan meraba dan melihat benda di depannya.
•    Anak bermain dengan mengutamakan gerakan kasar pada otot besar nya.
Hal di atas memiliki tujuan yang sangat efektif untuk mengembangkan kecerdasan pada anak selain belajar. Anak akan belajar mengenal benda-benda alam secara langsung di eksplorasikan di dunia nya sendiri. Walaupun warna nya yang berbeda tetapi berikan anak bentuk yang sama pada benda atau buah-buahan yang di gunakan untuk bermain.

Post a Comment for "Jenis-jenis Permainan anak"