Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakteristik perkembangan pada anak Usia Dini


    Info Anak dan Balita Karakteristik merupakan sikap yang menonjol pada anak. Karakteristik perkembangan merupakan ciri-ciri yang terjadi pada fisik dan skis anak.

1.    Perkembangan yang terjadi pada fisik anak
Fisik manusia adalah suatu system dari organ yang sangat sempurna dan komplek. Terbentuknya fisik di awali pada periode pranatal  yang terjadi saat dalam kandungan atau Rahim ibu. Menurut pakar psikologi ada beberapa organ tubuh yang berkembang secara semupurna dalam diri manusia yaitu : system syaraf, otot-otot, kelenjar endokrin, dan struktur tubuh. 4 hal ini mendukung sekali dalam perkembangan :

1.    Sangat berpengaruh terhadap kecerdasan yang terjadi pada anak usia dini khususnya perkembangan daya pikir dan daya ciptanya serta dapat mengontrol emosi.
2.    Dapat mmeningkatkan kekuatan dan kemampuan pada motoric kasar dan halus anak.
3.    Akan muncul beberapa karakter dan tingkah laku  yang baru dan lebih spesifik.
4.    Dalam perkembangan tubuh atau fisik anak akan terlihat dalam pertumbuhan tingginya, berat, dan proposisinya. Yang mana dapat dibandingkan dengan pola kesehariannya.
Adapun karakteristik pada fisik anak khususnya usia 0 sampai 5 tahun yaitu :

1.    Anak sudah mulai melakukan gerakan-gerakan dasar seperti berjalan, berlari, meloncat, melompat, berjingkrak , melempar dan menangkap.
2.    Anak bisa bersosialisasi dengan lingkungan dengan baik. Khususnya dengan orang tua nya, anak bisa beradaptasi dan berkomunikasi dengan anggota keluarga yang lainnya guna meningkatkan kecerdasan dalam memahami keluarga sendiri dan orang lain.
3.    Anak bisa menggunakan benda-benda di sekitarnya dengan berbagai eksplorasi masing-masing. usahakan benda yang di berikan kepada anak sangat aman untuk di mainkan. Dan jangan memeri benda yang sangat kecil, takutnya malah di makan atau berbahaya untuk anggota tubuh lainnnya.
4.    Pada usia 5 sampai 8 tahun , waktu yang di butuhkan dalam perkembangan dan pertumbuhan relative sangat lama di bandingkan dengan masa kanak-kanak. Pada usia ini cenderung anak terserang penyakit dan mudah lelah.
5.    Pada usia 8 sampai 9 tahun, merupakan masa terjadinya perbaikan pada koordinasi tubuh, meningkatnya ketahanan fisik, memiliki fisik yang kuat sehingga untuk laki-laki senang sekali melakukan berkelahi atau bergulat pada temannya, walau akhirnya tetap saja kesakitan. Untuk orgam dalam cukup stabil tetapi tetap saja ada system syaraf yang lambat berkembang.
6.    Pada usia 10 sampai 11 tahun, terjadinya peningkatan pada tekanan darah dan metabolism tubuh yang cukup tajam. Untuk perempuan biasanya sudah mengalamii kematangan seksual dengan tanda menstruasi.


2.    perkembangan Skis pada Anak
skis pada anak biasanya di tandai dengan perubahan emosional jiwa yang lebih progressif dan sistematis. Adapun karakteristik yang menonjol yaitu:
1.    anak mulai mengenal kesukaan atau kegemaannya, sehingga sulit sekali untuk sebagian anak memiliki sikap pandai memberi kepada orang lain, yang ada anak sibuk dengan ego nya sendiri.
2.    Anak sudah bisa memahami bakat nya, baik dalam hal music, menulis, berbicara, seni menggambar dan yang lainnya.

Post a Comment for "Karakteristik perkembangan pada anak Usia Dini"