Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakteristik yang unik pada anak


    info Anak dan Balita Pada pembahasan sebelumnya tentang keunikan pada anak dan bayi menjadi suatu bakal adanya sebutan Golden age untuk anak RA, karena selain mereka memiliki kecerdasan yang sangat kreatif mereka juga memiliki keunikan yang sangat berbeda di banding orang dewasa.  Adapun ciri-ciri nya yaitu :


1.    anak memiliki sikap unik baik dari segi perilaku maupun bahasnya. Karakter ini menjadikan suatu landasan mengapa setiap orang yang Allah ciptakan itu berbeda-beda baik fisiknnya, lingkungannya maupun emosionalnya .
2.    anak memiliki sikap yang egosentris. Hal ini merupakan suatu sifat anak yang dalam perbuatannya tergantung pandangan kepentingan sendiri saja, anak lebih suka di arahkan dari pada di larang. Misalnya anak memegang pisau , maka sikap orang tua bukan malah memarahinya, tetapi arahkan pisau tersebut dengan cara education memotong buah atau yang lainnya.
3.    Sikap anak lebih aktif dan sangat ber energik. Biasanya sifat ini muncul ketika anak sedang berkembang. Baik pada usia 0 tahun maupun 7 tahun ke bawah. Jadi sikap anak pada usia tertentu memiliki keaktifan yang berbeda-beda, misalnya 0-2 tahun anak aktif dalam menjangkau benda , dan usia 3-7 tahun, anak sudah mulai menggerakan semua badanya untuk memainkan benda di sekitarnya.
4.    Memiliki pengetahuan yang haus karena ilmu, maksudnya anak selalu tidak puas akan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan.
5.    Masa anak adalah masa bereksplorasi , maksdu nya anak memiliki jiwa untuk mencoba, meraih dan berpetualang secara langsung kea lam untuk memenuhi pengetahuan dan kemauannya.
6.    Anak usia dini pasti memiliki sikap spontan . biasanya spontan yang dikenal oleh masyarakat mengenai sikap anak yang instan secara langsung  di sebut polos. Tetapi hal ini merupakan suatu karakteristik yang pasti ada pada diri anak. Kalau pun terjadi pada anak dewasa maka hala tersebut lah yang di sebut dengan polos.  Anak akan spontan dalam bertindak apalagi dalam berbiacara.
7.    Kebanyakan anak biasanya menyukai fantasi yang sangat berimajinatif. Sehingga pada masa ini seorang guru atau orangtua wajib memperkenalkan semua alat untuk mengembangkan bakat anak.



Adapun hal yang menjadi kekhawatiran kepada anak yang sering terjadi yaitu :
1.    anak akan mudah frustasi apabila keingintahuannya tidak cepat di turuti dan kemauannya tidak di kabulkan. Hal ini akan menguji orangtua untuk mendidik anak agar bisa mandiri. Dan tidak mudah mengeluh .
2.    dalam bertindak biasanya anak akan kurang mempertimbangkan perilaku yang di perbuatnya. Apakah hal tersebut berahaya atau tidak.
3.    Anak memiliki daya  perhatian yang pendek, maka guru harus semenarik mungkin dalm mengajar, agar anak tidak cepat bosan atau kurang konsentrsi.
4.    Dengan sikap guru dan orangtua yang suka memberi motivasi atau dorongan maka anak akan memiliki sikap semangat yang  tinggi dalam belajar nya. Asalkan dalam pembelajaran tidak di sertai penekanan dan menjadi beban .

Post a Comment for "Karakteristik yang unik pada anak"