Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kecerdasan yang terjadi pada anak usia dini


    Info Anak dan Balita Kecerdasan merupakan suatu kemampuan berfikir yang terjadi pada otak kanan dan kiri seseorang. Dan di bantu dengan insting atau ilham yang kuat yang di berikan oleh sang pencipta. Anak usia dini memiliki kecerdasan yang sangat luar biasa di banding orang dewasa karena memory yang di milikinya masih sedikit jadi apabila oang dewasa memberikan pengajaran atau pendidikan pada anak seusia dini akan membuahkan hsil yang sempurna dan kecerdasan anak akan lebih dari orang dewasa tersebut.

    Di dunia ini tidak ada anak yang bodoh atau tidak cerdas, tetapi yang ada anak yag malas untuk belajar dan kurang memiliki  kecerdasan . factor-faktor mengenai kecerdasan sudah di bahas sebelumnya, bahwasannya anak cerdas karena insting mereka yang kuat dan factor keturunan yang cerdas.

    Adapun macam-macam dari kecerdasan pada anak yaitu :

1.    kecerdasan linguistic atau sering di sebut Word Smart
pengetahuan yang terjadi pada anak ini sangat kompleks sekali pada tercapainya kemampuan berbahasa yang baik pada anak. Ciri-cirinya anak akan gemar sekali untuk membaca, sangat suka menulis,  bercerita dan mendengarkannya serta melakukan komunikasi dengan berdialog bersama anak-anak.
2.    Kecerdasan matematis atau Number Smart
artinya anak memiliki keahlian dalam memainkan logika atau matematika. Biasanya hal yang sulit dalam ilmu pengtahuan itu adalah matematika bahkan suatu pelajaran yang di takuti atau tidak di sukai. Hal yang harus di lakukan untuk problem tersebut yaitu : berikan anak alat untuk berhitung yang menrik, sehingga anak bisa menyukai matematika dengan jalan bermain alat edukatif tersebut; berikan anak benda-benda yang konkret untu di hitung nya serta berikan permainan logika seperti bermain monopoli.
3.    Kecerdasan Intrapersonal atau Self Smart
artinya anak cenderung memiliki imajinasi dan pemikiran yang berasal dari pengetahuan nya sendiri. Anak ini biasanya berambisi untuk selalu di depan, meiliki rasa percaya diri yang tinggi dan bisa mengatur emosional dengan baik.


4.    Kecerdasan intra personal atau people smart
Kecerdasan ini sangat berbanding terbalik dengan poin sebelumnya, anak memiliki sikap sosialitas yang tinggi sehingga selalu senang untuk bermain secara bersama-sama. Anak akan memiliki sifat empati kepada orang lain dan mampu memahami perasaan yang lain, sehingga anak akan mudah bergaul dan senang memimpin ataupun di pimpin saat bermain. Anak yang memiliki kecerdasan ini sangat cocok sekali apabila di berikan suatu permainan sosio drama karena akan mudah untuk beradaptasi pada karakter tokoh-tokoh tertentu.
5.    kecerdasan Musikal atau Music art
kecerdasan ini akan sangat mudah di kenali oleh orang tua, karena sikap anak yang menyukai dan memainkan alat music walauun tidak sempurna, seperti bermain gitar, piano dan biola. Anak akan gemar menyanyi dan menari atau berperan yang bisa menyesuaikan music.

Post a Comment for "Kecerdasan yang terjadi pada anak usia dini"