Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masa peka anak


Apa yang di maksud dengan masa peka?

Masa dimana seseorang mengalami perubahan baik dalam perkembangan aspek emosi ataupun adanya pengaruh dari kelenjar di tubuhnya contohnya kepada remaja yang akan mengalami menstruasi.

 Tetapi beda dengan masa peka pada anak yaitu mudahnya menerima rangsangan sebagai tumbuh kembang yang sangat cepat. Jadi masa peka juga bisa di artikan bahwa adanya kematangan fungsi baik itu fisik ataupun psikis yang mamapu merespon stimulus yang berasal datang dari lingkungan.
Aspek perkembangan yang ada di anak usia dini adalah:

1.    Aspek perkembangan kognitif

Aspek perkembangan ini ada pada tahap sensorimotor yakni di usia 0 - 2 tahun pada masa ini anak memiliki kemampuan terbatas pada gerak refleks, bahas awal. Hanya waktu sekarang dan ruang yang dekat saja.
Pada usia 2-7 tahun anak memiliki kemampuan menerima rangsangan nya terbatas meskipun anak mulai berkembang gaya bahasa nya tetapi pemikirannya statis belum dapat berpikir dengan persepsi, abstrak, waktu dan tempat juga masih terbatas.

Di usia 7-11 anak sudah bisa menyelesaikan tugas yang dalam bentuk menyusun, mendekatkan,
menggabungkan, melipat, membagi dan menderetkan.

Diusia 11-15 tahun anak diusia ini mulai berkembang daya berfikir tingkat tinggi dan mampu berfikir abstrak.

2.    Aspek perkembangan fisik

Perkembangan ini termasuk ketahap motorik dimana perkembangan dalam pengendalian gerak jasmani yang melalui keterampilan motorik kasar dan halus diusia anak 4-5 tahun merupakan berkembangnya pada motorik kasar kemudian pada usia 5 tahun barulah berkembang motorik halusnya.

3.    Aspek perkembangan bahasa

Dalam belajar bahasa anak diajarkan untuk bisa membaca dan menulis anak diajarkan mengenai pengenalan kata ataupun menambah kosa kata dalam perkembangan ini anak bisa diarahkan dengan membaca buku cerita dan anak mendengarkan dengan bercerita suaranya nyaring.

4.    Perkembangan sosio emosional

2-3 tahun anak mampu menjalani atau rutinitas yang meregang ataupun melumaskan otot-otot tubuh nya dengan cara berolahrga kecil.

Pada anak usia anak memiliki sifat pemalu, ceria, ketergantungan serta meniru apa yang dilihat oleh anak.
Untuk mengenali masa peka anak tentunya sebagai orang tua terutama ibu yang selalu di rumah, haruslah memperhatikan mengenai masa peka anak supaya anak terarah dan terjaga karena, rasa peka adalah tahap awal  melihat tumbuh kembang anak. Masa peka membutuhkan tanggapan atau pun respon dari orang tua dimasa ini adalah masa ke emasan yang tidak mungkin bisa trulang kembali, banyak momen-momen yang sangat menarik ketika masa peka belajar ini datang.


Dimasa golden age stimulasi ataupun rangsangan memiliki tujuan untuk memberikan kemampuan otak dalam menerima dan menyerap informasi yang ada. Memang sudah menjadi suatu keharusan anak harus bertahan meskipun banyak yang belum dipahami. 

Post a Comment for "Masa peka anak"