Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sederhana Mendesain Ruang Kelas


  info Anak dan Balita  Ruang Kelas merupakan suatu fasilitas yang di sediakan oleh lembaga sekolah. Dimana keas berfungsi sebagai tempat berjalannya beajar-mengajar dari pendidik kepada peserta didik.

    Desain merupakan suatu kegiatan dalam menghias atau memberikan asesoris yang unik dan menarik di suatu tempat. Contoh nya mendesain kelas maka pihak yang ada di sekolah sudah seharusnya menata kelas dengan serapih dan seindah mungkin.

    Adapun tips sederhana dalam mendesain kelas , dapat di lihat dari 3 aspek yaitu peletakan dalam menata meja dan kursi, desain pada dinding ruang kelas dan kerapian lingkungannya yaitu :

1.    Menata peletakan meja dan kursi
Dalam menata meja di kelas harus lah menyesuaikan dengan kondisi aksebilitas, mobilitas, interaksi, dan variasi kerja siswa. Sehingga siswa dapat menjangkau alat, sumber belajar, an berinteraksi dengan guru secara efektif.
Adapun pola dalam menata meja dan kursi pada lembaga RA yaitu :

•    Pola dengan formasi Huruf U: maksudnya Pola ini memiliki tujuan agar dalam pembelajaran peserta didik dapat focus meihat pendidik dengan mudah dan secara langsung mereka berhadapan.
•    Pola dengan forrmasi Corak tim : pada pola ini penata kelas harus mengelompokan meja dengan bentuk setengah lingkaran dengan meletakan kursi di sekeliling meja tersebut. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat memutar kursinya sesuai kondisi papan tulis atau pendidik.
•    Pola dengan meja bentuk konferensi yaitu dengan cara antara peserta didik saling berhadapan.
•    Pola berbentuk Lingkaran: biasanya pola ini tanpa menggunakan meja dan kursi . para peserta didik

2.    Menata desain pada dinding kelas

Dalam menata ruangan kelas di RA/TK/PAUD , anak-anak biasanya melihat kondisi secara keseluruhan termasuk dinding kelas. Secara umum dinding kelas selalu dihiasi dengan tempelan gambar-gambar yang formal saja, tetapi kalau di RA harus sangat berbeda  kita harus mendesain sebagaimana kebutuhan siswa dan kegemaran mereka.
•    Tempelilah gambar-gambar yang unik yang sesuai tema yang akan di ajarkan kepada anak. Misalnya tentang buah-buahan , usahan dinding yang di kenalkan pada siswa berisi buah-buahan atau yang lainnya.
•    Tempeli karya siswa baik bebentuk gambar, kerajinan atau pun eksplorasi anak sesuai imajinasi masing-masing.
•    Tempelkan karya di atas di dinding yang lebih tinggi , agar tidak mudah di capai oleh siswa dan di khawatirkan mereka merusaknya.


3.    Menata lingkungan sekitar kelas
Lingkungan yang di maksud adalah seperti lantai di kelas, peralatan dan fasilitas yang di sediakan dikelas.
•    Sebagai guru RA harus merapihkan lemari tempat media-mediaa pembelajaran di simpan karena di takutkan siswa akan merusaknya atau menghilangkannya.
•    Kondisi lantai harus selalu bersih, dan biasakan siswa untuk tidak membuang sampah sembarangan.
•    Simpanlah fasilitas yang di anggap penting dari jangkauan anak-anak.

Post a Comment for " Tips Sederhana Mendesain Ruang Kelas"