Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sederhana mendidik anak agar mandiri


 Sifat yang baik pada anak seperti jujur, pintar, ramah, sopan juga mandiri membuat kedua orang tua senang dan bahagia . banyak sekali cara untuk mendidik anak agar dapat menjadi anak yang mandiri dan berakhlaq mahmudah atau positif di antara nya:

1.    Jangan Banyak melarang kepada anak untuk melakukan sesuatu karena Sifat anak pada usia dini sangat lah serba ingin tahu apa yang ada di depan nya ataupun yang di alaminya.
2.     Jangan Menuruti kemauan anak, maksud nya anak tidak terlalu di manja dan serba di penuhi keinginan nya. Jika anak terlalu di beri secara berlebihan maka anak akan terus meminta tanpa ada rasa puas.
3.    Didiklah anak untuk tidak berbohong, baik kepada dirinya sendiri maupun kepda orang lain.
4.    Jangan menghukum anak dengan kekerasan fisik, baik dengan alat bantu maupun tidak. Baik anak melakukan kesalahan yang fatal maupun ringan.
5.    Berikan rasa kasih sayang dan perhatian yang penuh kepada anak, karena perasaan anak yang berubah-rubah ini akan membuat revolusi ketika menanggapi situasi dan kondisi yang ada di dekat nya.
6.    Sebagai orang tua harus mengambil tindakan yang tegas ketika anak akan melakukan sesuatu.


Dari hal-hal yang harus di lakukan di atas, aka nada dampak atau akibatnya kepad anak. Di antaranya adalah:
1.    Anak akan mudah bereksplorasi dari hasil pemikirannya terhadap lingkungan pada dirinya maupun alam semesta ini.
2.    Anak akan belajar merasa cukup ketika orang tua nya tidak memanjakan nya , situasi dan kondisi apapun dia akan berpikir positif dan tidak mengeluh.
3.    Anak tidak akan belajar berbohong untuk sekali dan seterusnya, dan anak akan menjadi orang yang jujur dan menepati janji.
4.    Apabila anak melakukan kesalahan maka hokum lah dengan kelembutan seperti nasihat terlebih dahulu, kalau pun sulit untuk di beri pengertian terus lah melakukan pendekatan hingga hati nya lunak dan lembut.
5.    Anak akan mandiri tetapi tidak merasa kesepian juga dengan kasih sayang yang di berikan orang tua dengan penuh keikhlasan.
6.    Apabila orangtua mengambil tindakan yang tegas, maka anak tidak akan menjadi orang yang egois dan pemarah . anak akan lebih bisa mengerti dalam bertindak baik perilakunya maupun pembicaraan nya.

Menurut pakar Psikologi perilaku pada usia dini sangat berbeda dengan yang dewasa, yang mana Rutinitas anak yang sangat banyak menjadi hal yang harus teliti di perhatikan karena anak tidak langsung mengerti apa yang di lakukannya, jadi harus ada pendidikan pembiasaan untuk kemandirian di segala aspek baik ketika dia mau mandi, makan, minum, tidur, bersekolah dan lainnya. Setelah pembiasaan yang terus menerus di lakukan kedepan nya anak akan melakukan nya sendiri tetapi tetap dalam pengawasan orang tua.


Post a Comment for "Tips Sederhana mendidik anak agar mandiri"