Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya ! Jika Sariawan Tidak Segera di Obati



Setiap orang pasti pernah mengalami sariawan, seberapa parahnya sariawan yang anda alami saat itu tergantung dari kondisi tubuh anda. seringkali kita menganggap remeh penyakit sariawan ini, biasanya kita beranggapan sariawan itu cukup di biarkan saja, dalam beberapa hari juga sembuh, Nah loh... Jangan anggap remeh penyakit apapun, sebab anda bisa sariawan mungkin itu yang menjadi masalah, bisa jadi sariawan itu timbul karena berbagai faktor seperti panas dalam, kekurangan Vitamin, infeksi Jamur seperti candida, atau bisa juga karena tanda - tanda dari penyakit kronis seperti kanker dan HIV. - Memang Betul sih, pada umumnya sariawan tidak berbahaya, tetapi jika tidak di obati bahkan dibiarkan luka terlalu lama, maka kemungkinan besar bisa berakibat fatal, namun untuk mengetahui penyebabnya dan sariawan yang anda alami itu berbahaya atau tidak, tentunya diperlukan informasi yang lebih rinci dan pemeriksaan secara medis oleh Dokter. 

Dalam beberapa kasus mungkin saja seseorang itu mengalami sariawan sepanjang hidupnya, baru saja mengalami sariawan selama 2 minggu dengan rasa perih dan tidak nyaman saat makan, pada minggu berikutnya terjadi sariawan lagi. Apakah penyebabnya ? Tentu saja Pola Makan dan juga kebiasaan hidup anda menjadi salah satu faktor penyebabnya. Untuk Lebih Jelasnya mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

Bahayanya Sering Sariawan Dan Tidak Di Obati !

Sariawan atau dalam bahasa kedokteran dimaksud dengan Stomatitis, yakni satu pembengkakan atau peradangan yang berlangsung di daerah seputar mulut serta lidah dan pada umumnya Penyakit ini yang disebabkan oleh jamur Candida albicans ini memang tidak menular, tapi sangat mengganggu dan berbahaya jika sampai infeksi karena faktor lingkungan yang tidak higienis

Gejala-gejala Sariawan

Beberapa gejala sariawan yang Sering kali muncul adalah: 
  • Luka berwarna putih yang biasa muncul di lidah, bibir, dinding mulut dan gusi
  • Sensasinya seperti rasa terbakar 
  • Rasa sakit saat menelan.
  • Rasa tidak nyaman di dalam mulut.
  • Penyebab dan Faktor Pemicu Sariawan

Penyebab sariawan adalah jamur Candida albicans. Jamur ini biasanya memang berada di dalam mulut tapi dalam jumlah kecil. Peningkatan jumlah Candida albicans yang signifikan mengakibatkan sariawan. Beberapa faktor pemicu meningkatnya jumlah jamur tersebut adalah : 
  • Kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik.
  • Sistem kekebalan tubuh yang menurun.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya antibiotik atau kortikosteroid.
  • Penggunaan gigi palsu.

Sariawan bisa disebabkan oleh : 
  • Luka pada mulut, seperti tergigit, tergesek sikat gigi, atau penggunaan kawat gigi dan gigi palsu
  • Kekurangan vitamin B
  • Infeksi jamur, seperti candida
  • Pola makan tidak seimbang
  • Kebersihan mulut yang kurang baik
  • Efek obat obatan
  • Alergi
  • Kekebalan tubuh yang sedang menurun, seperti sedang terkena flu,dll
  • Penyakit kronis seperti diabetes, HIV, kanker dan penyakit lainnya

Dari penyebab di atas, kebanyakan sariawan tidak berbahaya, namun untuk mengetahui penyebabnya dan sariawan yang Anda alami berbahaya atau tidak, diperlukan informasi yang lebih rinci dan pemeriksaan secara langsung. Dokter mungkin akan memberikan obat kumur atau obat oles, sesuai dengan penyebabnya. Bisa diberikan suplemen vitamin bila diperlukan. Untuk mencegah sariawan, Anda dapat melakukan: 
  • Menggunakan obat kumur (konsultasikan pada dokter)
  • Jagalah kebersihan gigi dan mulut. Sikat gigi menggunakan sikat gigi yang lembut dan menyikat gigi dengan cara yang benar.
  • Banyak minum air putih
  • Pola makan yang sehat, perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin B seperti beri, brokoli, tomat, dll

Sedangkan untuk meredakan sariawan secara alami dan agar sariawan tidak tambah parah, Anda bisa melakukan: 
  • Berkumur dengan larutan garam (1/2 sdt garam dicampur segelas air) 3-4 kali sehari
  • Hindari sikat gigi terlalu kencang
  • Hindari makanan pedas dan asam untuk sementara waktu karena akan memperparah iritasi. Hindari pula makanan yang terlalu asin, kopi, kacang-kacangan, minuman bersoda dan rokok.
  • Makan makanan yang tidak terlalu sulit dikunyah, jika perlu potong makanan kecil-kecil
Ternyata ada banyak cara mengobati dan mencegah sariawan datang kembali, diantaranya sebagai berikut :

1. Banyak mengkonsumsi vitamin

Tidak hanya vitamin c saja yang dibutuhkan untuk pencegahan sariawan tetapi kita juga harus banyak menkonsumsi vitamin B12, dan vitamin D.

2. Obat antibiotik

Kita bisa menggunakan obat antibiotik untuk menyembuhkan sariawan kita, misalnya amoxcillin, asammefenamat, atau lebuh baiknya kita langsung konsultasi kedokter agar kita lebih yakin.

3. Zat besi dan folat

Mengkonsumsi zat besi dan folat juga akan membantu kita mengobati sariawan di mulut, misalnya banyak mengkonsumsi sayuran hijau, banyak mengkonsumsi kacang-kacangan dan masih banyak lainnya.

4. Berkumur dengan air garam

Air garam juga dapat menyembuhkan sariawan,kaeena didalam garam terkandung zat yang dapat menghilangkan bakteri di mulut.

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah yang banyak manfaatnya untuk kesehatan, kunyit ini bisa kita gunakan untuk obat sariawan dengan cara ditumbuk halus lalu kita oleskan pada bagian yang terkena sariawan.

6. Menggunakan minyak kelapa dan madu

Minyak kelapa adalah obat pembunuh bakteriyang sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit sariawan, kita cukup mencampur minyak kelapa dan madu lalu kita oleskan pada bagian mulut kita yang terkena sariawan.

Bagaimana Mengobati Sariawan Agar Lekas Sembuh ?

Langkah 1 

Mencari dan menentukan penyebab sariawan Mencari kemungkinan penyebab sariawan yang sedang anda alami saat ini. Sebagai gambaran, penyebab tersering sariawan yaitu peningkatan makan secara tiba-tiba terhadap makanan tertentu yang bersifat merusak atau mengiritasi mukosa mulut. contohnya terlalu banyak makan buah nanas, melon, kopi atau minuman lain yang panas, makanan pedas, keripik dan gorengan lainnya, dsb. Atau obat-obatan tertentu seperti antibiotik dan kemoterapi. Sekarang tinggal ingat-ingat saja, apa yang anda makan kemarin-kemarin.

Langkah 2 

Menghentikan penyebab sariawan. Setelah ketemu penyebabnya hentikan mengonsumsi makanan tersebut dan jaga pola hidup sehat. Sampai disini akan terjadi perbaikan pada sariawan dalam kurun waktu 3 sampai 5 hari kedepan. Khusus untuk sariawan karena herpes sebaiknya berobatlah ke dokter. 

Langkah 3 

Menjaga kebersihan mulut. Menjaga kebersihan mulut dengan baik. caranya gunakanlah air hangat dicampur garam untuk berkumur selama 30 detik di pagi hari, siang, dan malam. Larutan garam akan membunuh kuman-kuman dan merangsang pembentukan sel-sel baru untuk penyembuhan sariawan. Jangan menggunakan mouthwash karena akan menyebabkan iritasi dan membuat sariawan tak kunjung sembuh. Selain itu pergunakan juga sikat gigi yang lembut sehingga meminimalisir timbulnya trauma. 

Langkah 4 

Menghilangkan rasa sakit pada sariawan. Rasa sakit dapat dihilangkan dengan obat yang diminum atau dikumur. Untuk obat minum bisa menggunakan parasetamol, ibuprofen atau asam mefenamat untuk dosis dan kontraindikasinya harap diperhatikan. Obat kumur penghilang rasa sakit pada sariawan dapat menggunakan antasida dikombinasi dengan difenhidramin (benadryl). caranya campurkan 50:50 kedua obat tersebut dengan 1,5 sendok air matang jika sudah tercampur, gunakan untuk berkumur tahan selama 30-60 detik lalu buang. frekuensi 4 kali sehari. Larutan ini akan melapisi luka atau tukak sariawan dan menghilangkan rasa sakit. 

Langkah 5 

Periksa ke dokter untuk mengobati sariawan. Jika telah mengikuti langkah tersebut ternyata dalam waktu 4 sampai 7 hari sariawan tak kunjung sembuh segera hubungi dokter. Hal ini penting! karena terdapat beberapa penyakit, bahkan sebagian berbahaya, yang dapat menyebabkan sariawan. Langkah 5 – untuk mengobati kondisi khusus sariawan. Pada kondisi khusus seperti angular chelitis yakni sariawan pada lipatan bibir akan memerlukan pengobatan dengan vitamin B dan juga Obat oles berupa krim antibiotik yang dikombinasikan dengan hidrocortisone 1%. Untuk mendapatkannya diperlukan resep dokter.

Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat, Tepat, dan Efektif Sebelum kita membahas tentang Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat, Tepat, dan Efektif marilah kita samakan persepsi kita terlebih dahulu mengenai “sariawan”. Tak lain dan tak bukan agar sariawan yang saya maksud sesuai dengan yang anda maksud sehingga tepatlah jika anda mengamalkan apa yang akan saya paparkan berkaitan dengan cara mengobati sariawan. let’s go… Sariawan dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah stomatitis, diartikan sebagai inflamasi atau peradangan pada lapisan mukosa (selaput lendir) pada mulut, yakni terdapat pada bibir bagian dalam, pipi bagian dalam, gusi, lidah, dan langit-langit mulut. 

Inflamasi atau peradangan pada sariawan bisanya dimulai dengan jaringan mukosa yang memerah, lalu terbentuklah ulkus atau luka atau tukak, luka sariawan bisa berbentuk bulat, oval, bisa juga tak beraturan dan memiliki tepi yang berbatas tegas. cara mengobati sariawan di bibir sariawan di bibir cara mengobati sariawan di lidah sariawan pada lidah Sariawan walaupun lukanya terlihat kecil dan sepele, tetapi rasa sakitnya bisa sangat mengganggu terutama saat makan, berbicara, gosok gigi, dan cendrung menimbulkan bau mulut tak sedap. 

Oleh karena itu, secepatnya mengobati sariawan dianggap sangat perlu, terutama menghilangkan rasa sakitnya. Walaupun sebenarnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya namun agak lama. Baiklah, sekarang mari kita bahas Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat, Tepat, dan Efektif yang akan saya bagi menjadi beberapa langkah, sebagai berikut: Langkah 1 – mencari dan menentukan penyebab sariawan Mencari kemungkinan penyebab sariawan yang sedang anda alami saat ini. Sebagai gambaran, penyebab tersering sariawan yaitu peningkatan makan secara tiba-tiba terhadap makanan tertentu yang bersifat merusak atau mengiritasi mukosa mulut. contohnya terlalu banyak makan buah nanas, melon, kopi atau minuman lain yang panas, makanan pedas, keripik dan gorengan lainnya, dsb. 

Atau obat-obatan tertentu seperti antibiotik dan kemoterapi. Sekarang tinggal ingat-ingat saja, apa yang anda makan kemarin-kemarin. Lebih lanjut silahkan baca : Jenis-jenis dan penyebab sariawan. Langkah 2 – menghentikan penyebab sariawan. Setelah ketemu penyebabnya hentikan mengonsumsi makanan tersebut dan jaga pola hidup sehat. Sampai disini akan terjadi perbaikan pada sariawan dalam kurun waktu 3 sampai 5 hari kedepan. Khusus untuk sariawan karena herpes sebaiknya berobatlah ke dokter. Langkah 3 – menjaga kebersihan mulut. Menjaga kebersihan mulut dengan baik. caranya gunakanlah air hangat dicampur garam untuk berkumur selama 30 detik di pagi hari, siang, dan malam. Larutan garam akan membunuh kuman-kuman dan merangsang pembentukan sel-sel baru untuk penyembuhan sariawan. 

Jangan menggunakan mouthwash karena akan menyebabkan iritasi dan membuat sariawan tak kunjung sembuh. Selain itu pergunakan juga sikat gigi yang lembut sehingga meminimalisir timbulnya trauma. Langkah 4 – menghilangkan rasa sakit pada sariawan. Rasa sakit dapat dihilangkan dengan obat yang diminum atau dikumur. Untuk obat minum bisa menggunakan parasetamol, ibuprofen atau asam mefenamat untuk dosis dan kontraindikasinya harap diperhatikan. 

Obat kumur penghilang rasa sakit pada sariawan dapat menggunakan antasida dikombinasi dengan difenhidramin (benadryl). caranya campurkan 50:50 kedua obat tersebut dengan 1,5 sendok air matang jika sudah tercampur, gunakan untuk berkumur tahan selama 30-60 detik lalu buang. frekuensi 4 kali sehari. Larutan ini akan melapisi luka atau tukak sariawan dan menghilangkan rasa sakit. Langkah 5 – Periksa ke dokter untuk mengobati sariawan. Jika telah mengikuti langkah tersebut ternyata dalam waktu 4 sampai 7 hari sariawan tak kunjung sembuh segera hubungi dokter. Hal ini penting! karena terdapat beberapa penyakit, bahkan sebagian berbahaya, yang dapat menyebabkan sariawan. Langkah 5 – untuk mengobati kondisi khusus sariawan. Pada kondisi khusus seperti angular chelitis yakni sariawan pada lipatan bibir akan memerlukan pengobatan dengan vitamin B dan juga Obat oles berupa krim antibiotik yang dikombinasikan dengan hidrocortisone 1%. Untuk mendapatkannya diperlukan resep dokter.

Penyebah terjadinya sariawan adalah sebagai berikut :
  • Mulut tergigit yang umumnya berlangsung lantaran makan terlampau cepat atau pada waktu mengobrol.
  • Kekurangan konsumsi nutrisi seperti zat besi, Vitamin B 12 serta Vitamin C melindungi kesehatan mulut
  • Product pembersih mulut yang tidak pas seperti pasta gigi, mouthwash atau bulu sikat gigi
  • Biasanya konsumsi makanan atau minuman yang terlampau pedas atau asam
  • Efek virus. Sariawan ini diakibatkan oleh berapa wujud virus yang ada didalam badan, terhitung kasus-kasus privat seperti yang sebabkan demam pada kelenjar, herpes serta penyakit mulut yang lain.
  • Efek bakteri. Sariawan model ini kebanyakan gemar berjalan andaikan seorang menanggung derita sakit tenggorokan atau penyakit lain yg diakibatkan oleh bakteri.
  • Efek jamur. Sariawan ini timbul kala seorang miliki sistim kekebalan badan yang amat rendah atau problem kesehatan yang lain yang kemungkinan butuh pemanfaatan antibiotik dosis tinggi.
  • Non-infeksi. Yang menimbulkan paling kebanyakan merupakan terjadinya luka di mulut yang berulang, walaupun tidak didapati dikarenakan tetapi kebanyakan dapat hilang dalam tempo 2 minggu.
  • Sariawan ini bisa juga diakibatkan terdapatnya problem dalam sistim pencernaan, kekurangan vitamin, riboflavin, miacin serta B12.

Sariawan biasanya dapat pulih dengan sendirinya, saat penyakit ini sudah berjalan sepanjang 10 hingga 14 hari. Tetapi sariawan ini bakal menyebabkan rasa yg tidak nyaman lantaran bakal jadi nyeri waktu bersentuhan dengan makanan. Di bawah ini cara-cara menyembuhkan sariawan di lidah, bibir atau di bagian rongga mulut lain, bisa anda aplikasikan.
Cara Mengobati Sariawan Dengan Bahan Alami

Sekarang ini sudah banyak beredar secara luas obat-obatan untuk menyebuhkan sariawan. Namun tentu saja untuk masalah yang tidak terlalu gawat, orang-orang biasanya lebih memilih menggunakan pengobatan alami. Langkah menyembuhkan sariawan dengan cepat yaitu dibawah ini :

1. Air Kelapa

Ambillah air kelapa, misalnya ada air kelapa hijau. Pakai untuk kumur serta dapat pula ditelan. Ini merupakan cara mengobati sariawan yang paling mudah sekaligus enak tapi juga ampuh.

2. Jambu Air

Ambillah kulit batang jambu air 10 gr (Kulit batang yang tetap muda), bersihkan serta tumbuk halus makin 1/2 gelas air masak, saring. Pakai air saringan itu untuk kumur.

3. Kopi Bubuk

Ambillah sedikit bubuk kopi lalu berikan di bagian yang sariawan, biarlah berapa menit, lalu kumurlah dengan air bersih. Sampai pulih. Insaalah dapat pulih lebih kurang 2 – 3 hari.

4. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air hangat yang di gabung garam tiga kali satuhari sanggup mengobati luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam sanggup menarik cairan pada luka sariawan jadi sanggup mempercepat pengobatan.

5. Minum yogurt

Yogurt menolong keseimbangan bakteri di mulut serta badan. Hal tersebut dapat mempercepat pengobatan serta menolong menghindar sariawan. Buat rasakan akhirnya, yakinkan yogurt memiliki kandungan acidophilus hidup.

6. Basuh mulut dengan obat tradisional

Basuh mulut dengan satu diantara dari berapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, juice plum, tea tree oil serta air hangat dengan garam.

7. Berikan luka dengan bawang serta pepaya

Menggunakan segera obat ke luka sariawan bisa juga mempercepat sistem pengobatan. Pakai bawang mentah, pepaya atau kantong teh segera pada luka sariawan.

8. Tomat

Cara mengatasi Sariawan yang selanjutnya yaitu memanfaatkan tomat. Makan tomat mentah sebagai obat untuk menanggulangi sariawan. Atau dapat pula, kumur memakai juice tomat.

9. Daun Kemangi serta Kunyit

Cara mengobati sariawan dengan menggunakan daun kemangi. Mengunyah 4-5 lembar daun kemangi serta air minum. Cara barusan efisien untuk meredakan nyeri sariawan serta selekasnya mengobati. Dapat juga mengulaskan ramuan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit di gabung dengan satu sendok teh gliserin. Berikan pasta ini di bagian luka.

10. Cobalah baking soda

Obat sariawan alami yang berikutnya dengan menggunakan baking soda. Campur baking soda dengan air yang jadikan obat kumur atau pasta untuk melapisi luka sariawan. Baking soda dapat menolong melenyapkan bakteri didalam mulut serta kurangi rasa sakit.

11. Temulawak

Temulawak banyak digunakan pada ramuan jamu tradisional, terutama untuk jamu penambah nafsu makan. Tapi ternyata rimpang ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sariawan. Bahannya adalah satu buah rimpang temulawak, iris tipis, satu buah asam jawa dan sedikit gula aren. Rebus dengan 2 gelas sampai airnya menyusut setengahnya. Saring dan minum 2 kali sehari.

12. Kaki kuda, pegagan, antanan

Ketiga nama tersebut merujuk pada jenis tanaman yang sama dan dapat digunakan untuk obat sariawan. Sediakan satu genggam daun taman kering, kemudian direbus selama 15 menit dan airnya diminum. Selain ampuh mengatasi sariawan ramuan ini juga berkhasiat untuk obat disentri, sakit perut, radang usus, batuk dan peluruh air seni.

13. Temu kunci

Rimpang temu kunci secukupnya, cuci bersih kemudian dikunyah-kunyah dan telan. Bentuk rimpang temu kunci agak berbeda dari rimpang lainnya seperti temulawak, jahe, lengkuas, dsb. Kalau dilihat-lihat lebih mirip wortel yang tumbuhnya vertikal ke bawah.

14. Delima putih

Buah delima secara garis besar dibedakan menjaid ua berdasarkan warnanya, yaitu delima putih dan delima merah. Delima putih bisa digunakan sebagai obat untuk sariawan. Caranya 2 buah delima putih diambil bijinya tumbuk hingga halus. Rendam dalam segelas air selama 2 hari, gunakan untuk berkumur.

15. Kembang sepatu

Daun bunga sepatu direbus dalam air mendidih selama 15 menit. Saring lalua airnya diminum. Baca juga manfaat kembang sepatu yang lainnya.

16. Daun sirih hijau

Dua lembar daun sirih hijau dibersihkan lalu dikunyah hingga lumat di mulut. Biarkan sebentar lalu buang. Jangan dimakan yah. Baca juga manfaat daun sirih untuk kesehatan.

17. Daun jambu biji

Salah satu manfaat daun jambu biji adalah mengobati sariawan. Caranya mudah, sediakan segenggam daun jambu biji serta sepotong kulit batangnya, cuci bersih. Rebus dengan satu liter air bersih hingga tersisa kurang lebih satu gelas. Setelah dingin airnya disaring lalu diminum sekaligus.

18. Mentimun

Mungkin tak banyak yang tahu bagaimana cara mengobati sariawan dengan mentimun . Kebanyakan orang mengetahui kegunaan mentimun sebagai masker wajah atau penurun tekanan darah tinggi. Ambil mentimun yang sudah tua tapi masih segar. Cuci bersih, iris-iris lalu dimakan. Habiskan 2 buah mentimun setiap harinya.

19. Tanaman adas

Siapa yang menyangka kalau tanamn adas juga bisa dijadikan sebagai obat sariawan tradisional ayng super ampuh. Cara membuat ramuannya adalah 1 sendok teh adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga, semua dihaluskan. Beri sedikit garam lalu seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin airnya diminum, tapi jangan langsugn ditelah ke kerongkongan. air harus membasahi bagian mulut yang terkena sariawan. Ramuan herbal ini juga dapat mengetasi baumulut.

20. Asam jawa

Obat sariawan yang terakhir adalah daun asam jawa dan kunyit. Keduanya direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Agar rasanya lebih enak bisa ditambahkan gula enau. Airnya disaring lalu diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore setelah makan. Lakukan secara rutin biar cepat sembuh.

Post a Comment for "Bahaya ! Jika Sariawan Tidak Segera di Obati"