Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelahiran Bayi Menurut Pandangan Islam

Anak adalah anugrah yang di berikan oleh Allah, anak sebagai amanah yang buah hasil dari sebuah pernikahan antara wanita dan laki laki dan itu di ridhai oleh Allah Swt. Sebagai oarang yang telah di amanahkan wajib bagi orang itu untuk menjaga, merawat, mendidiknya dan memberikan kasih sayang seutuhnya. Karena nanti ketika kita telah tiada di dunia ini akan di pertanggung jawabkan oleh kita. Maka dari itu wajib bagi para calon orang tua untuk memberikan pengasuhan dan pendidikan baik itu pendidikan umum dan pendidikan agamanya. Kewajiban kita selaku calon orang tua yang akan memimiliki anak harus berdoa kepada Allah supaya kita di beri anak yang soleh dan solehah.






Di dalam ajaran agama islam ada tata cara menyambut kelahiran sang bayi diantaranya adalah
1. Do’a menyambut kelahiran bayi kecil

Do’a adalah salah satu kewajiban yang harus di lontarkan karena do’a itu berarti tanda kita bersyukur atas apa yang telah di anugrahkan kepada kita.

حَنَّاوَلَدَ تْ مَرْيَمَ وَمَرْيَمُ وَلَدَ تْ عِيْسَى اُخْرُجْ اَيُّهَاالْمَوْلُدُُ بِقُدْرَةِاْلمَلِلكِ اْلمَعْبُوْد.

Bacakan do’a ini 21x ketika menjelang kelahiran insya Allah akan lancar ketika keluar sang bayi.

2. Berkumandangkan Adzan& qomat kepada telinga bayi yang baru lahir

Adzan sangat di anjurkan di dalam ajaran islam karena pada saat bayi keluar itu supaya di jauhi oleh bisikan bisikan jin yang jahat dengan adzan maka bayi yang suci akan selalu di lindungi oleh para malaikat yang di utus oleh Allah untuk menjaganya.

3. Membacakan do’a untuk sang bayi yang baru terlahir

Acara yang sering di lakukan untuk penyambutan bayi yang baru lahir adalah sykuran di mana di dalam acara syukuran itu di kumandangkan do’a- do’a serta solawat yang selalu di lakukan adapun do’a yang selalu di bacakan adalah membacakan surat alfatihah


4. Aqiqah adalah suatu sunah yang apabila orangtua bagi yang mampu harus menyembelih kambing buat laki laki 2 dan buat bayi perempuan 1. Karena ini sunnah hukumnya maka bagi para orang tua yang belum mampu untuk ber Aqiqah maka tidak apa apa.

5. Mencukur bayi sambil membacakan solawat nabi 

Mencukur juga adalah sunnah dan sering menjadi tradisi yang selalu di lakukan oleh seluruh umat islam ketika bayi baru dilahirkan.

Keistimewaan dalam menyambut kelahiran bayi di dalam islam banyak sekali keistimewaaanya karena bayi yang baru lahir adalah bayi yang suci dan di beri anugrah oleh Allah adalah orang yang di percaya untuk merawat, menjaga dan mendidiknya. Bagi para wanita yang melahirkan itu diberi keberkahan dan kebahagian yang sangat luar biasa Allah akan membalas dengan 1000x kebaikan.

Post a Comment for "Kelahiran Bayi Menurut Pandangan Islam"