Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Yang Beresiko Pada Kesehatan Anak


makanan adalah suatu asupan yang menjadi sumber tenaga dan energy bagi anggota badan kita. Kita tidak akan bisa dan berfikir dengan baik apabila telat makan atau bahkan tidak makan sama sekali. Kondisi badan kita akan meraskan 5 L yakni merasa Lelah lemas, letih, lesu, dan lunglai. 

Disamping penting nya asupan makanan ke tubuh, kita juga harus memperhatikan jenis-jenis asupan yang masuk tersebut yaitu:

1. Makanan yang dikonsumsi harus sehat, yang mana mesti merujuk pada slogan makan 4 sehat 5 sempurna. Makanan ini diantaranya terdiri dari makanan pokok atau Nasi, Lauk-pauk, Sayur-mayur, buah-buahan, dan susu.

2. Makanan yang dikonsumsi harus memberi manfaat atau faedah pada seluruh tubuh. Jangan malah beresiko bahkan mengganggu pada kesehatan tubuh.

Diantara jenis-jenis makanan yang dapat menyebabkan datangnya penyakit bahkan berbahaya bagi kesehatan tubuh anak usia dini yakni:

1. Gula : makanan ini memiliki rasa yang manis dan dapat membantu ketahanan tubuh. Tetapi apabila anak kecil mengkonsumsi nya berlebihan akan berakibat fatal. Yakni : menjadi sebab terserangnya penyakit diabetes, obesitas, buruknya organ hati, system syaraf dan system pencernaan. 

2. Tepung : bahan makanan ini dapat menyebabkan tidak seimbangnya insulin pada pancreas.

3. Susu : minuman ini sangat baik untuk menguatkan tulang dan memberi kecepatan pertumbuhan. Tetapi apabila terlalu banyak mengkonsumsi nya dan tidak disertai dengan dengan asupan makanan karbohidrat maka akan menyebabkan asam lambung pada anak, anak akan merasa lemas jika suatu saat tidak minum susu.

4. Makanan cepat saji atau makanan intan seperti daging sosis, mie , nughet dan lain-lain ini akan menyebabkan kadar lemak dan kandungan natrium didalam tubuh merasa jenuh sehingga lemak yang dihasilkan tidak ideal.

5. Daging olahan menyebabkan meningkatnya resiko kanker pada Usus besar.

6. Donat, atau makanan yang mengandung kadar gula pasir putih yang banyak, hal ini dapat menyebabkan kesehatan jantung akan menurun dan terjadinya diabetes atau kencing manis.

7. Makanan yang meiliki kadar garam yang tinggi misalnya keripik kentang atau keripik singkong. Natrium ini akan menyebabkan penambahan tekanan pada darah. Kandungan cholesterol mengakibatkan terserangnya penyakit jantung dan stroke. Hal ini mungkin tidak akan ditemukan pada anak usia dini tetapi resiko saat dia dewasa nanti.

8. Minuman atau makanan bersoda seperti sintrun, minumanan cocacola dan lainnya. Akan berdampak pada suplemen dalam tubuh akan berkurang, terserangnya kanker epidemiology, prevention dan bio markers didalam prankeas.

9. Margarin: bahan makanan ini biasanya digunakan untuk adonan kue atau pengganti minyak sayur yang mana berisi Lemak Trans yang tidak bisa di produksi oleh tubuh. Akan mengakibatkan rusaknya pembuluh darah.

10. Sup kaleng , makanan ini biasanya diberi bahan pengawet yang akan menyebabkan datangnya virus dan ketahan tubuh anak akan berkurang.

selain makanan diatas masih banyak lagi menu makan dan minum yang berbahaya atau tidak cocok untuk anak usia di bawah lima tahun.

Post a Comment for "Makanan Yang Beresiko Pada Kesehatan Anak"