Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Anemia, Penyebab dan Pencegahannya


Anda merasa tiba-tiba pusing? Tiba-tiba mudah lemas? Atau merasa kurang tenaga? Awas jangan-jangan anda menderita anemia. Anemia merupakan suatu penyakit dimana tubuh kekurangan asupan oksigen sehingga membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga dan didahului dengan pusing secara tiba-tiba. Anemia disebabkan oleh keadaan tubuh yang kekurangan sel darah merah sehingga otomatis akan membuat tubuh menjadi kekurangan oksigen, karena sel darah merah memiliki peran yang sangat penting yaitu mendistribusikan oksigen keselurug jaringan tubuh kita.

Biasanya orang yang mengalami anemia kekurangan nutrisi makanan yang bergizi sehingga kekurangan sel darah merah dalam tubuh. alam sendiri sebenarnya sudah menyediakan banyak sekali nutrisi pada berbagai makanan alami, nutrisi yang sangat penting untuk menunjang produksi sel darah merah dalam tubuh kita adalah vitamin B12, vitamin C dan zat besi serta sejumlah besar nutrisi lainya. Jadi jangan pernah meremehakan beberapa makan sehat seperti sayuran hijau karena merekan bermanfaat untuk membatu kita dalam memproduksi sel darah merah.

Gejala

Anemia dengan mudah kita ketahui dengan hanya mengetahui gejalanya saja orang yang menderita anemia biasanya akan merasa lemah, pucat, detak jantung tidak beraturan, napas terasa pendekm pusing, nyeri pada dada, sakit kepala, dan tangan dan kaki terasan dingin. Untuk anda yang mengalami gejala tersebut anda harus segera hati-hati karena kemungkinan anda menderita anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh anda.

Penyebab

Anemia biasanya disebabkan oleh tubuh yang kekurangan oksigen sehingga sel tubuh tidak berfungsi secara optimal. Distribusi oksigen sendiri dilakukan oleh sel darah merah dalam tubuh sehingga kekurangan sel darah merah menjadi salah satu penyebab utama dari anemia. Sel darah merah (eritrosit) sangat berguna untuk menyuplai oksigen dari paru-paru menujau ke bagian tubuh yang lainya seperti otak. Hampir semua sel tubuh kita memerlukan oksigen untuk menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga oksigen memiliki peranan yang sangat penting.

Produksi sel darah merah sendiri sangat ditentukan oleh kandungan nutrisi zat besi dalam tubuh kita, hal ini dikarenakan zat besi merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sel darah merah, untuk tidak heran kalau sel darah merah memiliki warna merah karena warna merah disebabkan oleh zat besi di dalamnya.

Kekurangan nutrisi menjadi salah satu penyebab utama dari anemia karena produksi sel darah merah dalam tubuh ditentukan oleh nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Tidak hanya zat besi yang berguna untuk menunjang produksi sel darah merah dalam tubuh kita nutrisi lanya yang sangat penting adalah protein, B12, mineral, dan beberapa vitamin lainya. Untuk itu kekurangan nutrisi yang tersebut akan menyebabkan anemia.

Selain itu beberapa penyebab lainya dari anemia adalah menstruasi, kehamilan, faktor keturunanm dan beberap jenis penyakit lainya. jenis penyakit yang diderita juga dapat menyebabkan anemia karena beberapa penyakit mengganggu produksi kadar hemoglobin dalam sel darah merah penyakit yang dapat menimbulkan anemia adalah gagal ginjal, kanker dan gangguan pada organ hati.

Pencegahan

Salah satu langkah yang sangat mudah untuk menghindarkan kita dari penyakit anemia adalah dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang yang berguna untuk sel darah merah kita. Beberapa makanan yang mengandung nutris tertentu seperti zat besi, asam folat, vitamin B-12. Vitamin C sanga berguna untuk melindungi kita dari anemia. Kita bisa dengan mudah mendapat kandungan nutrisi tersebut pada berbagai makanan seperti kacang, sayuran, jeruk, pisan, sereal, daging, susu, dan melon.

Post a Comment for "Gejala Anemia, Penyebab dan Pencegahannya"