Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kurang Tidur Dapat Menaikkan Berat Badan



Apa kurang tidur dapat menaikkan berat badan? Kebanyakan orang tentu akan memberikan jawaban "tidak" ketika diberitahu kalau kurang tidur dapat menyebabkan kegemukan atau kenaikan berat badan, hal ini bisa dimaklumi karena kebanyak orang meremehkan tidur. Banyak orang yang berpikiran bahwa tidur hanya untuk mengistirahatkan tubuh kita saja, namun tidak mengetahui manfaat besar dibalik kegiatan tidur. Bahkan beberapa orang beranggapan bahwa tidur adalah kegiatan yang sangat remeh karena tidak produktif, orang yang kurang tidur dianggap sebagai orang yang malas.

Tidur sendiri sangat bermanfaat terutama untuk kesehatan kita, dengan tidur kita memberikan waktu bagi metabolisme tubuh kita untuk beristirahat sehingga sistem biologis dalam tubuh kita tetap seimbang. Orang yang kurang tidur cenderung memiliki sistem biologis dalam tubuh yang buruk. Karena umumnya metabolismenya terganggu. Metabolisme tubuh yang terganggu disamping dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit juga menaikan berat badan kita bahkan bukan tidak mungkin akan membuat kita gemuk.

Hal ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian dimana orang yang kurang tidur atau tidur tidak teratur memiliki potensi kegemukan lebih tinggi dibndingkan dengan merekan yang tidak. Kegemukan sendiri disamping membuat ketidakpercayaan diri karena penampilan juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi dan serangan penyakit jantung.

Orang yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan juga sangat sulit untuk menurunkan berat badan jika kurang tidur, hal ini dikarenakan perubahan hormon yang fluktuatif dibandingkan dengan orang yang normal sehingga bisa dikatakan mustahil untuk menurunkan berat badan. Ketidakseimbangan hormon pada orang yang kurang tidur juga dapat menyebabkan orang tersebut terganggu nanfsu makanya, biasanya orang yang kurang tidur tidak bisa merasan puas ketika makan dan cenderung tidak kenyang sesudah makan, akibatnya bisa makan makanan secara berlebih karena merasa lapar sepanjang hari. 

Dari uraian di atas tentu dapat dipahami sekarang kenapa orang yang kurnang tidur memiliki resiko obesitas yang tinggi. Kurang tidur sendiri dapat diartikan dengan tidur kurang dari 7 jam karena ukuran lama tidur normal adalah 7 sampai 8 jam. Jadi walaupun anda bekerja secara shif atau kerja malam seperti hansip dll tentu tidak akan terganggu selama anda tidur cukup yaitu 7-8 jam sehari.

Penting sekali bagi kita agar tidur secara cukup agar tidak mengalami masalah berat badan berikut adalah beberapa tips yang sangat berguna untuk mendapatka tidur yang cukup.

Persiapkan tidur dengan lebih baik

Persiapkanlah tidur dengan baik dengan cara selalu konsisten untuk tidur paling tidak jam 9 malam. Atur tempat tidur anda sehingga jadi bersih dan nyaman. Hal ini sangat membantu untuk membuat anda tidur dengan cepat dan nyaman.

Singkirkan segala hal yang mengganggu tidur anda

Hindari ponsel atau gadget di tempat tidur anda karena ponsel yang berbunyi pada waktu malam hari akan sangat mengganggu anda. Singkirakan buku dan hindari untuk membaca buku di tempat tidur anda. Juga hindari jam alarm, jam alarm sangat buruk bagi anda karena membuat anda bangun tidak dalam keadaan yang segar bugar.

Hindari kebiasaan yang mengganggu tidur

Hindari kebiasaan untuk makan malam menjelang tidur, makan malam yang diperbolehkan adalah makan malam tiga jam sebelum tidur. Pun demikian dengan olahraga malam sebaiknya olahraga malam dilakukan dua jam sebelum tidur.

Post a Comment for "Kurang Tidur Dapat Menaikkan Berat Badan"