Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencegah Hipertensi dapat Meminimalkan Potensi Serangan Jantung



Hipertensi atau penyakit darah tinggi merupakan suatu penyakit yang populer saat ini dikarenaka pola hidup yang semakin modern membawa dampak semakin banyaknya orang yang menderita tekanan darah tinggi. hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh peredaran darah yang tidak lancar sehingga darah menekan dinding arteri dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang lainya seperti penyakit jantung.

Tekanan darah terhadap arteri menyebabkan arteri menjadi menyempit salurannya sehingga pada akhirnya menimbulkan tekanan darah tinggi dan berbagai penyakit berbahay lainya. tercatat penyakit jantung dan stroke merupakan salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sama sekali tidak bisa diremehkan karena jika tidak segera disembuhkan akan menyebabkan penyakit seperti jantung dan stroke. Untuk itu jika anda memiliki tekanan darah tinggi ada baiknya bagi anda untuk segera memerikasakan diri pada dokter yang terkait untuk mendapatkan kesembuhanya segera.

Gejala

Banyak yang menganggap tekanan darah tinggi terkait secara langsung dengan marah-marah stres dan depresi, hal ini tidak salah karena stres dan mudah marah cenderung meningkatkan resiko penyakit darah tinggi. Paling baik untuk mengetahui apakah kita menderita tekanan darah tinggi atau tidak dengan memeriksakan tekanan darah kita ke dokter. Namun demikian kita sebenarnya bisa mengidentifikasi apakah kita menderita tekanan darah tinggi atau tidak dengan mengetahui berbagai gejala yang timbul.

Biasanya orang yang menderita tekanan darah tinggi mengalami pusing tanpa sebab kondisi tubuh seakan-akan lemas tidak memiliki keseimbangan secara tiba-tiba. Beberapa orang yang menderita tekanan darah tinggi juga bisa disertai dengan mimisan beberapa saat kemudian. Jika anda mengalami hal yang demikian makan alangkah baiknya untuk segera pergi ke dokter untuk mengecek tekanan darah anda. Karena tekanan darah tinggi bukanlah suatu penyakit yang cepat sembuh serta merta melainkan terus berkembang, tekanan darah tinggi yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke yang pada akhirnya akan menyebabkan kematian.

Penyebab dan pencegahanya

Penyakit tekanan darah tinggi memiliki banyak sekali penyebab yang sangat penting untuk kita ketahui agar kita dengan mudah menghindari penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari penyakit darah tinggi atau hopertensi.

Turunan

Faktor keluarga sangat mempengaruhi penyakit tekanan darah tinggi, orang yang memiliki riwayat keluarga terkena penyakit tekanan darah tinggi sangat mungkin terserang penyakit darah tinggi juga dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Kegemukan atau obesitas

Orang yang memiliki berat badan secara berlebih atau gemuk memiliki resiko terkena serangan tekanan darah tinggi dibandingkan dengan orang yang normal. Hal ini dikarenakan orang gemuk memiliki kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang sangat tinggi, kolesterol inilah yang membuat jaringan arteri menjadi lebih sempit karena menempel pada dinding arteri.

Kurang olahraga 

Orang yang kurang olahraga cenderung memiliki denyut jantung yang tinggi, sehingga semaki meningkatkan resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Kelebihan garam

Mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi sangat meningkatkan resiko penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan garam menahan cairan dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Gula juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi terkait dengan proses osmosis dalam tubuh.

Lainya

Berbagai macam penyebab penyakit tekanan darah tinggi lainya adalah stres, meroko, minum alkohol dan juga kekurangan vitamin D. Vitamin D sendiri sangat bermanfaat untuk melindungi kita dari serangan tekanan darah tinggi.

Post a Comment for "Mencegah Hipertensi dapat Meminimalkan Potensi Serangan Jantung"