Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Tidur Sehat, Hindari Aktifitas Ini Sebelum Tidur!


Tidur merupakan aktivitas keseharian kita yang sangat penting sekali, tidur pada malam hari juga sangat penting untuk mengistirahtkan tubuh dan pikiran kita sehingga kita siap untuk menjalani rutinitas kita keesokan harinya. Tidur sangat baik untuk kesehatan kita karena memberika kesempatan pada metabolisme kita untuk untuk istirahat, karena sistem metabolisme tubuh sangat penting bagik kesehatan kita. Gangguan pada sistem metabolisme berarti juga gangguan serius pada kesehatan kita karena resiko serangan penyakit berbagahaya akan meningkat.


Tidur sangat penting untuk mengistirahatka pikiran kita sehingga pikiran akan kembali segar setelah bangun. Untuk itu maka tidak jarang orang yang kurang tidur cenderung memiliki tingkat resiko stres dan depresi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang memiliki jam tidur normal. Memiliki kualiatas tidur yang baik sebenarnya sangat mudah dan sederhana sekali salah satunya adalah dengan menghilangkan dan menyingkirkan berbagai ha yang dapat menyebabkan tidur kia terganggu sehingga berdampak pada kualitas tidur yang buruk.

Berikut ini adalah beberapa tips meningkatkan kualitas tidur dengan menghilangkan berbagai gangguan tidur kita.

Makan berat

Makan makanan berat pada waktu malam menjelang tidur sangat tidak baik karen dapat membuat kita tidak bisa tidur. Makanan berat dapat membuat tidur kita terganggu karena sistem metabolisme kita menjadi tidak istirahat sehingga kita sulit untuk tidur dengan nyenyak. Apalagi kalau makanan tersebut tergolong berat seperti mengandung protei dan karbohidrat yang sulit untuk dicerna oleh sistem metabolisme tubuh.

Jika kita memang tidak bisa menahan lapar pada malam hari, alangkah baiknya jika aktivitas makan dilakukan pada 3 jam sebelum tidur karena hal ini untuk memberi kesempatan bagi sistem metabolisme dalam tubuh kita untuk mencerna makanan tersebut.

Mematikan TV

Menonton TV menjelang tidur sangat tidak baik bagi kita karena dapat menurunkan kualitas tidur kita. Menonton televisi akan membuat kita kesulitan untuk tidur dengan nyenyak. Hal in juga berlaku bagi semua alat yang sejenis seperti handphone, komputer, dan tablet. Orang yang menonton televidi terlebih dahulu menjelang tidur ketika bangun pasti tidak dalam kondisi yang segar bugar.

Jangan gunakan alarm

Sebisa mungkin jangan menggunakan alarm untuk membangunkan anda tepat waktu karena bangun dengan alarm membuat anda bangun dengan kondisi yang tidak segar bugar. Hal ini karena kita dipaksa oleh alarm untuk bangun padahal belum tentu tubuh siap untuk bangun. Usahakan untuk bangun secara natural dan alami dengan demikian anda akan bangun dengan kondisi yang segar bugar.

Menghindari kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi sehingga membuat kita sulit tidur. Karena kandungan kafein pada kopi akan membuat saraf kita selalu terjaga sehingga membuat kita kesulitan tidur. Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa alkohol juga menurunkan kualitas tidur kita karena alkohol akan mematikan atau menurunkan fungsi sel saraf kita.

Matikan lampu

Menurut penelitian mematikan lampu dan membuat kondisi ruangan tempat tidur menjadi gelap adalah kondisi yang paling baik untuk mempercepat tidur. Ruang cahaya yang gelap akan mempercepat kita memasuki kondisi kesadaran orang tidur.

Matikan musik

Matikan radio atau pemutar musik anda, beberapa jenis musik memang sangat membantu kita untuk tidur lebih cepat namun yang perlu diketahui bahwa kualitas tidur yang terbaik adalah kondisi ruangan yang hening dan senyap sangat baik bagi otak kita untuk berisitirahat dengan tenang.

Post a Comment for "Tips Tidur Sehat, Hindari Aktifitas Ini Sebelum Tidur!"