Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Memilih Universitas yang Baik untuk Kuliah


Perguruan tinggi yang baik adalah perguruan yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi sehingga diterima di dunia kerja ataupun mampu berwirausaha dengan baik (memiliki kemampuan berwirausaha), Universitas yang baik juga bisa diukur dari banyaknya alumni yang menempati posisi strategis dalam berbagai perusahaan.


Di bawah ini adalah tips singkat bagaimana memilih perguruan tinggi dengan baik dan benar sehingga masa depat kamu dapat terjamin.

Buat penelitian kecil-kecilan

Saat ini adalah abad informasi dimana kita bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah, termasuk salah satunya adalah informasi tentang perguruan tinggi yang akan kita tuju. Kamu bisa mencari informasi tentan perguruan yang akan kamu tuju dengan mengunjungi web nya secara langsung baik tentang jurusan yang disediakan atau mungkin tentang beasiswa yang bisa diambil sehingga beban kuliah kamu bisa jadi lebih ringan. Kamu juga bisa mencari tentang informasi fasilitas apa saja yang disediakan oleh kampus anda tersebut.

Juga bisa mengetahui kualitas dari perguruan tinggi yang akan kamu tuju dengan mencari informasi tentang alumni dari perguruan tinggi tersebut,atau mungkin kamu juga bisa minta pendapat tentang perguruan tinggi tertentu apa alumni atau mahasiswa dari kampus tersebut, kamu bisa menggunakan facebook atau twitter untuk melakukan hal tersebut, mudah bukan?

Ketahui minat kamu

Hal yang paling penting dalam menentukan perguruan tinggi pilihan adalah mengetahui minat kamu dengan baik, dengan mengetahui minta kamu dengan baik maka kamu akan mudah menentukan perguruan tinggi mana yang sesuai dengan minat kamu tersebut. misalnya kalau kamu minat terhadap teknik mungkin ITB merupakan salah satu kampus yang layak kamu pertimbangkan, sebaliknya jika kamu memiliki minat pada seni tentu IKJ bisa dipertimbangkan. 

Mengetahui minat itu sangat penting bagi kamu, karena dengan minat dan kampus yang cocok maka kamu bisa menjalani masa-masa kuliah kamu dengan lebih menyenangkan tidak stres sehingga secara tidak langsung hal itu akan berpengaruh pada nilai-nilai kamu nantinya.

Ketahui batas pendaftaran

Mengetahui batas pendaftaran kampus yang kamu tuju sangat penting sekali, hal ini membantu kamu agar tidak terlambat melakukan pendaftaran. Dan juga sangat penting bagi kamu untuk berjaga-jaga. Kamu harus memiliki daftar pilihan kampus lebih dari satu, sehingga apabila yang satunya tidak diterima masih ada kesempatan pada kampus lainya. kuncinya adalah waktu pendaftaran yang tidak sama.

Lakukan persiapan

Lakukan persiapan lebih dini jangan pernah menunda-nunda untuk melakukan pendaftaran. Sikap-sikap yang menunda-nunda akan menyebabkan kamu akan terburu-buru pada waktu pendaftaran. Dan ingat persiapan sejak dini akan membuat kamu menjadi lebih siap terhadap segala kemungkinan perubahan pada pendaftaran baik syarat atau waktu.

Ketahui biayanya

Hal yang sangat penting untuk memilih kampus adalah biaya yang harus kamu keluarkan untuk kuliah di kampus tersebut. apalagi kampus saat ini terutama di Indonesia sangat mahal, kamu bisa mengakali biaya kuliah di kampus tersebut dengan mencari beasiswa dari kampus tersebut sehingga kamu tidak akan terbebani dengan biaya kulit yang mahal. Usahakan juga untuk mencari beasiswa secara full sehingga kamu dapat kuliah dengan gratis. Konsultasikan hal ini dengan birokrat kampus tentang kemungkinan bagi kamu untuk mendapatkan beasiswa.

Post a Comment for "Bagaimana Memilih Universitas yang Baik untuk Kuliah"