Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari agar Tidur Lebih Pulas



Menjaga dan meningkatkan kualitas tidur sangat penting bagi kita semua, terutama buat yang sedang bekerja, karena tidur meurapakan salah satu aktivitas istirahat bagi tubuh kita untuk mendapatkan kembali energinya. Tidur tidak hanya penting untuk mendapatkan kembali energi kita namun juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kita, tidur sendiri merupakan salah satau prasarana bagi sistem metabolisme kita untuk beristirahat setalah bekerja seharian. Tidur juga sangat penting bagi untuk menjaga kondisi mental dan pikiran kita, kurang tidur bisa menyebabkan stres dan depresi yang berkepanjangan.

Meningkatkan dan menjaga kualitas tidur sebenarnya sangat mudah sekali dan banyak caranya, salah satunya adalah dengan mengatur pola makan kita, dengan makan makanan terntentu seperi buah kiwi akan sangat meningkatkan kualitas tidur kita, disamping itu kita juga perlu untuk menghindari berbagai makanan dan minuman yang dapat mengganggu tidur kita karena tanpa menghindarinya akan percuma kita makan makanan yang menunjang kualitas tidur kita. berikut ini adalah beberapa makanan yang bermanfaat bagi kualitas tidur kita dan beberapa makanan atau minuman yang harus kita hindari demi kualitas tidur kita.

Makanan yang bermanfaat untuk meningkatakn kualitas tidur kita

Buah kiwi

Buah kiwi merupakan salah satu makanan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur kita. kiwi mengandung antioksidan dan senyawa serotonin yang tinggi, kombinasi kedua nutrisi inilah yang berperan penting untuk meningkatkan kualitas tidur kita. pada satu penelitian terbukti bahwa kiwi mampu membuat tidur menjadi lebih cepat sebesar 50 persen dan juga mengurangi bangun malam sebanyak 30 persen.

Buncis

Bunci merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi, kandungan vitamin B6 inilah yang membantu untuk meningkatkan kualitas tidur kita. karena vitamin B6 berguna untuk membant tubuh kita memproduksi senyawa seerotonin dan melatonin yang merupakan senyawa penting untuk kualitas tidur kita.

Sayuran hijau

Sayuran hijau sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur kita. sayuran hijau memiliki kandungan antioksidan dan magnesium yang sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan kualitas tidur kita magnesium sendiri berperan untuk menghindarkan kita dari insomnia atau penyakit sulit tidur karena sebagian besar insomnia disebabkan oleh tubuh yang kekurangan magnesium. banyak sekali sayuran hijau yang dapat kita makan demi kualits tidur kita seperti brokoli, dan bayam.

Lainya

Ada beberapa makanan lainya yang juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur kita, seperti tuna, salmon, ayam dan juga kalkun yang memiliki kandungan nutrisi vitamin B6 tinggi.

Makanan yang harus dihindari

Makanan cepat saji

Makanan cepat saji biasanya memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi sekali, kandungan lemak inilah yang dapat merangsang produksi asam di lambung sehingga dapat menyebabkan gangguan mulas dan membuat kita bangun di malam hari.

Alkohol

Banyak orang yang mengira bahwa alkohol merupakan jenis minuman yang dapat membantu kita untuuk tidur lebih cepat, padahal anggapan ini sangat salah sama sekali. Alkohol justru akan membuat saraf terus terjaga karena gelisah sehingga sulit untuk tidur sepanjang malam dan baru bisa tidur pada pagi harinya.

Kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang sangat tinggi sekali, kandungan kafein pada kopi mempu memberikan stimulus pada sistem saraf pusat kita sehingga membuat saraf kita terjaga selalu sehingga membuat kita sulit tidur. Menghindari kopi sangat penting sekali untuk meningkatkan kualitas tidur kita mengingat efek dahsyat dari kopi yang menganggu tidur kita.

Post a Comment for "Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari agar Tidur Lebih Pulas"