Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendapatkan Energi Dari Makanan Anda



Anda pernah mengalami kelelahan? Anda kurang bertenaga? Anda perlu energi lebih untuk menjalani hari-hari anda? Sebagai manusia kita tentu selalu berkatifitas tiap harinya baik untuk bekerja maupun untuk aktifitas yang lainya. kita sebagai manusia tentu membutuhkan energi untuk menjalankan setiap kegiatan atau aktifitas. Dengan energi yang baik maka kita dapat menunjan aspek fisik, mental dan juga pikiran kita ketika bekerja.

Kelelahan secara fisik dan emosional menjadi hal yang pasti kita alami tiap harinya terutama bagi kita yang bekerja tiap harinya. Sangat penting bagi anda untuk mendapatkan energi yang bagus agar mampu menjaga kualitas fisik dan mental anda. Pola makan yang baik adalah salah satu kunci utama untuk menjaga fisik dan mental anda. Pola makan yang baik akan mampu menjaga ritme energi tubuh anda dan bersifat tahan lama, setidaknya anda mampu untuk bekerja dengan baik dalam kurun waktu satu hari.

Kadang anda ketika bekerja memiliki kebiasaan untuk minum kopi pada pagi hari dan makan camilan atau permen ketikan sedang bekerja, makanan ringan ini memang memberikan efek ledakan energi pada tubuh anda, namun energi yang dihasilkan bersifat sementara sehingga anda akan merasa lemas dan kelelahan sesudahnya hal ini tentu sangat tidak baik bagi anda yang sedang bekerja, karena tidak mampu mempertahankan ritme tubuh anda dengan baik ketika sedang bekerja dalam kurun waktu satu hari penuh.

Sebaliknya kebanyaan orang lupa untuk sarapan dan cenderung meremehkan sarapan atau mungkin memiliki alasan untuk terburu-buru ke tempa kerja sehingga tidak sarapan. Padahal sarapan adalah aktifitas makan yang sangat penting untuk mengumpulkan energi bagi tubuh dalam memulai bekerja. Sarapan sangat penting bagi anda setidaknya sepotong roti sudah sangat membatu memberikan asupan energi yang besar bagi anda. Anda bisa menambahakn makan siang dengan porsi yang besar karena pada saat itu metabolisme anda sedang pada puncaknya sehingga sangat mendukung suplau energi tubuh anda.

Jadi ritme pola makan anda yang ideal adalah
  • Sarapan dengan roti, keju
  • Makan siang dengan porsi yang besar karena bagus sebagai tambahan energi anda
  • Makan malam paling tidak tiga jam sebelum tidur

Pola makan diatas adalah ritme makan yang sangat baik bagi tubuh anda karena mengikuti ritme metabolisme tubuh anda. Jangan sekali-kali untuk makan besar pada saat akan tidur karena hal itu akan membuat anda sulit untuk tidur, akibatnya keesokan harinya anda akan bangun dengan kondisi yang tidak segar bugar. Kalaupun anda tidak sempat untuk sarapan, cobalah untuk tetap sarapan di jalan hal ini setidaknya jauh lebih baik daripada tidak sarapan sama sekali.

Takut karbohidrat?

Anda takut karbohidrat sehingga menghindari nasi? Hal ini tentu tidak beralasan, karbohidrat pada dasarnya adalah gula yang sangat penting dalam pembentukan energi bagi tubuh anda, yang perlu anda ketahui adalah ada karbohidrat buruk dan karbohidrat yang baik. Karbohidrat buruk adalah karbohidrat yang berasal dari makanan yang diolah sedemikian rupa oleh mesi atau lainya, sedangkan karbohidrat yang baik adalah karbohidrat yang berasal dari makanan alami seperti kentang, labu dan wortel.

Berikut ini adalah daftar makanan yang sangat baik untuk menunjang energi pada tubuh anda:
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran yang kaya akan karbohidrat seperti kentang, labu, dan wortel
  • Sereal gandum
  • Roti gandum
  • Sedankan makanan yang harus anda hindari demi energi anda adalah:
  • Roti tawar
  • Pasta
  • Permen
  • Nasi putih
  • Dan soda

Post a Comment for "Mendapatkan Energi Dari Makanan Anda"